Loading...

Cara Atasi Gambar Thumbnail Post Blogger Ngeblur dan Buram Homepage 2022

 


Campusnesia.co.id - Sejak 9 Desember 2021 saya dan beberapa rekan blogger yaitu pengguna platform menulis berbasis blogspot kaget dengan perubahan algoritma blogspot dari Google yaitu gambar yang di-upload sebagai thumbnail atau header tulisan jadi blur di preview beranda.

Padahal jika postingan di-klik isinya akan menampilkan gambar secara jelas. Selain itu jika kita upload beberapa gambar yang muncul sebagai thumbnail bisa jadi gambar yang berada di urutan kedua atau ketiga, demikian juga jika postingan berisi video embed dari Youtube thumbnail yang muncul bukannya dari gambar paling atas atau thumbnail tapi gambar dari youtube.

Kami segera mencari solusi dari para blogger lain dan desainer template blogger, ada yang menyarankan edit kode HTML, adapula yang menyarankan file gambar yang di-upload disetting ukuran asli, namun berdasar pengalaman saya hasilnya sama saja.

Sejak kejadian ini, untuk mengsiasati agar thumbnail postingan di homepage jelas kami tidak meng-upload gambar dari komputer tapi menggunakan image dari url web lain, pilihan kami jatuh pada freepik yang variatif dalam pilihan ilustrasi dan tersedia gambar yang free copyright.

Hingga hari ini tanggal 24 Maret 2022 saya kaget tatkala mengupload postingan order artikel placement dari klien yang menyertakan gambar buatan mereka sendiri hasilnya jelas di beranda.

Saya bertanya desain pake software apa, klien saya mengatakan menggunakan corel draw, agak ragu karena pengalaman bahkan thumbnail yang saya buat dengan corel draw hasilnya juga blur di tampilan home website.

Lebih lanjut untuk sementara saya berkesimpulan mungkin tidak blur karena dibuat dengan corel draw dan format ekstensi gambarnya PNG.

Hingga saya coba membuat postingan baru, untuk gambar header atau thumbnail saya print screen dari halaman media online, saya paste di aplikasi Paint, kemudian saya crop sesuai ukuran yang diinginkan dan save as dengan ekstensi PNG.

Hasilnya benar saja ternyata tidak blur, jadi ternyata tidak harus dari hasil desain corel draw ya. 

Masih penasaran saya coba buat desain thumbnail dari power point yang kemudian saya save as ke PNG hasilnya alhamdulillah tidak blur juga.

Dengan beberapa eksperimen di atas, maka sejauh ini saya simpulkan sepertinya algoritma blogspot atau blogger dari google sudah diperbaharui atau kembali normal dalam urusan gambar thumbnail dan header posting yang blur di tampilan beranda atau homepage.

Nah bagaimana dengan thumbnail postingan lama yang selama ini buram?
Kami cek postingan kami walau algoritmanya sudah kembali normal tapi sayangnya postingan lama tetap buram dan ngeblur.

Oleh karena itu kami melakukan beb hal untuk memperbaiki agar thumbnail jelas pada postingan lama, semoga bisa membantu:

1. Hapus gambar thumbnail lama dan upload kembali gambar baru jika masih punya filenya di komputer atau laptop.

2. Buka postingan lama, download thumbnail lama kemudian upload kembali pada postingan tersebut.

3. Jika menggunakan gambar dari web lain seperti freepik dari url image, buka gambarnya download, rename dan upload ulang di artikel yang dimaksud.

4. Jika menggunakan gambar dari web lain seperti freepik dari url image dan gambar berupa webp atau HTML bisa diprint screen paste di paint dan save as ke PNG atau JPG.

Untuk yang penasaran apakah cara ini berhasil, berikut kami lampirkan hasil restorasi file lama dengan yang baru dengan upload ulang hasilnya post di beranda lama blur dan yang baru jelas jernih.


Demikian tadi sobat Campusnesia, pengalaman kami tentang Cara Atasi Gambar Thumbnail Post Blogger Ngeblur dan Buram Homepage 2022. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys