Tentang Pertanyaan “Aneh” Ketika Interview Kerja dan Tip Menghadapinya


Campusnesia.co.id -- Pernahkah Sobat mendengar cerita horor dimana kandidat ditanyai pertanyaan yang sama sekali tidak terkait secara tiba-tiba di sebuah interview? Misalnya, pertanyaan seperti "Mengapa penutup lubang got itu bulat?" "Bagian sandwich mana yang paling penting?" "Sebutkan tiga hal yang ingin kamu bawa jika kamu terdampar di pulau terpencil."

Sobat pasti bertanya-tanya tugas pekerjaan seperti apa yang mengharuskan terdampar di pulau terpencil dalam waktu dekat, meski tidak benar akan terjadi, mengapa pewawancara menyiksa kandidat dengan pertanyaan seperti ini?

Faktanya, pertanyaan seperti ini ditanyakan karena berbagai alasan, bukan karena mereka menginginkan jawabannya, karena beberapa pertanyaan ini tidak memiliki jawaban yang benar. Apa yang menarik bagi pihak perekrut adalah apa yang dapat diceritakan oleh jawaban Sobat tentang diri Sobat.

Percaya atau tidak, jawabannya bukanlah yang terpenting. Apa yang dicari pewawancara (jika mereka tahu apa yang mereka lakukan) antara lain:

- Untuk melihat tingkat kepercayaan diri Sobat dan bagaimana Sobat bereaksi terhadap sesuatu yang tidak terduga

- Untuk melihat apakah Sobat dapat berpikir di luar kebiasaan.

Untuk melihat apakah Sobat dapat memecahkan masalah baru yang akan datang yang mungkin tidak memiliki jawaban buku teks.

 

Petunjuk dan Tip

Pertanyaan-pertanyaan ini sifatnya ambigu dan kemungkinan pewawancara menyiapkan pertanyaan lain di tempat interview. Jadi pada dasarnya Sobat tidak dapat mempersiapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini bukan?

Berikut adalah tiga hal yang dapat membantu Sobat :

1.  Pertanyaannya berhubungan dengan peran pekerjaan yang Sobat lamar, atau apa yang dilakukan perusahaan, jadi cobalah untuk selalu mengingatnya.

2.  Perekrut mungkin menggunakan pertanyaan ini untuk menilai diri Sobat, jadi usahakan meninggalkan kesan baik dari jawaban Sobat.

3.  Kemudian jangan menganggapnya terlalu serius, karena terkadang bahkan pewawancara tidak tahu apa yang mereka lakukan. Karena di beberapa  perusahaan yang lebih kecil, alih-alih seorang eksekutif SDM yang terlatih dalam teknik rekrutmen, atasan atau manajer yang melakukan wawancara. Beberapa perusahaan menggunakan pertanyaan aneh seperti ini hanya karena semua orang menggunakannya.

 

Bersiaplah untuk apa pun

Perhatikan bahwa ini adalah pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang yang ingin membuat Sobat lengah, jadi kemungkinan besar Sobat tidak akan bisa menjawab pertanyaan dengan 'benar'. Namun, Sobat masih harus memikirkan sesuatu yang lebih baik dari "Saya tidak tahu, apa ya jawabannya?". Cobalah menjawab, apapun itu.

Pemahaman tentang konsep

Jika Sobat adalah orang yang suka mencoba, ingatlah bahwa untuk beberapa pertanyaan ini, pendekatan terhadap pertanyaan itu lebih penting daripada jawaban itu sendiri. Saat di sekolah atau universitas, kita diajarkan untuk memberikan jawaban yang benar, konsep-konsep itulah yang menjadi pusat perhatian dalam memecahkan masalah kehidupan nyata.

Berpikir di luar kebiasaan

Bagaimana Sobat memasukkan gajah ke dalam lemari es dalam tiga langkah. Luangkan waktu sebentar untuk memikirkannya jika ini adalah hal baru. Selesai? Buka saja pintu kulkas, masukkan gajahnya lalu tutup pintunya. Ini adalah jawaban yang sangat sah untuk pertanyaan yang benar-benar sah, dan juga memenuhi persyaratan tiga langkah!

Satu-satunya fakta yang menghalangi jawaban ini mungkin adalah pengetahuan umum bahwa seekor gajah biasanya jauh lebih besar daripada lemari es. Buang fakta itu sehingga jawabannya menjadi sangat sederhana dan praktis.

 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »