11 Mata Pelajaran Unik dan Mata Kuliah Aneh serta Ora Umum yang Ternyata Ada di Dunia Nyata

 




Campusnesia.co.id - Pada tahun 2017, Presiden Joko Widodo pernah mengusulkan agar perguruan tinggi menyiapkan sejumlah jurusan yang dapat beradaptasi dengan teknologi, di antaranya adalah jurusan toko online hingga meme.

Usul Presiden Jokowi ini disampaikan dalam sambutannya pada Upacara Dies Natalis ke-60 Universitas Diponegoro Semarang di Stadion Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang pada Selasa (17/10).

Acara tersebut dihadiri Rektor Universitas Diponegoro Prof. DR. Yas Johan Utama serta sekitar 8.000 mahasiswa baru Universitas Diponegoro.

Kala itu respon warganet beragam dari yang sekedar senyum, tertawa hingga mengarah ke nyinyir menyepelekan ide pak Jokowi. Namun, jika coba kita renungi, ide beliau unik dan menarik dan perlu disikapi dengan serius.

Seiring perkembangan jaman, lembaga pendidikan perlu terbuka pada perkembangan kebutuhan kehidupan di lapangan sehingga ilmu yang dipelajari relevan dengan kenyataan.

Sebagai institusi akademis, bisa melakukan kajian dan penelitian serius untuk ngulik potensi jurusan dan fakultas nyentrik yang selama ini mungkin tidak pernah terpikirkan barang sedetik.

Sebagai referensi fiksi, mundur ke tahun 2006 ada sebuah film komedi berjudul Accepted,  disutradarai oleh Steve Pink dan ditulis oleh Adam Cooper, Bill Kolase, dan Mark Perez. 

Bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang gagal masuk PTN favorit dan memutuskan membuat kampus, fakultas, jurusan serta mata kuliah sendiri berdasarkan apa yang ingin mereka pelajari.

Dalam kehidupan nyata, metode belajar yang belakangan dikenal dengan konsep Merdeka dalam Belajar, sudah dipraktekkan oleh Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga dan DOES University besutan vokalis dan bassis Endank Soekamti mas Erix Soekamti.

Ngomong-ngomong soal pelajaran dan mata kuliah yang tak biasa, penulis punya pengalaman ketika duduk di bangku SMA ada pelajaran Bahasa Prancis, ketika praktik listening kami diajak menonton film Yamakasi yang berkisah tentang sekelompok orang pecinta olahraga Parkour.

Dan ternyata, di dunia ini banyak loh, mata pelajaran dan mata kuliah yang tidak biasa atau terkesan aneh, namun dengan serius dipelajari di kelas dari sudut pandang akademis.

Untuk sobat campusnesia yang sekarang merasa aneh dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang kalian pelajari, jangan buru-buru menyimpulkan sebelum baca daftar mata pelajaran dan mata kuliah tidak biasa di bawah ini.


1. Buang Waktu di Internet
Mahasiswanya diberi tugas menjelajahi media sosial dan memahami perbincangan yang sedang terjadi, semacam trending topik kali ya.

Mata kuliah ini ada di salah satu kampus bergengsi di AS yaitu Universitas Pennsylvania khusus peminatan Penulisan Kreatif, jurusan Sastra dan Bahasa Inggris.


2. Desain dan Teknik Tata Cahaya Hiburan
Jika sobat terpesona dengan kerlap-kerlip indahnya lampu dan cahaya di panggung konser, tv dll ternyata ada kelas khusus yang bahas ini di University of Nevada LV.


3. Ilmu Pasang dan Potong Rumput Lapangan
Tidak hanya potong rambut manusia yang perlu kelas khusus, menata dan memotong rumput lapangan untuk olahraga juga perlu dipelajari secara serius, nama mata kuliahnya Turfgrass Science bisa sobat pelajari di  Penn State University.


4. Bertahan Hidup dalam Bencana Zombie
Buat penggemar series The Walking Dead dan drama korea The Kingdom kalian musti masuk kelas Surviving the Zombie Apocalypse yang diajarkan di Michigan State University.


5. Ilmu Selancar 
Ada yang ujug-ujug pengin belajar berselancar di deburan ombak setelah lihat gantengnya pak Hong di drama korea Hometown Cha-cha-cha? coba ambil mata kuliah Ilmu Berselancar di Prendiville College Australia.


6. Kelas Fisika dan Filsafat Star Trek 
Jika ada sebuah series dan film dengan konten penuh science fiction, series dan film itu adalah Star Trek, pesawat kecepatan cahaya, teknologi teleportasi, senjata laser beam, alat penerjemah bahasa universal, bukan hanya bahasa makhluk bumi tapi seisi galaxy, belakangan dalam series Star Trek Discovery bahkan mengangkat tema perjalanan waktu dan Multiverse.

Minat mempelajari semua ilmu fisika dalam series Star trek? kamu perlu mendaftar ke Santa Clara University.

Enggan berhubungan dengan hitung-hitungan matamatis ilmu fisika? altenatifnya bisa mengkaji Star Trek dari sudut pandang Filsafat, kita tahu Star Trek lekat dengan jalan cerita penuh intrik politik dan falsafah kehidupan antar dimensi yang rumit, mata kuliah ini dipelajari di Georgetown University.


7. Ilmu Jedi Star Wars
"May the force be with you" yang mau jadi penerus Luke Skywalker bisa masuk My Queen’s University Belfast dan pilih jurusan Ilmu Jedi ini, siapa tahu beneran bisa main Lightsaber  dan melawan Ddarth Vader.


8. Sejarah Dolanan 
Tua itu soal usia, tapi asyik dengan mainan tak mengenal usia, so enjoy aja. Di Otis College of Art and Design mereka dengan serius mempelajari sejarah mainan, jadi gak cuman main-main tapi juga tahu kisah di balik setipa mainan yang dimainkan, jadi ini buka sekedar main-main ya teman main. ha ha.


9. Kejahatan Terorganisir dan Korupsi
Mata kuliah ini diajarkan di Kazakhstan's Nazarbayev University dan termasuk dalam ranah ilmu Antropologi dan Sosiologi.

Diampu oleh Profesor dari Nazarbayev University bernama Gavin Slade, menurutnya mata kuliah ini dapat memberikan perspektif yang unik kepada mahasiswa mengenai sejarah manusia hingga bentuk dari masyarakat melalui sejarah.

Sepertinya kita perlu masuk kelasnya Prof. Gavin ini biar tahu apa yang dipikirkan seorang menteri yang tega meng-korupsi dana bansos saat pandemi terjadi...upss.


10.  Harry Potter 
Mata kuliah ini diajarkan di Departemen Pendidikan dari Durham University tepatnya mata kuliah Harry Potter dan Zaman Ilusi.

Mata kuliah ini membahas konteks sosial dan pendidikan Harry Potter serta menyelidiki mengapa Harry Potter menjadi begitu populer.

Mata kuliah ini mempelajari relevansi dari buku Harry Potter dan mengaitkannya dengan pendidikan kewarganegaraan. 

Hal yang dilihat adalah pemilihan diksi dan pengintepretasiannya serta pengaruh fiksi terhadap kebijakan pendidikan, buat sobat Potterhead pasti tertarik nih.


11. Mata Pelajaran Apapun yang Kamu Suka
Di Kelompok Belajar Qaryah Thayyibah yang berada di Kalibening, Salatiga, siswanya tidak belajar mata pelajaran layaknya anak SMP di luar sana.

Mereka ingin belajar apa, disediakan fasilitator untuk mendampingi dan orientasi akhirnya menghasilkan karya.

Misal mereka yang tertarik dunia musik, belajar bermanin musik, membuat lagu hingga rekaman karya mereka. 

Demikian juga misalnya mereka yang suka dunia fotografi, di dampingi, praktek hingga akhirnya membuat karya fotografi.

Lahir pada tahun 2003. komunitas belajar diketuai oleh pak Ahmad Bahruddin yang menerapkan sebenar-benarnya konsep merdeka dalam belajar, yang penasaran profile lengkapnya bisa baca di sini. 


Itu tadi sobat Campusnesia, 11 Mata Pelajaran Unik dan Mata Kuliah Aneh serta Ora Umum yang Ternyata Ada di Dunia Nyata. 

Kamu ingin masuk kelas yang mana? atau mungkin punya usulan mau bikin jurusan dan maa kuliah aneh lainnya? jangan lupa share di kolom komentar ya, sampai jumpa.



sumber:
genmuda.com
- kbqt.org
- detik.com

===
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »