Review Mini Series The Billion Dollar Code Perjuangan Penemu Asli Google Earth

 



Campusnesia.co.id - Kali ini kita mau ngomongin tentang Google Earth, sebalum masuk pembahasan saya punya pengalaman, suatu hari iseng cari alamat rumah lewat Google Street, setelah ketemu coba jalan-jalan via Google Earth, surprise tepat di depan rumah saat mobil google street lewat ternyata ibu saya sedang ada di halaman rumah.

Masih seputar Google Earth, kalau sobat cari di wikipedia akan menemukan informasi bahwa Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. 

Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. 

Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial.

Tapi tidak demikian versi Google Earth dalam sebuah mini series Netflix berjudul The Billion Dollar Code.

Serial berjumlah 4 episode ini berbahasa asli Jerman, dengan setting era 1993 pasca runtuhnya tembok berlin tentang perjuangan perusahaan Art+Com dalam memperjuangkan Hak Paten mereka yang ditiru oleh Google Earth.

Pemain Mini Series The Billion Dollar Code
- Björn Freiberg sebagai Interpreter
- Seumas F. Sargent sebagai Eric Spears
- Leonard Scheicher sebagai Carsten Schlüter muda
- Lukas Loughran sebagai Brian Anderson
- Marius Ahrendt sebagai Juri Müller muda
- Dan Cade sebagai Matt Boyd
- Thomas Douglas sebagai Ralph
- Michelle Glick sebagai Janet Martinez
- Yuki Iwamoto sebagai Buchou
- Mišel Matičević sebagai  Juri Müller tua
- Clayton Nemrow sebagai Warren Stuart
- Harry Szovik sebagai Barman
- Christoph Tomaneksebagai Manfred Kurt
- Mark Waschke sebagai Carsten Schlüter tua
- Lavinia Wilson sebagai Lea Hauswirth

Poster Mini Series The Billion Dollar Code



Trailer Mini Series The Billion Dollar Code



Sinopsis Mini Series The Billion Dollar Code
The Billion Dollar Code mulai tayang Kamis 7 Oktober 2021 di Netflix, disutradarai oleh Robert Thalheim ini dibintangi Seumas F. Sargent, Leonard Scheicher, Marius Ahrendt, dan Lukas Loughran.  The Billion Dollar Code mengisahkan tentang dua jenius komputer asal Jerman berdasarkan kisah nyata. 

Kisah bermula pada era 1990-an ketika kedua jenius komputer itu menemukan algoritma yang kemudian digunakan untuk membuat Google Earth.  

Mereka menemukan Terra Vision, sebuah sistem yang tampaknya mustahil untuk diciptakan pada masa itu. Dua puluh lima tahun kemudian, keduanya berniat untuk menuntut Google Earth lantaran adanya kemiripan dengan penemuan mereka. 

Keberadaan Terra Vision sendiri dikatakan sebagai cikal bakal terbentuknya Google Earth. Dalam proses pembelaan hak mereka sebagai pencipta algoritma Google Earth, keduanya menghadapi realita pahit tentang gugatan jutaan dolar tersebut. Kisah tentang hubungan persahabatan, kesetiaan, dan tantangan di era digital dapat terlihat. 


Review Mini Series The Billion Dollar Code
Alih-alih sebagai mini seri, menurut saya ini film yang dipecah-pecah saja, tapi memang daripada dijadikan film panjang lebih enak disaksikan dalam format serial.

Terlepas dari endingnya yang bikin sedih, The Billion Dollar Code cukup memberi gambaran bagaimana terciptanya konsep awal Google Earth, bagaimana program ini bekerja dan cara monetisenya, Google boleh bilang ini proyek non profit tapi informasi di dalamnya yang di input oleh pengguna jadi sarana mengumpulkan data untuk iklan mereka agar lebih tertarget.

Awalnya Terra Vision adalah proyek seni untuk jenjang S2 Carsten Schlüter, lalu berubah jadi perusahaan start up pertama di jerman setelah bertemu dengan Juri Müller yang ahli dalam koding pemrograman komputer.

Perjuangan sang pengacara juga keren, bagaimana mereka berjuang melawan korporasi raksasa sekelas Google, yang juga terungkap tak jarang mereka mengambil ide dari start up-start up kecil dan klaim begitu saja, atau dengan cara akuisisi, mirip adegium "kalau tidak mau diakuisisi maka akan dimatikan".

Selain sisi teknis, drama yang dihadirkan juga bagus, ikatan emosional antar karakter tergambar dengan baik membuat jalan cerita semakin kuat.

Namanya juga drama tentu banyak bumbu fiksinya, tapi memang series ini diangkat base on true story, 

Secara keseluruhan The Billion Dollar Code rekomended ditonton, bagi sobat yang mau nonton berikut link streaming subs indo, klik di sini.



Penulis: Nandar


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »