Keren, Mahasiswa UII Raih Juara 1 Nasional MERMC 2021

 



Campusnesia.co.id - Di tengah pandemi Covid-19, dengan segala keterbatasan yang ada, tak menyurutkan semangat mahasiswa untuk terus berprestasi. 

Di tahun 2021 ini, tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Islam Indonesia (UII), menorehkan prestasi meraih juara 1 ajang tahunan MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition (MERMC) Grand Final Indonesia 2021.

Kompetisi tersebut digelar secara daring (online) pada 11 September hingga 9 Oktober 2021. Tim UII terdiri dari 5 mahasiswa Prodi Akuntansi yaitu Valdo Manggiri Alani, Nicho Kurniawan, Farhan Kamil Rabbani, Agnes Aura Ainisha, dan Immerina Zuhara yang tergabung dalam tim Muzzafar Zayn berhasil unggul dari perwakilan universitas di Indonesia.

Selain berhasil meraih Juara 1, Tim mahasiswa UII lainnya yaitu Tim Jakal Atas berhasil meraih Juara 4. Tim ini beranggotakan Afiq Kamal Rizki, Imam Nur Fadhilah, Rafif Aldo Nugroho, Asaquita Sophie Premarci, dan Rani Adillah Kusumaningrum. Jalannya kompetisi terbagi dalam 3 tahap, yakni tahap penyisihan, submit video, dan tahap grand final.

Atas raihan tersebut, tim mahasiswa Akuntansi UII mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3.000.000 untuk Juara 1 dan Rp1.000.000 untuk Juara 4. Kedua tim UII ini juga akan menjadi perwakilan Indonesia mengikuti MERM e-Competition International Final 2021 pada bulan November mendatang.

Direktur ERP Competence Center Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis Ekonomika UII, Dra. Isti Rahayu, M.Si., Ak., CA., Cert.SAP menyatakan sangat bersyukur atas capaian tim Muzzafar Zayn dan Jakal Atas pada kompetisi nasional MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition 2021.

Ia berharap sebagai wakil Indonesia, kedua tim dapat memenangkan kompetisi internasional yang akan diselenggarakan pada bulan November 2021, dan memperoleh prestasi terbaik pada event tersebut, sebagaimana tahun lalu juga berhasil dimenangkan oleh tim dari Prodi Akuntansi UII.

“Keberhasilan memenangkan kompetisi nasional ini menunjukkan di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, mahasiswa Prodi Akuntansi UII tetap mampu berprestasi, dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Isti Rahayu.

Lebih lanjut Isti Rahayu menjelaskan bahwa MonsoonSIM merupakan game simulasi bisnis, sebuah platform pembelajaran berbasis experient dengan menggunakan artificial intelligent yang dipergunakan Prodi Akuntansi UII sebagai salah satu alat untuk belajar bisnis. 

Dengan pembelajaran berbasis game, maka mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori namun juga memiliki kesempatan mengeksplore, serta bereksperimen menjalankan bisnis. Keberhasilan tim memenangkan kompetisi sangat didukung oleh kompetensi ERP yang mereka miliki.

“Untuk memberikan pemahaman ERP yang saat ini dipergunakan di hampir semua perusahaan, prodi akuntansi UII mengajarkan mata kuliah berbasis SAP dalam kurikulum, dan para alumni Prodi Akuntansi UII saat ini banyak yang memilih profesi di bidang teknologi sebagai konsultan SAP,” ungkap Isti Rahayu.

MonsoonSIM Indonesia akan mengirimkan 5 Tim juara untuk mengikuti MERM e-Competition International Final 2021 pada bulan November mendatang yang akan diikuti oleh tim dari beberapa negara seperti Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, Philippines, Hong Kong, dan Australia.

Dalam memilih perwakilan tim untuk dikirim kompetisi tingkat nasional, Prodi Akuntansi UII sendiri melaksanakan kompetisi internal melalui ERP Competence Center. 

Dalam kompetisi ini, mahasiswa bebas menentukan tim sendiri dengan ketentuan anggota berjumlah 5 orang dalam satu tim. Kemudian didapatkan 2 tim terbaik untuk mewakili UII dalam Kompetisi Monsoon SIM Enterprise Resource Management Competition (MERMC) 2021.

Waktu persiapan yang dilakukan sebelum kompetisi kurang lebih selama 9 bulan dan dilakukan secara daring, dimulai sejak bulan Desember tahun 2020. Valdo Manggiri Alani, perwakilan Tim mahasiswa Akuntansi FBE UII menjelaskan bagaimana proses latihan yang dihadapi olehnya dan anggota tim.

“Saat latihan kami sering ditegur dinasihati sampai dimarahin juga karna masih banyak kesalahan sebelum lomba oleh coach. Hal itu juga yang membuat kita makin semangat buat latihan terus, karena menjadi juara di tingkat internasional adalah target dari tim kita,” ujar valdo Valdo Manggiri.

Dalam perjalanannya, mahasiswa Akuntansi UII sudah berkali-kali memenangkan kompetisi ERP tingkat dunia. Seperti pada tahun 2017 menjadi Juara 1 World Champion ERP-SIM yang diikuti oleh berbagai universitas di dunia, seperti University of Melbourne (Australia), Dalhousie University (Kanada), University of Arkansas (Amerika Serikat), dan Northwest University (China).

Selain itu, Akuntansi UII juga kembali mendominasi di ajang ERPsim SAP Asia Pacific Japan (APJ) Cup 2018 dengan memborong juara 1 dan 2 the ERPsim SAP APJ Cup 2018, Juara Runner Up MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition (ERMC) International Grand Final 2019 di Hong Kong, Juara 1 MonsoonSIM Enterprise Resource Management Competition (ERMC) International Grand Final 2020, dan terbaru berhasil menjadi Juara 1 ERPsim Competition Asia Pasific Japan Cup 2020.


Sumber: uii.ac.id

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »