Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Pelatnas FIM 23 Tahun 2021

 



Campusnesia.co.id - Pendaftaran Pelatnas FIM 23 sudah dibuka dari tanggal 2 hingga 20 Oktober nanti. Sobat cuma punya waktu 19 hari buat isi formulir pendafataran.

Bagi yang hendak mendaftar segera buka portal.forumindonesiamuda.org dan isi formulirnya sesegera mungkin. 



Narahubung: 085213580323 (Rama)


FAQ Pelatnas FIM 23 Tahun 2021

1. Apakah pelatihan Forum Indonesia Muda berbayar?
Biaya kegiatan selama pelatihan akan ditanggung oleh panitia. Peserta harus menanggung biaya paket data dan device yang dibutuhkan untuk menunjang seluruh kegiatan pelatihan FIM. 

Selain itu, peserta yang lolos seleksi akan dikenai biaya penggantian training kit yang akan dikirimkan ke alamat masing-masing, juga sebagai jaminan komitmen untuk hadir secara online di pelatihan​ sehingga tidak melalaikan amanah setelah terpilih dari ribuan calon peserta.

2. Bagaimana jika peserta mengalami kendala teknis seperti koneksi internet?
Untuk menjaga kelancaran dan efektivitas pelatihan, peserta diharapkan dapat menyiapkan paket data yang memadai dan berada di tempat yang memiliki jaringan baik selama mengikuti pelatihan.

3. Bagaimana jika peserta mengalami kendala dalam hal biaya penunjang pelatihan FIM?
Pengalaman dari para peserta sebelumnya, peserta dapat mengajukan proposal ke pihak terkait yang dapat menjadi donatur. 

Panitia akan membantu dengan mengirimkan surat keterangan mengikuti acara dan proposal kegiatan. Permohonan surat keterangan tersebut bisa diajukan kepada panitia paling lambat 1 (satu) pekan setelah pengumuman daftar nama peserta fix dari panitia.

4. Bagaimana bila jadwal acara bersamaan dengan jadwal kuliah dan ujian, tetapi calon peserta ingin sekali mengikuti acara ini?
Pengalaman dari para peserta sebelumnya, peserta dapat mengajukan proposal ke pihak terkait yang dapat menjadi donatur. Panitia akan membantu dengan mengirimkan surat keterangan mengikuti acara dan proposal kegiatan. 

Permohonan surat keterangan tersebut bisa diajukan kepada panitia paling lambat 1 (satu) pekan setelah pengumuman daftar nama peserta fix dari panitia.

5. Surat rekomendasi itu seperti apa?
Surat rekomendasi adalah salah satu berkas pendaftaran yang berisi rekomendasi untuk mengikuti pelatihan FIM 23. 

Surat rekomendasi dapat diberikan oleh siapapun, namun direkomendasikan kepada orang yang kenal baik dengan calon peserta. 

Setiap calon peserta hanya diperkenankan untuk melampirkan ​​satu rekomendasi saja. Format surat rekomendasi telah dibuat oleh panitia dan calon peserta dapat mengunduhnya saat mengisi isian pendaftaran.

6. Bagaimana memasukkan surat rekomendasi bertanda tangan?
Sebelumnya, surat rekomendasi bertanda tangan dapat di-scan atau difoto terlebih dahulu, atau pada softcopy dapat dimasukkan gambar tanda tangan (asli ditandatangani oleh pemberi rekomendasi) dalam format gambar atau dokumen. 

Setelah itu, file softcopy diunggah ke dalam formulir pendaftaran. Mekanisme yang sama untuk surat pernyataan komitmen bertanda tangan.

7. Apakah surat rekomendasi boleh lebih dari satu?
Tidak. Cukup lampirkan satu surat rekomendasi terbaik, sesuai dengan format yang telah disediakan di portal pendaftaran.

8. Siapakah yang dimaksud dengan pemberi referensi?
Pemberi Referensi adalah alumni FIM yang dapat memberikan informasi tentang pribadi calon peserta kepada panitia seleksi FIM 23.

9. Apakah calon peserta boleh mencantumkan referensi/rekomendasi yang sama dengan calon peserta lain?
Boleh. Selama pemberi referensi/rekomendasi dapat mempertanggungjawabkan referensi yang diberikan.

10. Saya sudah login, namun tertulis KTP / alamat email sudah pernah digunakan, padahal saya belum mendaftar di FIM 23. Apa yang harus saya lakukan?
Sistem pendaftaran FIM 23 menggunakan single ID identification, jika tidak bisa login karena KTP/alamat email yang sudah terdaftar, maka ada kemungkinan berikut:
- Apabila KTP/alamat email sudah digunakan maka akan muncul pemberitahuan dalam web nama pengguna nomor KTP sekaligus emailnya. Calon peserta bisa menggunakan email yang tertulis dalam notifikasi untuk Log-In; atau

- Alumni FIM 20.

- Jika kedua hal di atas sudah dilakukan namun tetap belum bisa log in maka hubungi CP Pendaftaran untuk segera kami tindak lanjuti.

11. Jalur apa saja di FIM 23 dan apa deskripsinya?
Pada Pelatihan Nasional FIM 23 hanya terdapat 1 jalur yaitu Alumni FIM 20 / Umum.

- Alumni FIM 20 adalah calon peserta FIM yang telah mengikuti Rangkaian Pelatihan FIM Wilayah angkatan 20 pada 2018 lalu untuk meningkatkan kapasitas dan memperluas jejaring dalam skala nasional;

- Alumni FIM 20.

- Umum adalah calon peserta FIM yang merupakan pemuda, mahasiswa, dan professional dengan berbagai latar belakang (Non Alumni FIM).

12. Bagaimana alur pendaftarannya?
- Login dengan google account (gmail) di portal.forumindonesiamuda.org.
- Unduh format dokumen yang dibutuhkan sesuai jalurnya untuk diisi, di-scan, lalu diunggah di bagian akhir formulir pendaftaran.
- Dokumen Surat Pernyataan Komitmen Diri dan Surat Rekomendasi adalah Dokumen Wajib diisi.
- Isi data diri
- Pastikan kamu mengisi seluruh data pada formulir pendaftaran dengan benar;
- Klik submit setelah semua data lengkap; dan
- Ingat setelah submit, semua data akan tersimpan oleh sistem dan tidak bisa diubah lagi.

FAQ SEPUTAR FIM

1. Apakah FIM memiliki afilisasi dengan ormas / partai politik?
FIM adalah forum independen yang beranggotakan pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai latar belakang minat dan aktivitas, universitas maupun lembaga kepemudaan, baik di Indonesia maupun di luar negeri. FIM merupakan organisasi kepemudaan yang tidak berafiliasi dengan ormas atau partai politik manapun.

2. Apa itu pelatihan nasional?
Pelatihan nasional adalah aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peserta FIM 23 mulai dari softskill, internalisasi nilai-nilai FIM, serta memperluas dan menguatkan jaringan pemuda Indonesia.

3. Seperti apa model pelatihan nasional?
Pada Pelatihan FIM 23 ini, pelatihan nasional berupa online training (pelatihan intensif) selama 4 hari di akhir pekan dan akan diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah di Indonesia.

4. Apa itu FIM regional?
Setelah 6 tahun bergerak, FIM mulai membangun model gerakan yang berbasis regional tingkat Kabupaten/Kota agar visi pemberdayaan dimulai tidak hanya dari Jakarta. Sejak 2017, para penggerak regional disebut Kader Next-Gen. 

Program regional berbasis pada pemberdayaan masyarakat di daerah masing-masing.Calon peserta bisa mencari tahu lebih detail tentang regional melalui sosial media FIM regional.

5. Kader Next-Gen itu siapa dan apa tugasnya?
Di pelatihan FIM 23 ini, peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian FIM 23 akan menjadi Kader Next-Gen untuk regional / domisilinya nya dan bertugas membangun kegiatan di regional/ domisilinya serta berkomitmen untuk meningkatkan potensi regional / domisilinya melalui pelatihan nasional.

6. Bagaimana cara menentukan pilihan regional?
Silahkan memilih regional sesuai domisili saat ini atau rencana domisili satu tahun kedepan. Jika tidak ada kota domisili saat ini silahkan pilih regional terdekat dari domisili saat ini.

Info lebih lanjut kunjungi website >> portal.forumindonesiamuda.org

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »