4 Life Hack, Masak Darurat ala Anak Kost

 


Campusnesia.co.id - Dalam terminologi kamus perjuangan hidup, anak kos adalah istilah yang menggambarkan kesederhaan, perjuangan, keprihatinan, dan tak jarang bermakna menyedihkan.

Anggapan tersebut tidak muncul tiba-tiba, mungkin anak kos jaman sekarang kurang bisa relate karena fasilitas dan support financial yang memadai, kostan kamar mandi dalam, ber-ac, wifi gratis unlimited, lapar tinggal gofood, mau pergi tinggal pesan ojek online, baju kotor tinggal loundry, uang habis tinggal kirim pesan "P" dalam sekejab mobile bangkin berdering tanda rekening tak lagi kering.

Bayangin, segala kemudahan di atas tak pernah dicecap oleh anak kost jaman dahulu, sekalipun anak orang kaya, kiriman uang juga harus nunggu dulu beberapa hari pak Pos datang nganter Wesel Pos dan harus ke kantor pos mencairkannya, jangan lupa bawa KTP dan nomer PIN kalau enggak gak bakal cair.

Kosan paling paling pake kipas angin, masak sendiri pake rice cooker, jalan kaki ke kampus, internetan wajib ke warnet.

Maka skill bertahan hidup terutama anak kos dengan dukungan keuangan seadanya bahkan yang harus hidup mandiri di tanah rantau adalah hal yang wajib hukumnnya.

Hal paling mendasar adalah makan dan minum, dalam banyak keterbatasan anak kos yang uang sakunya pas-pasnya kayaknya kudu punya beberapa keterampilan di bawah ini.

1. Masak Mie, Bikin Kopi pake Teko Listrik
Versi murahnya adalah teko bahan plastik, di bagian bawahnya ada alat pemanas dan menjulurkan kabel. Setelah sobat isi dengan air dan colokkan ke stop kontak dalam beberapa waktu air akan mulai panas dan mendidih, air panas ini bisa sobat gunakan untuk membuat minuman hangat sperti Kopi Sachet atau Energen dan sisanya gunakan untuk memanaskan mie instan dalam mangkok, jangan lupa atas mangkok tutup dengan piring agar panasnya tak segera menguap.


2. Masak Nasi dan Mie dengan Rice Cooker
Buat kalian yang terbiasanya menyebut alat ini dengan Magicom okelah, esensi subjek yang sedang kita bahas sama, sesuai namanya memang Magic alat satu ini, mungkin dulu keluar dari kantong ajaib doraemon, cukup dengan menaruh beras, air secukupnya dan menghubungkan dengan listrik, nasi mentah bakal jadi nasi siap santap, jadi curiga bidadari dalam kisah jaka tarub mungkin menggunakan alat yang sama karena menanak nasi tak perl api.

Rice Cooker ini selain sebagai alat menanak nasi juga bisa jadi alat merebus mie instan dan telur lho, yang mager ke dapur bersama kos-kosan, cukup di kamar sudah bisa menikmati indomie telur ala Aa' Burjo.

Tambahan info tentang tips variasi nasi yang dihasilkan bisa menggunakan takaran jari kita, Jika suka makan nasi yang atos atau keras maka air yang harus dimasukkan jumlahnya setingkat dengan pertengahan kolom pertama jari tengah. Kemudian, untuk kualitas nasi pulen, air yang ditambahkan takarannya ialah garis pertama jari tengah sobat.

Buat yang suka nasi menjadi bubur, maka air yang diperlukan levelnya adalah garis kedua jari tengah. Sementara itu, kalau sobat masukan air melebihi garis kedua jari tengah, dipastikan sobat nggak pernah masak nasi.

Catatan: takaran air ini dihitung dari lapisan paling atas nasi yang ada di kuali atau tempat memasakknya. Jadi, bukan takaran air yang ada di gelas yang kemudian dimasukkan ke tempat masak nasi.

Oh ya, nasi kotak dari seminar kampus dingin? hangatin dulu pake rice cooker.


3. Telur Dadar Setrika Baju
Yup Iron yang gak pake man ini tak hanya bisa sebagai alat membuat kemeja dan celana bahannmu klimis bak pegawai kantoran, tapi juga multifungsi sebagai alat penggoreng telur dadar.

Balik setrika maspionmu, letakkan alasnya di arah atas, colokkan kabel dayanya, tuangkan sedikit minyak, tunggu sampai panas merata, pecahkan telur yang sudah kami beli di warung depan gang secara perlahan, versi telur ceplok mata sapi lebih cocok dengan trik ini, saat telur mulai memutih dan Yolk yang bagian kuning itu mulai mengental percikan sedikit garam ala Salt Bae dan selamat telur dadarmu siap disantap, mantab.


4. Cemilan Telur Dadar Mini Kaleng Coca-Cola
Khusus yang ini, sobat butuh sedikit effort dan kreatifitas, gak ada salahnya dicoba saat uang menipis tapi pengin ngemil atau sekedar iseng mempraktekkan ide konyol tentang wajan mini dari porongan bagian bawah Can atau kaleng aluminium bekas minuman bersoda.

Gunakan api kecil, karena kalau pake kompos jelas terlalu besar bikin gosong, nyalakan saja lilin putihmu yang biasa digunakan sebagai emergency lamp saat PLN tiba-tiba mati tanpa mengabari.

Jangan lupa teteskan sedikit minyak goreng, tuangkan sedikit saja telur kocok dengan sendok, setelah matang tiriskan dan nikmati hasil kreatifity mu. iseng banget gak sih, tapi siapa tahu berguna kedepannya.

Woke sobat Kos yang senasib sepenanggungan, sementara itu dulu 4 Life Hack, Masak Darurat ala Anak Kost, kalau ada perkembangan nanti kita update, semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »