Loading...

Kenal Lebih Dekat dengan Harvard University dan Tokoh Indonesia yang Pernah Kuliah di Sana



Campusnesia.co.id -  Setelah di postingan sebelumnya kita kenal lebih dekat dengan Kampus Oxford, kali ini yuk kita Kenal Lebih Dekat dengan Harvard University dan Tokoh Indonesia yang Pernah Kuliah di Sana.

Universitas Harvard atau Harvard University adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia.


Sejarah Universitas Harvard
Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge.

Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai "universitas" dan bukan "college" terjadi pada tahun 1780.

Institusi 
Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat dariUniversitas Yale, pesaing terdekatnya).

Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. 

Universitas Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama.


Fakultas di Universitas Harvard 
Universitas Harvard kini mempunyai 9 fakultas, diurutkan di bawah ini menurut masa didirikan:

- Harvard Faculty of Arts and Sciences dan subfakultasnya, Harvard Division of Engineering and Applied Sciences, yang bersama-sama meliputi:
- Harvard College, yang adalah bagian pascasarjana Universitas ini (1636)
- Harvard Graduate School of Arts and Sciences (1872)
- Harvard Division of Continuing Education, termasuk Harvard Extension School dan Harvard Summer School

- Fakultas Kedokteran, termasuk Harvard Medical School (1782) dan Harvard School of Dental Medicine (1867)

- Harvard Divinity School (1816)

- Harvard Law School (1817)

- Harvard Business School (1908)

- Harvard Graduate School of Design (1914)

- Harvard Graduate School of Education (1920)

- Harvard School of Public Health (1922)

- Kennedy School of Government (1936)


Ringkasan Universitas Harvard

Bahasa Latin: Universitas Harvardiana
Moto: Veritas
Moto dalam bahasa Inggris: Truth
Jenis: Swasta – Penelitian
Didirikan: Tahun 1636
Dana abadi: $36.4 milyar
Presiden: Drew Gilpin Faust
Staf akademik: 4,671
Jumlah mahasiswa: 21,000
Sarjana: 6,700
Magister: 14,500
Lokasi: Cambridge, Massachusetts, A.S.
Kampus: Perkotaan
210 ekar (85 ha) (Kampus utama)
21 ekar (8,5 ha) (Kampus medis)
360 ekar (150 ha) (Kampus Allston)
4500 ekar (1800 ha) (gedung lainnya)

Student newspaper: The Harvard Crimson
Warna:  Crimson
Atletik: NCAA Divisi I – Ivy League
Nama julukan: Harvard Crimson
Afiliasi: NAICU, AICUM, AAU, URA
Olahraga: 42 tim universitas
Situs web dan link pendaftaran: Harvard.edu


Publik Figur Indonesia yang Pernah Kuliah di Harvard University

1. Nadiem Anwar Makarim 

Pada Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).


2. Gita Irawan Wirjawan 
Pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ada Gita Irawan Wirjawan yang didapuk menjadi Menteri Perdagangan Indonesia ke 27 yang juga lulusan Harvard. 

Melansir Wikipedia, Gita sebelumnya memperoleh gelar Sarjana dalam bidang Administrasi Niaga dari Universitas Texas di Austin pada 1988. Kemudian mantan Kepala BKPM ini juga meraih gelar Magister di bidang Administrasi Niaga dari Baylor University pada 1989. 

Selanjutnya, pendiri Ancora Group ini meraih gelar Magister dalam bidang Administrasi Publik dari John F. Kennedy School of Government di Harvard University sebagai Mason Fellow, pada 2000. Selain Nadiem yang saat ini menjadi Mendikbudristek dan mantan Mendag Gita, ada beberapa tokoh di Indonesia yang juga lulusan Harvard.



3. Yenny Zannuba Wahid 
Yenny Wahid saat ini aktif memimpin The Wahid Institute, sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang hak-hak asasi manusia dan kerukunan ummat beragama. 

Sebelumnya, Putri dari Presiden ke 4 Abdurrahman Wahid tersebut menjabat Komisaris Independen di PT Garuda Indonesia (Persero)Tbk. Yenny Wahid mengambil jurusan administrasi publik di Kennedy School of Government, Harvard University, Boston.


4. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 
Putra pertama Presiden RI ke 6 Jenderal TNI Susilo Bambang Yudhoyono ini adalah lulusan Master in Public Administration Harvard University pada 2010. 


5. Adamas Belva Syah Devara 

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara yang di Harvard University mengambil jurusan Master of Public Administration.


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Kenal Lebih Dekat dengan Harvard University dan Tokoh Indonesia yang Pernah Kuliah di Sana semoga bermanfaat.



Sumber:



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys