Andi Tri Haryono Co-Founder of HeyLaw Berbagi Tips Menulis Opini di Media Massa dalam Acara Griya Riset Indonesia

 



Campusnesia.co.id - Griya Riset Indonesia (GRI) kembali menggelar pelatihan menulis, kali ini berupa kelas opini yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu, (23/10/2021).

Kegiatan ini menghadirkan trainer yang kompeten dalam bidang penulisan opini, Andi Tri Haryono Co-Founder of HeyLaw. Turut hadir dalam diskusi, Pendiri dan Direktur Griya Riset Indonesia, Ma’as Shobirin dan Amrizarois Ismail.

Trainer Andi Tri Haryono mengawali diskusi dengan menjelaskan profil HeyLaw dan buku yang dikarangnya dan memaparkan pentingnya menulis. 

Ia mengutip kalimat dari Miguel de Cerventes the pen is the tongue of the mind (pena adalah lidah dari pikiran). Menurutnya menulis harus diawali dengan membaca; membaca tulisan dan membaca fenomena.

Andi mendefinisikan, opini merupakan jenis tulisan yang berisi gagasan, ulasan, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat dan ditulis dengan bahasa ilmiah populer. Opini bisa disampaikan dalam bentuk narasi, eksposisi, deskripsi dan argumentasi. 

“Menulis opini juga harus disertai data, cara mendapatkan data bisa dari kutipan pakar, dari referensi tulisan sebelumnya yang temanya sama, atau bisa dengan melakukan riset sendiri dengan melakukan wawancara atau obeservasi. Karena menulis opini tanpa data sama seperti pohon tanpa akar, akan mudah ditumbangkan.” jelas Pendiri Pendekarsiber itu.

Pria kelahiran Tegal itu memberikan tips menulis di media massa. Diantaranya harus memperhatikan topik aktual, arah media, jumlah kata, kejutan argumen atau terdapat kebaruan (kontroversial-solutif), referensi jelas, efisiensi dan efektifitas paragraf, dan judul yang menarik. 

“Menuliskan opini jangan hanya berisi kritik yang kontroversional, tapi juga harus memberikan problem solving.” jelasnya. 

Ia mengakhiri penjelasan dengan memberikan contoh-contoh tulisannya yang dimuat di media massa. Program gerakan sosial akademi riset dan penulisan Griya Riset Indonesia (GRI) berjalan dengan lancar dan kondusif. Peserta diharap tetap menjalin komunikasi yang baik dengan antar peserta.


Penulis: Afifatun Ni'mah
Editor: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon