Rekomendasi 7 Menu Sarapan yang Bisa Kamu Coba di Daerah Tembalang Semarang

 



Campusnesia.co.id - Mengutip WikipediaSarapan atau makan pagi adalah keadaan untuk mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 11.00 pagi. 

Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Buat sobat Campusnesia yang pelajar, mahasiswa apalagi yang sudah kerja, sarapan jadi sangat penting mengingat manfaatnya, diantaranya: 

1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit
Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. 

Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

Manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi tak hanya itu saja. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.

2. Membantu lebih fokus
Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat Anda lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Jika Anda tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir Anda bisa menurun.

3. Membantu menurunkan berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Sarapan juga baik untuk mendukung program diet agar Anda bisa cepat kurus. 

Dengan sarapan, Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. 

Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, maka Anda akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan.

4. Membantu Meningkatkan mood
Jika hari ini Anda merasa lebih mudah kesal atau marah, coba cek apakah Anda sudah sarapan atau belum? Jika belum, bisa jadi ini disebabkan karena perut lapar. 

Agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

5. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. 

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Nah sekarang kita masuk pembahasan, rekomendasi menu sarapan di Tembalang Semarang.

Seperti yang kita ketahui bersama, Tembalang sebagai sebuah kelurahan berpenduduk banyak karena kedatangan perantau dan mahasiswa, hal ini menjadikan setidaknya kita punya banyak pilihan menu untuk sarapan.

Buat sobat campusnesia yang di tembalang, berikut rekomendasi menu sarapan yang bisa sobat nikmati.

1. Warteg
Warung makan asal Tegal ini bisa jadi alternatif menu sarapan, selain harga yang tentunya ramah dengan kantong mahasiswa, dari sisi menu dan nutrisi warteg bisa dibilang variatif dan komplit.

Hanya dengan 10-20 ribu, sobat sudah bisa sarapan dengan menu nasi, sayur, lauk pauk dan minuman baik hangat maupun dingin sudah termasuk di dalamnya komposisi karbohidrat, serat dan protein yang dubutuhkan tubuh.

2. Bubur Ayam
Menu yang sering diperdebatkan oleh dua kubu yaitu diaduk dan tidak diaduk, gak penting sih yang lebih penting adalah jangan lupa sarapan.

Warung bubur ayam juga mudah ditemukan di daerah Tembalang Semarang, buat yang males nguyah cocok nih, sudah dapat karbohidrat dna protein juga, yang suka bisa nambah toping sate usus atau telur puyuh.

3. Nasi Uduk
Buat yang males dengan dua menu di atas karena mungkin porsinya kebanyakan, bisa cobain nasi uduk yang umumnya secara porsi lebih sedikit.

Raya asin gurih nasi uduk, dengan lauk orek tempe kering, sambel goreng, kerupuk dan beberapa pilihan toping seperti gorengan dll nikmat banget mengawali hari-harimu.

Jangan lupa teh angetnya, hmmm maknyuss.

4. Pecel
Pilihan sehat dengan komposisi lebih banyak sayurnya ketimbang karbohidrat dan protein.

Di tembalang ada beberapa jenis warung pecel, khas semarang dengan rasa cenderung asin. 

Porsi besar, sambel kacang lebih kasar dan cair, di dalamnya tidak hanya sayur mayur tapi juga mie dan gorengan.

Jenis lain ada pecel dengan bumbu yang lebih halus dan pekat dan rasa yang cenderung manis, ini favorit saya.

5. Nasi Ayam
Nasi ayam ini sebanarnya nasi dengan sayur labu, kuah mirip opor dan suwiran daging ayam. satu kata, enak!

6. Lontong Sayur dan Ketoprak
Kenapa saya jadikan satu nomer, karen umumnya penjual Ketoprak juga penjual Lontong sayur.

Buat yang malem makan nasi, ketoprak bisa jadi pilihan, sebenarnya sama saja sih, lontong ya asalnya dari beras juga namun lebih solid.

Ketoprak adalah menu ketupat yang disajikan dengan bumbu pecel, ditambah telur dadar, bihun dan irisan tahu goreng. Mirip dengan lontong pecel di daerah pati, bedanya lontong pecel gak pake telur.

Sedang lontong sayur, umumnya potongan lontong atau ketupat dengan kuah sayur labu, tahu dan telur bulet.

7. Bubur Kacang Hijau
Rekomendasi untuk sobat yang enggan menyantap menu berat di pagi hari, bubur kacang hijau dengan segala kebaikannya sebagai biji-bijian bisa jadi alternatif mengisi perut di awal hari.

Seperti namanya, bubur kacang hijau bisa didapati di warung-warung Burjo dan Warmindo.

8. Bolang-baling
Sempat viral dengan nama Odading, menu sarapan ini agak gak lazim, untuk sobat campusnesia yang enggan makan nasi layak dicoba nih.


Dampak Melewatkan Sarapan
Ojo lali sarapan lur, menurut penelitian, University of Iowa yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology dijelaskan bahwa sarapan secara signifikan dikaitkan dengan peningkatan resiko kematian terkait kardiovaskular, terutama kematian akibat jantung dan stroke. 

Penelitian ini melibatkan beberapa kriteria seperti usia seseorang, jenis kelamin, status sosial ekonomi, pola makan, gaya hidup, indeks massa tubuh dan dan status penyakit. 

Setelah menganalisa, para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidak pernah sarapan memiliki resiko 87 persen lebih tinggi terhadap kematian karena kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang sarapan setiap hari. 

Ada beberapa faktor resiko kardiovaskular, misalnya diabetes, hipertensi dan kelainan lipid. Temuan ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang secara konsisten menunjukkan bahwa melewatkan sarapan terkait dengan faktor-faktor risiko kuat untuk kematian kardiovaskular.

Orang yang tidak sarapan cenderung lebih mudah tersinggung. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Physiological Behavior pada 1999 menemukan, seseorang yang rutin sarapan cenderung memiliki suasana hati yang lebih positif dan lebih tenang menjalani aktivitas sehari-hari.

Studi lain dari Harvard juga menemukan, bahwa wanita yang secara teratur tidak sarapan memiliki peningkatan risiko 20% terkena diabetes tipe 2. Dengan kosongnya perut lalu tiba-tiba makan banyak, tubuh mengalami resistensi insulin.

Nutrisi yang tidak memadai mempengaruhi perkembangan intelektual bayi dan anak-anak. 

Sebuah studi kecil tahun 2005 yang diterbitkan dalam jurnal Psychology and Behavior, dilansir dari Business Insider menemukan bahwa anak-anak sekolah dasar yang rutin sarapan oatmeal memiliki memori jangka pendek yang lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan. 

Dilansir dari Live Strong, The University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa seorang anak yang tidak sarapan akan lebih cepat lelah saat di sekolah, tidak mampu berkonsentrasi, dan kehilangan banyak kesempatan untuk mendapatkan stimulasi kognitif. 

Kekurangan zat besi, yodium, dan protein dalam diet anak mengacu pada IQ yang lebih rendah, menurut laporan dari Iowa State University. Selain itu, gizi buruk mengarah pada penurunan rentang perhatian, gangguan memori, kecenderungan untuk terdistraksi, dan memperlambat kecepatan belajar.


Itu tadi sobat Campusnesia, Rekomendasi 7 Menu Sarapan yang bisa kamu coba di daerah Tembalang Semarang

Mana menu favorit kalian? usahakan jangan sering-sering makan mie instan ya, kesehatanmu lho. semoga bermanfaat.


penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »