Daftar Rumus Excel Populer Terlengkap untuk Menunjang Tugas Sekolah, Kuliah dan Pekerjaanmu

 



Campusnesia.co.id - Hai sobat Capusnesia, penggunaan Microsoft Words maupun Excel bisa menjadi aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. 

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyebut dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus Excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan. 

Sama seperti Microsoft Word, apapun jurusan kuliah yang kamu ambil atau jenis pekerjaan yang akan kamu geluti setelah lulus, kemampuan dasar menggunakan Excel kini perlu dikuasai oleh para mahasiswa karena dapat memudahkan proses belajar, berhitung, bahkan digunakan saat masuk ke dunia kerja.

Formula dan function-nya yang terbilang cukup mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun, membuat excel kerap kali dijadikan alat pembuatan laporan baik itu dalam bentuk sederhana ataupun dalam bentuk yang lebih kompleks. 

Mulai dari penjumlahan sederhana, menghitung anggaran, membuat tabel, semua bisa dilakukan menggunakan Excel. Berikut beberapa Rumus Excel yang sering digunakan dalam dunia kerja yang perlu mahasiswa kuasai:

1. SUM 
SUM adalah fungsi penjumlahan dengan menambahkan kolom atau baris yang dipilih atau mengetiknya langsung dalam kolom formula. Rumus Excel SUM diawali dengan tanda sama dengan, diikuti SUM, dan isi angka, kolom, atau baris yang ingin ditambah.

Contoh: =SUM(45+34) akan menjumlahkan angka 45 dan 34 untuk menghasilkan angka 79.

2. AVERAGE 
AVERAGE adalah fungsi perhitungan rata-rata. Fungsi ini dapat digunakan pada angka, kolom, maupun baris.

Contoh: =AVERAGE(89, 76, 90) akan menjumlahkan 89+76+90 dan dibagi 3 untuk menghasilkan nilai rata-rata 85.

3. COUNT 
Fungsi COUNT menghitung semua sel dalam rentang tertentu yang hanya berisi nilai numerik. Contoh: =COUNT(A1:A20) akan menghitung angka dalam rentang A1:A20

4. MEDIAN 
MEDIAN adalah fungsi untuk menemukan nilai tengah dari suatu data. Rumusnya adalah =MEDIAN(cell range) Contoh =MEDIAN(B2:B9) akan menghitung nilai tengah dari kolom B2 hingga B9.

5. MAX 
MAX adalah fungsi untuk menemukan nilai terbesar dari suatu data. Rumusnya adalah =MAX(cell range).

Contoh: =MAX(B2:B9) akan menghitung nilai tertinggi dari kolom B2 hingga B9.

6. MIN 
Berfungsi untuk menemukan nilai terendah dari suatu data. Rumusnya adalah =MIN(cell range). Contoh: =MAX(B2:B9) akan menghitung nilai terendah dari kolom B2 hingga B9.

7. CONCATENATE 
CONCATENATE berfungsi untuk menggabungkan data antar kolom. 
Rumusnya adalah =CONCATENATE(cell range). 

Contoh: =CONCATENATE(B2, B9) akan menggabungkan data kolom B2 dan B9. 

8. PRODUCT 
Berfungsi untuk melakukan perkalian sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya adalah : =PRODUCT(number1, number2,….) Contoh : =PRODUCT(B2, B9) akan mengalikan nilai pada kolom B2 dan B9.

9. ROUND 
Berfungsi untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu. Bentuk penulisannya adalah =ROUND(number,num_digits) 

Contoh: =ROUND(123.4567,1) akan menghasilkan pembulatan satu angka dibelakang koma yaitu 123.5 

10. SQRT 
Berfungsi untuk menghasilkan suatu nilai akar kuadrat dari suatu bilangan. 
Bentuk penulisannya adalah =SQRT(number) 
Contoh: =SQRT(9) akan menghasilkan angka 3 yaitu akar dari 9.

11. POWER 
Berfungsi untuk menghasilkan suatu bilangan yang dipangkatkan. Bentuk penulisannya adalah =POWER(number,power) 

Contoh: =POWER(6,2) akan menghasilkan hasil 6 pangkat 2 yaitu 36. 

12. LEN 
Berfungsi untuk menghitung jumlah karakter huruf atau angka dalam suatu sel. Penulisannya adalah =LEN(cell range).

Contoh: Pada kolom A1 terdapat teks "Bumi merupakan salah satu dari 8 planet yang berada dalam sistem Tata Surya" maka dengan rumus =LEN(A1) hasilnya akan menghitung jumlah karakter dalam kolom A1 yaitu berjumlah 75 karakter.

13. SUMSQ 
Berfungsi untuk menjumlahkan hasil pangkat dua dari tiap value. Bentuk penulisannya adalah : =SUMSQ(number1,number2,…) 
Contoh: =SUMSQ(3,4) akan menghasilkan jumlah dari 3 kuadrat dan 4 kuadrat yaitu 25. 

14. COUNTA 
COUNTA mengidentifikasi apakah suatu sel kosong atau tidak. Dalam pengolahan data Anda mungkin menemukan kumpulan data yang tidak lengkap. 

COUNTA memungkinkan Anda untuk mengevaluasi sel kosong yang mungkin terdapat dalam kumpulan data tanpa harus mengatur ulang data. Penulisannya adalah =COUNTA(select cell)

15. PROPER 
Berfungsi untuk menjadikan huruf besar untuk huruf pertama dalam teks dan mengubah huruf-huruf lain menjadi kecil. 

Contoh: Jika sel A1 berisi teks "bangsa indonesia", gunakan fungsi =PROPER(A1) untuk mengubah teks menjadi "Bangsa Indonesia" 

16. LOOKUP 
Berfungsi untuk mencari data pada suatu tabel 

A. VLOOKUP Fungsi Vlookup ini digunakan untuk mencari data secara vertikal (tegak). Bentuk penulisannya adalah =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

B. HLOOKUP 
Fungsi Hlookup ini digunakan untuk mencari data secara horizontal (mendatar). Bentuk penulisannya adalah =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

17. IF 
Rumus IF diatur untuk memberikan pernyataan benar atau salah setelah perhitungan dilakukan. 

Dengan pernyataan IF, Anda dapat menambahkan beberapa data untuk menghasilkan hasil yang berbeda. 

Contoh 1: 
Di sel kosong mana pun, ketik: =IF(D1<=100, “True”, “False”) Tekan tombol Enter untuk menjalankan rumus. 

Hasilnya adalah memberi perintah bahwa jika angka di sel D1 kurang dari atau sama dengan 100, maka tampilkan benar. Tampilkan salah jika angka di D1 lebih besar dari 100.

Contoh 2: 
Di sel kosong mana pun, ketik: =IF(AND(D1<100,D2<=300), "Yes", "No") Hasilnya adalah jika D1 lebih besar dari 100 dan D2 lebih besar dari atau sama dengan 300, maka “Ya.” 

18. CHOOSE
Rumus CHOOSE berguna untuk mengambil nilai dari suatu tabel data. Penggunaannya juga cukup simple. 


19. MATCH
Rumus MATCH punya banyak fungsi. Untuk mempermudah penjelasan, mari kita lihat fungsinya yang paling sederhana.

Jadi, rumus MATCH dapat digunakan untuk menemukan data pada baris tertentu. 

20. CEILING
Rumus CEILING berfungsi untuk membulatkan angka (kelipatan sepuluh) ke angka atas terdekat.

21. FLOOR
FLOOR adalah kebalikan dari rumus CEILING. Karena, rumus ini akan membulatkan angka (kelipatan sepuluh) ke angka bawah terdekat. 



Itu tadi sobat Campusnesia, beberapa rumus excel yang sering digunakan dalam dunia sekolah, kuliah dan pekerjaan, masih banyak rumus-rumus dan shortcut excel lainnya yang juga perlu banget sobat kuasai untuk memudahkan pekerjaan, akan kita update di kesempatan yang lain, semoga bermanfaat.

sumber: 
katadata.co.id
kompas.com

====
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »