Loading...

7 Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa




Campusnesia.co.id - Menjadi seorang mahasiswa yang jauh dari orang tua tentu saja membuat kamu mau tidak mau menjadi seorang yang mandiri dalam berbagai hal. Termasuk juga dalam hal mengatur keuangan. Kamu harus cermat dalam mengatur pengeluaran agar kamu tidak kehabisan uang. 

Apalagi belum akhir bulan sudah habis dulu uangnya. Tentu saja hal itu banyak terjadi di kalangan mahasiswa terlebih mahasiswa baru, karena belum terbiasa dengan kehidupan kostnya. Mari kita lihat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengelola keuangan:

1. Tetapkan pengeluaran di awal bulan 
Mencatat pengeluaran di awal bulan ini dapat membantu kamu membandingkan setiap biaya pengeluaran yang kamu lakukan setiap bulan. Kamu dapat mengevaluasi apakah kamu setiap bulannya sudah hemat atau malah mengalami kenaikan.


2. Belanja sesuai kebutuhan
Saat berbelanja barang kebutuhan, tentunya kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan produk yang bervariasi sehingga kamu akan dengan mudah berpaling ke produk tersebut.
 
Oleh karena itu, sebelum pergi berbelanja buatlah daftar list yang kamu butuhkan agar kamu saat belanja langsung mencari dalam list yang kamu buat.


3. Simpan kembalian walaupun receh
Eits siapa nih yang suka nyimpen uang kembalian di dashbor motor? Yuk mulai sekarang simpan uang recehmu dalam tabungan. Ingat kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.


4. Nongkrong boleh, tapi jangan sering-sering
Biasanya sebagai mahasiswa sering pusing karena tugas yang diberikan oleh dosen. Hal ini yang membuat mahasiswa sering nongkrong untuk healing atau refreshing. 

Atau juga nongkrong sambil mengerjakan tugas karena biasanya tersedia wifi gratis. Tapi perlu diingat tidak boleh sering-sering karena itu membuat kamu mengeluarkan uang lebih.


5. Cari diskonan maupun promo
Di era digital saat ini, banyak aplikasi untuk memesan makanan dan minuman yang menyediakan banyak voucher dan promo seperti Grab, Gojek, Shopee Food dan lainnya, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaranmu.


6. Mencoba parttime atau bisnis online
Jika kamu punya waktu luang kamu bisa manfaatkan waktu luangmu untuk bekerja parttime atau mencoba bisnis online. Dengan begitu kamu akan mendapat uang tambahan yang bisa kamu gunakan untuk menabung, tambahan uang jajan dan lain-lain.


7. Memanfaatkan fasilitas umum
Memanfaatkan fasilitas umum seperti wifi gratis yang bisa menghemat paket kuotamu. Bisa juga angkutan umum yang tarifnya murah bisa menghemat kamu dalam hal trasnportasi.
Nah, itu adalah beberapa cara mengatur keuangan agar kamu tetap bisa hidup nyaman walaupun harus ekonomis.


Itu tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang 7 Tips Mengatur Keuangan Untuk Mahasiswa, punya tips lain? jangan lupa share di kolom komentar ya, sampai jumpa.


Penulis:
Lucy Rahmawati 
Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung



***
Kolom Opini merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi sobat Campusnesia menulis seputar tips trik belajar dan kuliah, kewirausahaan dan hiburan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys