Serba-serbi, Jadwal dan Link Streaming Pertandingan Akbar Pingpong Abad ini Abdel vs Desta



Campusnesia.co.id - Dalam dunia olahraga sejarah mencatat beberapa pertandingan yang legendaris, melibatkan psywar yang panas, menjadi perbincangan khalayak penuh antusias dan penantian.

Beberapa pertandingan itu misalnya pada 28 Juni 1997 pertandingan tinju paling bersejarah antara Kike Tyson vs Holyfield dengan insiden gigit telinga sejarah mencatat Holyfield sebagai juara.

Berikutnya ada Floyd Mayweather, Jr. melawan Manny Pacquiao, yang disebut-sebut sebagai The Fight of the Century, Battle for Greatness, dan Legacy adalah pertarungan tinju profesional antara Manny Pacquiao dan Floyd Mayweather, Jr. yang dilangsungkan pada 2 Mei 2015 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Nevada.

Sejarah juga mencatat dari ajang UFC 229 yang digelar pada 6 Oktober 2018 di T-Mobile Arena, Las Vegas, dengan laga utama perebutan sabuk juara kelas ringan antara juara bertahan Khabib Nurmagomedov melawan Conor McGregor.

Tahun ini 2022 jagad olahraga dunia akan kembali memanas dengan pertandingan akbar cabang olahraga Pinpong atau Tenis Meja antara Abdel Achrian a.ka cing Abdel vs Deddy Mahendra Desta a.k.a Desta.

Beberapa tahun terakhir keduanya dikenal sebagai youtube setelah malang melintang di dunia hiburan televisi, cing Abdel membuat fenomena baru acara bincang-bincang di youtube bernama Hoho Hihi dan Desta bersama sang kolega Vincent membuat acara talkshow Vincent dan Desta.

Pertandingan paling heboh ini akan dihelat pada tanggal 6 Februari 2022 dan akan disiarkan langsung lewat channel youtube Abdel Achrian dan Vindes Sport (masih dalam tahap konfirmasi).

Perang urat syaraf sudah dilakukan, lewat channel youtube, instagram dan twitter masing-masing, khalayak juga mulai terpecah sebagian mendukung cing Abdel dan sebagian lagi masuk tim Desta, ibaray film MCU pertandingan Pinpong ini layak disebut Civil War dan meminjam istilah pengamat politik bisa menjadi Polarisasi di tengah masyarakat.



Profile Atlet Pingpong Abdel Achrian
Disebut-sebut pernah menjadi juara tingkat kabupaten ketika masih SD, atlet satu ini mengawali karir sebagai penyiar radio, bintang sinetron Bukan Superstar bersama Temon, Tukang Bubur Naik Haji dan menjadi pendamping Mamah Dedeh dalam acara Mamah dan Aa.


Profile Atlet Pinpong Deddy Mahendra Desta
Mengawali karir sebagai drummer band Clubeighties, MTV Bujang bersama Vincent, dan  pembawa acara Tonight Show.

Desta lahir 15 Maret 1977 suami dari Natasha Rizky Pradita dikaruniai tiga orang anak yaitu Megumi Arrawda Sachi, Miskha Arrawfa Najma dan Miguel Arrawsya Janied.

Jejak dalam dunia olahraga wabil khusus Pingpong nyaris belum pernah terdengar, belakangan sering berlatih dan bertanding lewat channel youtubenya sebagai tantangan dan psywar kepada cing Abdel.


Jadwal Pertandingan Pingpong Abdel vs Desta

Minggu, Tanggal 6 Februari Tahun 2022

Pukul 19.00 WIB

Pelatih Abdel Rahmat Pakaya

Pelatih Desta Yon Mardiono


Link Live Streaming Pertandingan Tenis Meja Abdel vs Desta*

- Channel Youtbe Abdel Achrian klik di sini.

- Channel Youtube Vindest Sport klik di sini.


Video Promo Pertandingan Akbar Pingpong Abad ini Abdel vs Desta


iklan


Jadi sobat Campusnesia, kalian tim siapa nih? pendukung cing Abdel atau Desta? catat tanggal mainnya jangan sampai kelewatan live pertandingannya.

VIDEO LIRIK SEBELUM KU LELAH - ABDEL X MR. JARWO

Lirik lagu "SEBELUM KU LELAH"

Siapa dirimu aku tau
Siapa diriku kau lebih tau
Pendukungmu mungkin seribu
Tapi aku seribu satu 

Ini akulah sang pejuang
Jangan lantas engkau menantang
Bukan maksud mencari musuh
Jangan lantas kau bikin rusuh 

Reff.
Kemenanganku sudah menjadi risalah 
Diakui tetangga sebelah 
Sebelum aku lelah
Kau sudah kalah 

Sebelum aku lelah
Kau sudah kalah



Daftar Istilah dalam Olahraga Pingpong atau Tenis Meja

1. Antispin 
lembaran karet inverted yang sangat licin sehingga pukulan spin tidak bisa terjadi.

2. Backspin 
adalah pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan bet ke arah kiri siku kiri bagi pemain yang menggunakan tangan kanan, dan berlaku sebaliknya bagi pemain yang menggunakan tangan kiri.

3. Blade 
adalah bet yang biasanya tidak menggunakan pelapis (bidang net).

4. Blok 
adalah pengembalian yang cepat, segeras setelah bola memantul dengan pukulan yang agresif dilakukan dengan memegang bet dalam jalur gerakan bola.

5. Blocker 
adalah tipe atau gaya permainan dimana blok merupakan pukulan utama dan andalannya.
Chop adalah pengembalian pukulan yang bersifat bertahan dengan menggunakan backspin, biasanya dilakukan dalam jarak yang cukup dari meja.

6. Chop block 
adalah pukulan dimana bet digerakkan kebawah saat terjadi kontak untuk menimbulkan backspin.

7. Closed racket 
adalah posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan ke bawah, dengan sisi atas yang dimiringkan menjauh dari tubuh anda (bet dalam keadaan tertutup).

8. Counterloop 
adalah pukulan yang dilakukan untuk membalas loop dengan loop.

9. Umpire 
adalah pegawai/orang yang menghitung skor dan menerapkan peraturan selama pertandingan (wasit).

10. Underspin lihat backspin.

Ustta 
adalah United States Table Tennis Assosiation (Asosiasi Tenis Meja Amerika Serikat). Badan pemerintahan untuk tenis meja di Amerika.

Volley 
adalah memukul bola sebelum bola memantul pada sisi meja anda, yang akan membuat kehilangan poin.

Double bounce 
adalah bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama (pantulan ganda). Pemain pada sisi meja tersebut akan kehilangan poin dan lawan akan memperoleh poin.

Down the line 
adalah bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, pararel dengan garis pinggir (lurus).

Dropshot 
menempatkan bola sependek mungkin sehinga lawan akan mengalami kesulitan untuk menjangkaunya. Pukulan ini biasa dilakukan apabila lawan berada jauh dari meja.

Expedite rule 
adalah bila satu game telah berlangsung 15 menit tanpa akhir, peraturan expedite diterapkan. Satu poin diberikan pada poin yang menerima bola yang mengembalikan 13 pukulan berturut-turut setelah peraturan expedit diterapkan. Pemain melakukan servis bergantian setelah peraturan expedit diterapkan (peraturan expedit).

Flat adalah 
bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat. Bola mengenai bet secara langsung, pada sudut yang tegak lurus (rata).

Flip 
adalah pengembalian bola topspin yang agresif yang mendarat di dekat net (bola pendek).

Footwork 
adalah bagaimana gerakan langkah kaki pemain saat melakukan ataupun menerima pukulan.

Forehand 
adalah setiap pukulan yang dilakukan dengan bet yang digerakkan ke arah kanan siku untuk pemain yang menggunakan tangan kanan, dan ke kiri untuk pemain yang menggunakan tangan kanan, dan ke kiri untuk pemain yang menggunakan tangan kiri.

Freehand 
adalah tangan yang tidak memegang bet atau yang biasa juga disebut dengan tangan bebas.

Handicap 
events adalah partai dalam turnamen dimana poin diberikan untuk membuat pertandingan sen (portal handicap).

Hard rubber 
adalah tipe lapisan bet dengan karet yang berbintik-bintik (pips out) tanpa lapisan spons di bawahnya. Ini merupakan pelapis yang paling sering digunakan hingga berkembangnya spons karet tapi sekarang sudah jarang digunakan (karet keras).

Hitter 
adalah gaya permainan dimana hit adalah pukulan utamanya.

Servis high toss 
adalah servis yang dilakukan dengan cara bola dilemparkan tinggi ke udara. Servis seperti dapat meningkatkan spin dan gerakan menipu lawan.

Spons inverted 
adalah pelapis bet yang paling umum terdiri atas selembar karet berbintik-bintik di bagian atas lapisan spons. Bintik-bintiknya mengarah ke dalam, ke arah spons, sehingga permukaan bet halus. Ini merupakan kebalikan dari spons pips-out, dimana bintik-bintiknya mengarah ke luar, berlawanan dengan arah spons.
 
ITTF 
adalah International Table Tennis Federation (Federasi Tenis Meja Internasional). Badan organisasi olahraga dunia khusus tenis meja.

Junk player 
adalah pemain yang menggunakan pelapis bet yang tidak biasa, biasanya long pips atau antispin (pemain yang tidak baik).

Kill shot 
adalah pukulan yang mematikan.

Let 
adalah bila permainan diinterupsi karena alasan apa saja saat terjadi rally,let dijalankan dan poin tidak dihitung. 

Let service 
adalah tipe let yang paling sering terjadi saat bola yang diservis menakik net. Seperti let lainnya, apabila hal ini terjadi maka wajib mengulang kembali servis.

Loaded 
adalah bola dengan jumlah spin yang banyak (berisi).

Lob 
adalah pengembalian bola smash yang bersifat bertahan. Biasanya dilakukan dengan topspin atau sidespin.

Long adalah panjang

Long 
pips adalah tipe karet pips-out dimana bintik-bintiknya panjang dan tipis dan tertekuk saat terjadi kontak dengan bola. Long pips mengembalikan bola dengan spin apa saja yang ada pada bola saat kontak dan sulit untuk melawannya bila anda tidak terbiasa dengan bet jenis ini.

Loop 
adalah pukulan topspin yang keras, biasanya dianggap pukulan yang paling penting dalam permainan. Kebanyakan pemain mengkhususkan diri baik dalam menggunakan loop maupun menangani loop.

Looper 
adalah tipe permainan dimana pukulan utamanya adalah loop

Match 
adalah dua dari tiga atau tiga dan lima babak permainan.

Open racket 
adalah posisi bet dimana permukaan yang digunakan untuk memukul diarahkan ke atas, dengan sisi bagian atas yang dimiringkan ke arah tubuh anda (bet dalam keadaan terbuka).

Penholder 
adalah tipe pegangan (grip) yang sering digunakan oleh para pemain Asia. Pegangan ini sangat memungkinkan pemain untuk melakukan forehand tetapi sangat menganggu saat ingin melakukan backhand. Bisa dikatakan bahwa pukulan ini hanya bisa melakukan forehand saja.

Pips 
adalah potongan kecil karet berbentuk kerucut yang melapisi lembaran karet tenis meja.

Pips-out 
adalah tipe pelapis bet yang terdiri dari selembar karet berbintik-bintik pada bagian atas lembaran spons. Pipnya mengarah ke luar, berlwanan arah dengan inverted.

Playing surface 
adalah bagian atas meja, termasuk sisi-sisinya (permukaan yang digunakan untuk bermain tenis meja).

Counterdrive 
adalah pukulan yang dilakukan untuk membalas pukulan dengan pukulan.

Countersmash 
adalah pukulan yang dilakukan untuk membalas smash dengan smash.

Crosscourt 
adalah adalah bola yang dipukul secara diagonal dari suatu sudut ke sudut lainnya.

Crossover 
adalah tipe footwork untuk menjaga sisi forehand terjauh.

Dead adalah bola tanpa spin (matt). 

Default 
adalah didiskualifikasi dari sebuah pertandingan karena alasan tertentu (dikeluarkan).

Push 
adalah pengembalian backspin dengan backspin yang bersifat bertahan.

Put-away lihat smash (pukulan pemusnah).

Racket 
adalah benda yang digunakan untuk memukul bola.

Rally 
adalah pemukulan bolak-balik, dimulai dengan servis dan diakhiri bila poin dimenangkan.

Rating 
adalah nomor yang ditentukan pada setiap pemain turnamen setelah turnamen pertama mereka. Semakin baik seorang pemain semakin tinggi peringkatnya. Tingkatannya bervariasi mulai dari 200 hingga 2900.

Rating events 
adalah partai dalam turnamen yang membutuhkan pemain-pemain dalam peringkat tertentu.

Recieve adalah pengembalian servis dari lawan.

Rubber 
adalah pelapis bet. Kadang-kadang mengacu hanya pada karet di bagian atas spons (karet).

Rubber cleaner adalah alat/zat yang digunakan untuk menjaga agar permukaan karet inverted tetap bersih (pembersih karet).

Rubber sandwich 
adalah dasar spons yang dilapisi dengan selembar karet dengan pips yang mengarah ke dalam atau ke luar. Bila mengarah ke dalam, berarti spons inverted. Bila mengarah ke luar, berarti pips-out (karet selipan).

Seemiller grip 
adalah jenis pegangan (grip) yang sering digunakan di Amerika Serikat, diberi nama sesuai dengan pemegang 5 kali juara U.S National Champion, dan Seemiller, yang mengembangkan grip ini. Kebanyakan pelatih menganggap ini sebagai grip yang rendah mulutnya dan di luar Amerika tipe pegangan ini hampir tidak pernah di dengar. Grip jenis ini juga dikenal dengan sebutan American Grip.

Serve 
adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh server. Pukulan ini dimulai dengan bola yang dilambungkan terlebih dahulu ke atas dari telapak tangan dan kemudian dipukul dengan bet (servis).

Shakehand grip 
adalah jenis pegangan yang terkenal dan memberikan kemungkinan bagi pemain untuk melakukan backhand dan forehand secara seimbang.

Short 
adalah bola yang akan memantul dua kali pada sisi meja lawan bila dibiarkan (pendek).
Sidespin adalah tipe spin yang paling efektif dalam servis. Bila anda menggunakan sidespin, bola berputar seperti piringan hitam.

Smash 
adalah bola yang dipukul dengan kecepatan yang cukup sehingga lawan tidak dapat mengembalikannya. Juga disebut dengan pukulan mematikan atau pukulan pemusnah.
Smother kill adalah melakukan smas h segera setelah bola memantul, biasanya dilakukan untuk menghadapi net.

Speed glue 
adalah tipe lem yang dapat diletakkan di bawah lembaran spons bet agar bola menjadi lebih cepat dan memiliki lebih banyak spin.

Spin 
adalah putaran yang diberikan pada bola.

Spons 
adalah bahan karet mengapung yang digunakan sebagai lapisan di bawah selembar  karet dengan pips. Spons memperbaharui permainan dan mengakhiri zaman karet keras pada tahun 1950-an.

Stroke 
adalah setiap pukulan yang digunakan dalam permainan termasuk servis (pukulan).
Topspin adalah tipe spin yang digunakan pada hampir semua pukulan yang agresif, dengan jumlah spin yang lebih banyak digunakan dalam pukulan loop. Saat anda melakukan topspin pada bola, bagian atas bola bergerak menjauh dari tubuh anda.

Two step footwork 
adalah tipe footwork yang paling terkenal dimana pemain memulai dengan langkah pendek dengan menggunakan kaki pada sisi arah tujuannya. Kemudian, kaki yang lainnya mengikuti seakan-akan kedua kaki bergerak bersamaan.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon