Alur Cerita dan Review The Queen's Gambit serial Original Netflix tentang Catur

 


Campusnesia.co.id - Pekan lalu saya baru saya menyelesaikan sebuah mini seri original Netflix berjudul The Queen's Gambit. Tak butuh waktu lama karena hanya berjumlah 7 episode dengan durasi 46-47 menit khas Netflix.

Sebenarnya sudah tayang sejak 23 Oktober 2020 lalu, namun baru punya kesempatan nonton setahun berikutnya menunggu hypenya turun dulu agar bisa menikmati.

Serial ini bercerita tentang Catur, sebelum masuk ke pembahasan mungkin ada yang bertanya kenapa Catur masuk kategori Olahraga?

Jawabannya karena Catur adalah olahraga yang tergolong dalam kegiatan yang melatih otak. 

7 Alasan Kenapa Catur Dianggap sebagai Cabang Olahraga1. Catur adalah permainan yang kompetitif, 2. Catur menuntut kebugaran tubuh, 3. Catur membutuhkan keterampilan, 4. Catur punya peraturan dan etika, 5. Catur punya peraturan soal doping, 6. Catur telah diakui sebagai olahraga, dan 7. Catur memiliki sistem peringkat.

Dalam permainan catur, otak adalah yang memegang peran paling penting daripada anggota tubuh lainnya. Otak akan membutuhkan energi yang tak sedikit ketika sedang bermain catur. Selain itu, otak juga akan terus-menerus berkonsentrasi untuk menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya.

The Queen's Gambit merupakan sebuah mini seri yang diangkat dari novel karya Walter Tevis dengan judul yang sama. 

Dibintangi oleh Anya Taylor-Joy bersama Marielle Heller, Thomas Brodie-Sangster, Moses Ingram, Harry Melling, dan Bill Camp. Sutradara mini seri ini adalah Scott Frank yang juga bertindak sebagai produser dan penulis.

Mini seri ini bercerita tentang perjalanan Beth Harmon  diperankan oleh Anya Taylor Joy dari seorang yatim piatu hingga menjadi pecatur perempuan terbaik dunia. Beth Harmon dikisahkan juga berjuang melawan trauma masa lalu ketika ibunya memutuskan mengakhiri hidup. Beth Harmon tumbuh menjadi wanita yang ketergantungan obat dan alkohol.

The Queen's Gambit menjadi seri terbatas yang paling banyak ditonton di Netflix, setidaknya ada 62 juta akun anggota yang menyaksikan tayangan tersebut dalam 28 hari pertama.

Sinopsis The Queen's Gambit
The Queen's Gambit mengisahkan kehidupan seorang anak yatim piatu jenius catur, Beth Harmon, dalam usahanya menjadi pemain catur terhebat di dunia. 

Di sisi lain dia juga berjuang mengatasi masalah emosional dan ketergantungan obat dan alkohol. Judul mini seri ini mengacu pada pembukaan catur dari nama yang sama. Latar waktu cerita dimulai pada pertengahan 1950-an dan berlanjut hingga 1960-an.

Cerita dimulai di Lexington, Kentucky, di mana Beth yang berusia sembilan tahun, setelah kehilangan ibunya dalam kecelakaan mobil, dibawa ke panti asuhan. Di panti asuhan Beth tidak sengaja bertemu Mr. Shaibel penjaga gedung yang tengah bermain catur. 

Pada tahun itu, hal lumrah bagi panti asuhan memberikan pil penenang setiap hari yang bertujuan agar anak lebih penurut. Beth memiliki keterampilan visualisasi yang ia tingkatkan dengan obat penenang di malam hari menjelang tidur, yang akhirnya membuat dia mengalami kecanduan.

Beberapa tahun kemudian, Beth diadopsi oleh Alma Wheatley dan suaminya dari Lexington. Saat dia beradaptasi dengan rumah barunya, Beth mengikuti turnamen catur dan menang. 

Padahal sebelumnya dia belum pernah mengikuti kejuaraan catur dan tidak mempunyai peringkat. Ia kemudian menjalin hubungan persahabatan dengan beberapa orang mantan juara yang berhasil ia kalahkan seperti Harry Beltik; Ahli catur berbakat tapi sombong, Benny Watts, dan jurnalis yang juga sesama pemain DL Townes. 

Saat Beth terus memenangkan pertandingan dan menuai keuntungan finansial dari kesuksesannya, dia menjadi lebih bergantung pada alkohol dan obat-obatan lain. Beth berambisi menjadi juara dunia dan mengalahkan jawara bertahan dari Rusia, Vasily Borgov.


Pemeran dan karakter The Queen's Gambit

Anya Taylor-Joy sebagai Beth Harmon, seorang yatim piatu yang tumbuh di panti asuhan menjadi dewasa muda yang kompetitif didorong oleh keinginan untuk menjadi pemain catur terhebat di dunia. Ia ketergantungan pada obat-obatan dan alkohol. Beth muda diperankan oleh Isla Johnston, Beth yang berusia lima tahun diperankan oleh Annabeth Kelly.

Bill Camp sebagai Tn. Shaibel, penjaga di Rumah Methuen dan pemain catur berpengalaman yang mengajari Beth cara bermain catur.

Moses Ingram sebagai Jolene, seorang gadis remaja pemberontak di Rumah Methuen yang menjadi teman masa kecil dan terdekat Beth. Jolene mengajarkan Beth untuk minum pil penenang saat malam hari.

Christiane Seidel sebagai Helen Deardorff, direktur Rumah Methuen. Rebecca Root sebagai Miss Lonsdale, pendeta dan direktur paduan suara di Rumah Methuen.

Chloe Pirrie sebagai Alice Harmon, almarhum ibu Beth yang memperoleh gelar Ph.D. dalam matematika di Cornell University sebelum mengalami penurunan kesehatan mental.

Akemnji Ndifornyen sebagai Mr. Fergusson, petugas di Rumah Methuen, yang bertugas mengelola pil yang diamanatkan negara untuk para gadis.

Marielle Heller sebagai Alma Wheatley, yang bersama suaminya Allston mengadopsi Beth sebagai remaja muda dan kemudian bertindak sebagai manajer Beth. Anak kandung Alma meninggal beberapa saat sebelum Beth diadopsi, Alma juga meminum obat penenang yang biasa diminum oleh Beth. Beth secara sembunyi-sembunyi mengambil pil milik Alma.

Harry Melling sebagai Harry Beltik, pemain juara yang dikalahkan Beth di turnamen pertamanya dan kemudian menjadi temannya. Patrick Kennedy sebagai Allston Wheatley, suami Alma dan ayah angkat Beth.

Jacob Fortune-Lloyd sebagai Townes, sesama pecatur yang ditemui Beth ketika turnamen pertamanya. Beth jatuh cinta padanya.

Thomas Brodie-Sangster sebagai Benny Watts merupakan juara catur Amerika Serikat dan salah satu pesaing Beth yang paling menantang, yang kemudian menjadi mentor sekaligus teman.

Marcin Dorociński sebagai Vasily Borgov, pemain catur juara dunia Soviet-Rusia dan pesaing terkuat Beth.


Poster The Queen's Gambit






Trailer The Queen's Gambit



Review The Queen's Gambit
Sebelum memulai review disclaimer dulu bahwa serial netflx ini mengandung konten dewasa seperti minum-minuman, mabuk hingga adegan dewasa, bagi yang tidak berkenan dengan konten seperti ini tidak disarankan nonton.

Beth Harmon menjadi yatim piatu saat usianya lima tahu dan hidup bersama anak yatim yang lain di sebuah panti asuhan.

Ia berjumpa dengan tukang kebuh bernama Tn. Shaibel yang sedang bermain catur sendirian, inilah kali pertama gadis belia tersebut melihat dan jatuh cinta dengan catur.

Alih-alih tema catur sebagai olahraga, saya lebih suka menyebut drama ini sebagai mini seri yang mengangkat kisah anak genius yang dalam pikirannya mampu mengolah data dan kemungkinan dalam awang-awang, that why Beth Hormon jago main catur karena lebih imajinatif daripada lawan-lawanya.

Sepanjang 7 episode saya menikmati bagaiman perjuangan Beth Harmon dari pertandingan ke pertandingan berikutnya, mengalahkan pemain catuur senior hingga grand master.

Dukungan dan manajerial sang ibu angkat juga menarik dan berperan penting dalam perjalanan karir Beth Harmon.

Hal minor yang mengganggu adalah hobinya minum dan konsumsi obat penenang, walau ini jadi sisi manusiawi bukan terkesan dibuat superpower.

Untunglah menjelang akhir, pesan positif dibubuhkan, bagaimana beth harmon menyadari kebiasaannya minum dan tergantung pada obat penenang, awalnya ia menyangka penyebab ia jenius dan fokus karena pengaruh minuman dan obat ternyata tidak akhirnya bisa lepas dari ketergantungan.

Goals dari mini seri ini juga jelas, mengalahkan grand master catur Vasily Borgov, pemain catur juara dunia Soviet-Rusia dan pesaing terkuat Beth.

Butuh beberapa kali pertandingan hingga akhirnya finalnya Beth bisa menang, pelajaran juga tentang kerjasama tim.

Secara keseluruhan serial netflix Queen's Gambit rekomended untuk ditonton, apalagi buat sobat yang suka main catur, banyak teori dalam permainan catur yang disebut dan bisa dipelajari, bagi yang paham mungkin bakal banyak inspirasi strategi baru dalam bermain catur.

Siapa tahu bisa mengikuti jejak "dewa kipas" dan berkesempatan bermain melawan grand master Irene Kharisma Sukandar.
  

7 Fakta Menarik seputar Serial Netflix The Queen's Gambit

1. Gagal Diangkat ke Layar Lebar
2. Anya Taylor-Joy Langsung Kepincut Tapa Melihat Naskah
3. Benny Watts Berdasarkan Pemain Catur Legendaris
4. Nyaris Melibatkan Grandmaster Sungguhan
5. Skenario Asli Permainan Catur
6. Kecepatan Sungguhan Pemainan Catur
7. Kostum Beth Terinspirasi Catur


Bagi sobat yang mau nonton serial The Queen's Gambit subs indo secara legal langsung saja ke Netflix klik di sini.



Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »