Versi Lucu dan Ilmiah, Penyebab Tembalang dan Semarang Sekitarnya Panase Puoll

 



Campusnesia.co.id - Semarang selain dikenal dengan kota Lumpia dan Lawang Sewu belakangan punya julukan baru, "kota sembilan matahari" mengacu salah satu episode dalam serial Kera Sakti era 90an yang memperlihatkan rombongan sun go kong kepanasan saat melewati sebuah daerah dengan sembilan matahari.

Terdengar berlebihan tapi jangan dimasukan dalam hati ya, itu hanya berandaan versi netijen untuk mengeluhkan betapa akhir-akhir ini Tembalang khususnya dan semarang dan sekitarnya terasa panas sekali.

Dari Weather.com suhu hari ini 12 September 2021 menunjukkan angka 37°C dengan Presipitasi: 0%, Kelembapan: 34% dan Angin: 21 km/h.

Kalau tidak percaya, coba saja berkendara di siang bolong tanpa sarung tangan atau sepatu, pulang-pulang pasti dapat kenang-kenangan kulit belang.

Saat malam hari sumuk (gerah) banget, seorang netijen berkisah habis mandi lima menit kemudian sudah keringetan. 

Sebenarnya apa yang sedang terjadi di Semarang dan apa sebabnya kok panas pol? jawaban versi kocak kami dapat dari twitter berikut diantara celotehan lucu versi netijen.

1. @nandar_art "Mataharinya ada 9"

2. @IvanAdrianWija2 "Menurut tata surya, semarang diapit oleh matahari dan bumi."

3. @semarangmenfess2 "Matahari-Semarang-Bumi"

4.  @txtdaricacak "jujur semarang panas bgt. kayanya gue goreng telur di aspal mateng deh"

5.  @aselinaufal "Di Semarang, kita bisa merasakan kipas angin yang klo dinyalain kerasa yg keluar adalah hawa panas."


Agar lebih berimbang, kami coba hadirkan versi ilmiah sebab semarang, tembalang dan sekitarnya terasa begitu panas.

Kami kutip dari Kompas.com, cuaca panas tak hanya terjadi di Semarang. Kepala Pusat Informasi Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dodo Gunawan mengatakan, semua kota di Jawa merasakan cuaca yang sangat panas. "Jadi semua kota di Jawa merasa saat ini panas," kata Dodo, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Pak Dodo menjelaskan, suhu panas yang dirasakan oleh warga Semarang dan kota lain di Jawa karena pergerakan Matahari.

Pada September kemarin, Matahari bergerak ke arah selatan. Pada 21 September 2021, terjadi titik awal gerak semu Matahari persis melintas ekuator bergerak menuju selatan. 

Suhu panas ini akan terus mengalami fluktuasi sehingga kota mana saja bisa merasakan suhu panas, bukan hanya Semarang. "Fluktuasi tertinggi bisa bervariasi. Hari ini Semarang, besok mungkin kota lain. Variasi tingkat keawanan pada hari-hari di mana tercatat suhu tinggi bisa mempengaruhi," kata pak Dodo. 

Predikat kota terpanas akan selalu bervariasi. Menurut Beliau, sebuah kota tidak akan selalu bersuhu panas. "Seluruh kota di Indonesia suhu trennya cenderung terus meningkat," ujar beliau.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, pak Sutikno, menambahkan, tidak tepat jika Semarang disebut sebagai kota terpanas. Menurut beliau, suhu maksimum di suatu kota tidak bisa dijadikan patokan rata-rata suhu harian di kota tersebut.

Dari detik.com kami mendapatkan data bahwa suhu udara di Kota Semarang tahun ini tidak sepanas tahun 2019 lalu yang mencapai 39° Celcius. Tahun 2021 ini suhu terpanas terpantau terjadi pada 29 Agustus 2021 lalu sebesar 35,2°C.

Sejarah mencatat suhu tertinggi di Kota Semarang terjadi 12 Oktober 1972 dengan suhu 38,5 derajat Celcius, kemudian 13 Oktober 1972 setinggi 38,7 derajat Celcius, dan 18 Oktober 2002 setinggi 38,5 derajat Celcius.

Informasi tambahan kami dapatkan dari situs Lapan.go.id, dalam sebuah artikel berjudul "Matahari Di Atas Pulau Jawa Seminggu Ini", yaitu mulai tanggal 8 Oktober hingga 14 Oktober 2021 mendatang, matahari berada di atas pulau Jawa. 

Fenomena ini terjadi karena sumbu rotasi Bumi miring 66,6 derajat terhadap ekliptika, Hal ini membuat matahari tidak selalu berada di atas garis katulistiawa (lintang 0) melainkan berada di lintang 23,4 LU (garis balik utara) hingga 23,4 LS (garis balik selatan). 

Wilayah yang terletak diantara dua garis balik ini memungkinkan akan mengalamai matahari di atas tempat tersebut ketika tengan hari sebanyak dua kali setahun (kasus khusus, untuk wilayah sekitar garis katulistiwa akan mengalami mahatahi di atas garis katulistiwa ketika Ekuinoks Maret dan Ukuinoks September). 

Pulau jawa terletak diantara lintang 6-8 LS atau berada di sebelah selatan garis katulistiwa. Sehingga, matahari akan berada di pulau jawa bebrapa hari setelah Ukuinoks September dan beberapa hari sebelum Ekuinoks Maret.

Terjawab sudah ya guys sebab Tembalang dan Semarang umunya akhir-akhir ini terasa panas, buat sobat yang tingga di semarang jika berkendara di siang bolong pastikan mengenakan jaket, sarung tangan dan sepatu.

Banyak-banyakin minum air putih untuk penawar haus, ojo ngombe Es Terosss mengko pilek, kesehatanmu lho dek.

Bila belum ada AC, cukup sediakan kipas mini merk voltre atau kipasan pake sobekan kardus juga gak apa-apa, selow wae panase semarang ora sepiro tinimbang ndelok undangane mantan.

Tetap sehat, tetap semangat sampai ketemu di artikel lainnya jika sempat, semoga bermanfaat.



penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »