7 Tips Cara Mudah Membuat Rangkuman Materi Pelajaran dan Kuliah

 


Campusnesia.co.id - Cara seseorang dalam belajar dan memahami sebuah materi pelajaran dan kuliah satu dengan yang lain bisa jadi sangat berbeda dan beragam.

Tak masalah karena memang setiap orang punya cara unik dan butuh proses masing-masing. Ada yang sekali dijelaskan oleh guru atau dosen langsung paham, ada yang sekali baca langsung mudeng tapi juga banyak yang malah makin puyeng.

It's okay guys, youre not alone, akeh koncone ora mung kowe dewe lur..

Salah satu solusinya agar lebih mudah memahami suatu materi pelajaran dan kuliah adalah dengan merangkum atau membuat resume, sayangnya aktifitas merangkum sendiri juga tidak mudah, angel..angel.

Mencoba membantu menjawab pertayaan sobat Campusnesia di twitter tentang cara efektif membuat rangkuman agar mudah dipahami, kami coba melempar pertanyaan dan minta tips dari dua grup whatsapp yaitu Alumni Beastudi Etos Semarang dan FIM Oye Semarang.

Buat kalian, ini dia daftar solusi cara membuat rangkuman materi:


1. Latihan dan belajar menguasai materi
Kita mulai pelan-pelan dengan belajar menguasi materi dan latihan membuat rangkuman, sebelum mahir merangkum materi gak ada salahnya belajar membuat rangkuman dari yang panjang, sedang hingga ringkas banget versimu.

Kunci membuat rangkuman materi pelajaran dan kuliah adalah memahami materinya, rangkuman yang kita buat bisa representatif kompetensi kita.


2. Higlight poin-poin pentingnya.
Tandai point-point penting dala setiap kalimat, Emg harus baca buku, bisa menggunakan Stabilo mulai dari pngertian, kemudian subbab, pokok kalimat.

Untuk daftar turunan penjelasan ateri seperti point a,b,c atau 1,2,3 ambil kalimat pertama. Jangan contoh menyertakan contoh dan terkahir buat kesimpulannya.


3. Membuat Mind Map atau peta konsep 
Tujuannya agar jadi lebih praktis dan terstruktur dari awal hingga akhir dan alur prosesnya.


4. Ajarkan Ilmunya
Mengulang bisa jadi cara efektif agar ilmu yang sudah dipahami dan diingat tetap terjaga. Ketika kalian merasa sudah paham dengan materi pelajaran atau kuliah yang dipelajari oba bantu teman untuk memahaminya juga.


5. Bikin Rangkuman di kertas kecil-kecil 
Tips berikutnya buat kartu rangkuman, membagi pemahaman dalam beberapa bagian yanglebih kecil tentu akan memudahkan dalam memahami dan mengingatnya dibanding dala bentuk rangkuman berjumlah banyak halaman.

Kartu rangkuman materi ini bisa sobat bawa kemana-mana untuk dibaca, dipahami dan dihafal kembali yang penting jangan dibawa ke dalam kelas pas ujian ya.


6. Gunakan pulpen warna gambar
Cocok untuk sobat yang viusal banget, kalau susah menghafal dan memahami materi berupa tulisan coba gunakan kreatifitas dan imajinasimu untuk mempercantik rangkuman.

Gunakan bolpen warna-warni, font yang unik, gambar ilustrasi, tempel dengan foto atau yang lainnya yang penting sobat bisa dengan mudah memahami alur prosesnya dan inti materinya.


7. Membuat singkatan atau istilah sendiri
Ini cocok untuk menghafal rumus dan proses, gunakan istilahmu sendiri untuk mengingat, bisa menggunakan singkatan, menyamakan dengan kata benda, istilah dalam film atau kehidupan sehari-hari.

Tak masalah jika orang lain tak paham dan merasa aneh, yang penting kamu ingat, jadi mudah memahami dan bisa menyelesaikan soal atau ujian saat dibutuhkan.


Demikian tadi sobat Campusnesia, artikel kita kali ini tentang 7 Tips Cara Mudah Membuat Rangkuman Materi Pelajaran dan Kuliah.

Selamat belajar, jangan menyerag tetap semangat semoga bermanfaat, sampai jumpa.


Penulis:
Nandar

===
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »