Loading...

Mengenali Garis Besar Perbedaan Artikel Ilmiah dan Populer

 


Campusnesia.co.idDunia kepenu
lisan bukanlah sesuatu yang tabu bagi para pelajar maupun mahasiswa. Aturan-aturan dalam menulis juga bukan sebuah hal yang baru, terlagi tentang aturan kepenulisan artikel ilmiah dan populer. 

Namun, tidak jarang pelajar maupun mahasiswa masih kurang memahami perbedaan dalam menulis artikel ilmiah dan populer. 

Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah adalah sebuah artikel yang dibuat melalui penelitian dengan metode tertentu yang mengumpulkan data serta informasi dari berbagai sumber, seperti jurnal nasional maupun internasional. Pada kepenulisan artikel ilmiah tentunya berbeda dan lebih padat dibandingkan dengan artikel populer, dan jumlah kata sekitar 3000 hingga 10000 kata. Struktur kepenulisan artikel ilmiah sebagai berikut:

1. Judul
Pada bagian judul sebuah artikel ilmiah biasanya terdiri dari 8 hingga 20 kata dengan bahasa yang formal.

2. Abstrak
Masih sedikit mahasiswa yang belum memahami bagaimana membuat abstrak pada sebuah artikel ilmiah. Jika diteliti lebih mendalam, abstrak biasanya menyangkut isi artikel ilmiah secara keseluruhan, mulai dari pembahasan singkat tentang jenis penelitian yang dilakukan, tujuan penelitian, serta kesimpulan atau hasil yang dicapai pada penelitian tersebut. Di bagian abstrak, ada ketentuan jumlah kata, yakni sebanyak 250 kata.

3. Pendahuluan
Pendahuluan biasanya berisi tentang teori-teori yang akan dipakai pada penelitian. Umumnya jumlah kata pendahuluan tidak dibatasi, akan tetapi bisa mencapai 20% dari isi keseluruhan artikel ilmiah.

4. Bahan dan Metode
Struktur selanjutnya adalah bahan serta metode yang digunakan pada penelitian artikel ilmiah. Bahan pada bagian ini bisa dijadikan optional, karena ada beberapa penelitian yang tidak membutuhkan bahan apabila menggunakan metode kajian pustaka dari jurnal. Metode dalam penelitian umumnya terbagi dua, yakni metode kualitatif dan kuantitatif.

5. Hasil
Pada bagian hasil berisi tentang hasil penelitian yang didapatkan dengan metode yang sebelumnya digunakan.

6. Pembahasan
Di dalam pembahasan ini dijelaskan lebih mendetail tentang metode serta hasil yang sudah ada sebelumnya.

7. Kesimpulan dan Saran
Pada kesimpulan dan saran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni penyesuaian isi kesimpulan dengan abstrak yang sudah dibuat sebelumnya. Tidak lupa dengan saran dalam penelitian artikel ilmiah dari mahasiswa kepada dosen maupun pembaca.

8. Daftar Pustaka
Seperti yang sudah diketahui, daftar pustaka tentunya mencakup sumber referensi yang digunakan pada artikel ilmiah dengan cara kepenulisan STAR atau APA.

Artikel Populer

Artikel populer adalah artikel yang dibuat dengan menggunakan referensi artikel publikasi yang biasanya menggiring sebuah opini. Pada artikel ini, lebih banyak subjektif dibandingkan objektif, meskipun begitu, menulis artikel populer masih tetap mengikuti aturan kepenulisannya agar lebih terstruktur dan membuat pembaca tertarik. Jumlah kata pada artikel populer berkisar pada 800 hingga 1000 kata. Berikut ini struktur kepenulisan artikel populer:

1. Judul
Pada bagian judul artikel populer terdiri dari maksimal 15 kata dengan bahasa yang menarik.

2. Lead
Bagian lead ini harus berisikan sesuatu yang menarik dan penting berupa hal baru, mengejutkan, aneh, kontroversial, kontradiksi ataupun anomali.

3. Sinopsis Sederhana
Pada bagian sinopsis biasanya berisi tentang gambaran isi artikel populer yang menggiring opini, serta mengaitkan beberapa informasi dari berbagai sumber berita dengan dominan subjektif.

4. Kesimpulan
Bagian ini isinya adalah kesimpulan penulis atas topik yang dianalisisnya. Selain itu, penulis bisa menyelipkan saran atau solusi untuk mengatasi permasalahan yang dikaji.

Demikianlah perbedaan antara kepenulisan artikel ilmiah dengan populer. Bagaimana, Sob? Apakah kalian sudah mengerti perbedaannya? Jika belum mengerti, kalian bisa melihat contoh-contoh artikel ilmiah dan populer serta menanyakannya kepada guru ataupun dosen.


Penulis: 
Dea Atika Permana Fitriani 
Mahasiswa Fakultas Hukum
Universitas Islam Sultan Agung Semarang


***
Kolom Opini merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi sobat Campusnesia menulis seputar tips trik belajar dan kuliah, kewirausahaan dan hiburan. 




Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys