Referensi 4 Acara TV Nasional yang Mendidik, Informatif dan Inspiratif

 



Campusnesia.co.id - Beberapa tahun terakhir semenjak harga gadget dan kuota internet semakin mudah dan terjangkau jumlah pengguna internet di Indonesia naik signifikan, selain dari sisi jumlah juga waktu yang dihabiskan untuk mengakses aneka konten di dunia maya ikut bertambah.

Fenemona tersebut berdampak terhadap cara masyarakat dalam menikmati konten hiburan, dari hanya berasal dari televisi berkembang lebih variatif dan kepuasan menentukan hiburan apa yang hendak ditonton lewat aneka aplikasi video streaming, yang paling populer tentu saja Youtube, aplikasi berbasis video milik Google ini bisa diakses secara gratis.

Hingga muncul adegium youtube lebih dari tv, tidak sepenuhnya salah mengingat acara tv yang repetitif berisi sinetron, berira kriminal dan variety show yang isinya artis itu-itu saja monoton bahkan kadang minim nilai edukasi.

Eits..tapi gak semua acara dan saluran tv nasional se-memprihatinkan itu kok, masih ada beberapa acara tv nasional yang mendidik, informatif dan inspiratif. 

Lewat artikel kali ini, kami hadirkan 4 acara  tv nasional yang mendidik, informatif dan inspiratif, apa saja? ini daftarnya.


1. Laptop si Unyil


Jika Discovery Channel punya acara How Its Made, indonesia punya Laptop si Unyil yang menyajikan berbagai proses pembuatan suatu barang.

Sekarang berganti nama menjadi Si Unyil, sebuah program anak-anak yang tayang pertama kali di Trans7 mulai tanggal 19 Maret 2007 setiap hari Selasa sampai Jumat pukul 12.00 WIB, dan kemudian dilanjutkan dengan Buku Harian Si Unyil yang ditayangkan setiap hari Sabtu dan Minggu pada saat itu.

Tayangannya disajikan selama 30 menit, program ini diproduksi oleh PPFN Trans Media menghadirkan karakter boneka Unyil, Usro, pak Ogah, pak Raden dkk yang populer di stasiun TVRI eksis sejak tanggal 5 April 1981 hingga 1993.

Perbedaan Laptop Si Unyil dan Buku Harian Si Unyil
Perbedaan karakteristik dari kedua program ini adalah pada tayangan Laptop si Unyil lebih menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi serta membahas juga mengenai permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. 

Sedangkan Buku Harian si Unyil lebih mengajak anak-anak untuk berwisata serta mengenal permainan yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu, atau yang bersifat menghibur tapi tetap mendidik.

Di dalam kedua tayangan ini si Unyil akan bertindak sebagai seorang pengamat yang akan bertutur dan bercerita kepada pemirsanya mengenai apa yang sedang dibahas setiap episodenya. si unyil sendiri biasanya akan aktratif di dalam setiap tayangannya entah itu peci-nya yang jatuh, atau unyil terjepit di antara "barang-barang".

Selain itu dalam tayangan Laptop si Unyil ada segmen animasi yang bertutur melalui bentuk tayangan kartun serta ada seorang ipat, satu-satunya anak yang bisa berkomunikasi serta berinteraksi dengan si unyil

Namun Unyil tidak meninggalkan teman-temannya dahulu seperti Usro atau Melani. Makanya dalam tayangan Laptop Si Unyil masih menampilkan sesi panggung yang menceritakan interaksi Unyil dengan kawan-kawannya serta tokoh lainnya seperti Pak Ogah dan Pak Raden.


2. Si Bolang Bocah Petualang


Si Bolang meyoroti kegiatan sehari-hari anak-anak, mulai dari bermain, membantu orang tua, sampai membuat kerajinan tradisional dari berbagai daerah di seluruh penjuru nusantara. 

Setiap episode Bolang menampilkan keunikan budaya dari berbagai daerah di Indonesia menjadikan program ini memiliki unsur kelokalan yang sangat tinggi. Informasi yang disajikan dari sudut pandang dunia anak menjadi nilai keunikan tersendiri bagi program Si Bolang.

Tayang sejak tahun 2006, program Si Bolang merupakan program yang telah banyak menerima penghargaan dan menjadi salah satu program yang memiliki image positif sebagai sebuah barometer tayangan anak yang tidak hanya mengedukasi, namun juga menghibur.

Dengan awarenes yang sudah sangat baik, program Si Bolang tidak hanya dinikmati anak-anak saja melainkan juga orang dewasa baik male maupun female.

Untuk ayah bunda yang mau nonton si Bolang bisa standby di depan tv bersama ananda tercinta  setiap Senin - Jumat pukul 12.30 WIB.


3. Si Otan


Acara mendidik yang ini tayang setiap Senin - Jumat pukul 13.00 WIB. Dunia Binatang yang sudah bertahun-tahun menghibur sekaligus mengedukasi tidak hanya anak-anak, namun juga seluruh keluarga tanah air kini hadir dengan wajah baru bertajuk “Si Otan”.

Masih dengan formatnya yang fun sekaligus informatif, Si Otan juga hadir dengan berbagai treatment dan item yang juga engaging bagi pemirsa seperti test dan percobaan. 

Dengan tetap mempertahankan karakter-karakter yang existing seperti Otan & Dolpino, Si Otan kini juga menghadirkan hewan-hewan tampil di dalam program sebagai karakter-karakter yang juga berinteraksi dengan Si Otan, Dolpino dan tentu saja pemirsa di rumah hal ini menambah keseruan sekaligus juga engagement bagi pemirsa yang ada di rumah.


3. Jejak Si Gundul


Sebuah program magazine mengekspose kearifan lokal lewat karakter kuat si Gundul yang serba bisa, suka menolong, dan tangguh. 

Aktivitas si Gundul tidak hanya memberikan hiburan semata namun juga memberikan banyak informasi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Tayang setiap hari Kamis pukul 14.15 WIB.

Acara petualangan sekaligus kuliner khas indonesia, "Jejak Si Gundul" dipandu oleh Heru Gundul pria kelahiran Metro, Lampung pada 8 Maret 1973.

Tayang sejak tahun 2007 dan masih bertahan selama 13 tahun, gaya narasi mas Heru Gundul sangat khas, bahkan sering jadi bercandaan netijen lewat sebaris kalimat, - sambil menunggu ketela matang, saya membantu teh Rini mengulek sambel hingga lembut, "nDul sambelnya sudah lembut tolong kamu masukan dalam wajan ya" aku pun langsung memasukan sambel tadi - * bacanya gak usah pake nada-nada ha ha,

Gundul jadi sosok idaman masyarakat indonesia, rendah hati, pantang menyerah, sopan dan suka membantu sesama cocok jadi panutan.

Dalam sebuah kesempatan Panji Petualang, mengungkapkan dalam unggahan Instagramnya bahwa Heru Gundul adalah gurunya dan belakangan mas Heru bersama Panji Petualang kolaborasi untuk konten YouTube.

Kini mas Heru juga memiliki channel YouTube, yang menjadi tempat membagikan edukasi tetang menjelajah alam atau menangani hewan liar.

Disela-sela aktifitasnya memandu acara Jejak si Gundul, Ayah dua anak ini juga sering mengunggah beberapa potret keseruanya bersama keluarga melalui akun media sosialnya


4. Jejak Petualang


Jejak Petualang merupakan sebuah program televisi berupa tayangan dokumenter yang disiarkan oleh Trans7. Program ini berisi liputan yang berupa fenomena maupun hal menarik meliputi alam, kebudayaan, kearifan lokal serta exlporasi yang ada di seluruh Indonesia sesuai fakta. 

Jejak Petualang memberikan nuansa dan pengalaman baru bagi pemirsa yang gemar melakukan kegiatan petualangan ke alam bebas. Jejak Petualang merupakan pelopor acara petualangan di Indonesia. 

Sejak 2003 tak terhitung lagi berapa lokasi di wilayah Indonesia ini yang sudah "dijamah" oleh tim Jejak Petualang, mulai dari pantai, pegunungan, kawasan pedalaman, dan perut bumi (gua) sekali pun. Sehingga setiap episodenya menampilkan daerah yang berbeda-beda.

Program ini memiliki karakteristik perempuan tangguh yang diwakilkan oleh para host wanitanya anggun serta cantik namun tetap tangguh dan atraktif. Riyanni Djangkaru adalah host pertama hingga pensiun pada tahun 2006 yang sukses membawakan acara ini sehingga banyak dikenal oleh pemirsanya di seluruh Indonesia. 

Jejak Petualang beberapa kali mengadakan temu kumpul dengan komunitas pecinta alam, seperti yang digelar dalam kegiatan Jambore Jejak Petualang di Jawa Barat, dan terakhir dilaksanakan di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur pada tahun 2005.

Jejak Petualang Survival Trans 7
Jejak Petualang Survival merupakan bagian dari produksi Jejak Petualang yang menampilkan tayangan dengan informasi kepada masyarakat tentang cara bertahan hidup di hutan atau alam liar, seperti tumbuhan dan binatang apa saja yang bisa dikonsumsi oleh manusia, identifikasi khusus jenis-jenis flora dan fauna mulai pengenalan nama local hingga nama latin, dan penagangan akibat serangan binatang liar, seperti strategi menghadapi binatang berbahaya. 

Sehingga program Jejak Petualang Survival dibawakan oleh host pria yaitu Herna Prasetyo. Namun kini penayangan program Jejak Petualang Survival telah dihentikan.

Beberapa nama pernah menjadi Host acara Jejak Petualang mulai dari Riyani Djangkaru, Medina Kamil, Putri Ayudya, Syifa Kumala, Anindya Kusuma Putri, Yovita Ayu Liwanaru, Chintya Tengens Kastanya, Ferissa Djohan dan Indrayani Laksmi.

Jejak Petualang Wild Fishing Trans 7
Jejak Petualang Wild Fishing merupakan bagian dari produksi Jejak Petualang yang menampilkan keseruan memancing di alam liar yang berbeda dengan memancing pada umumnya. Jejak Petualang Wild Fishing akan mengunjungi spot-spot memancing di sungai, danau, waduk, rawa hingga muara di seluruh Indonesia yang masih alami dengan kekayaan jenis ikan air tawar. 

Jejak Petualang Wild Fishing juga menjadi sebuah upaya awal untuk menyatukan masyarakat, wild fishing, dan kuliner tradisional Indonesia dalam sebuah tayangan tentang potensi perairan tawar di Indonesia. 

Berbeda dengan Jejak Petualang reguler, program Jejak Petualang Wild Fishing dipandu oleh host pria yang pandai memancing. Awalnya host Jejak Petualang Wild Fishing adalah Joe Michael namun setelah memutuskan untuk berhenti, kini digantikan oleh Abiyoga Harbunangin.

Beberapa penghargaan berhasil disabet oleh acara jejak petualang, diantaranya:
1. Anugerah Pesona Wisata 2007 (Kementerian Kebudayaan & Pariwisata Nasional)
2. Penghargaan Gemar Ikan 2011 (Kementrian Perikanan dan Kelautan)
3. Anugerah KPID Nusa Tenggara Barat 2012
4. Anugerah KPID Kalimantan Barat 2015

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »