Robot Danboo Handsanitizer Otomatis Karya Mahasiswa KKN Undip Siap Bantu Kurangi Penyebaran Virus Covid-19



Campusnesia.co.id -- Wonosobo (1/8). Salah satu mahasiswa S1 Teknik Elektro Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang berinovasi membuat sebuah alat handsanitizer otomatis yang dikemas menjadi sebuah “Robot Danboo”. Robot ini dibuat dengan menggunakan sistem touchless untuk meminimalisir sentuhan. 

Di masa pandemi ini, alat handsanitizer otomatis sangat dibutuhkan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 di area Basecamp Gunung Sumbing Via Bowongso, Wonosobo. 

Erik Prasetiya Aji, yang akrab disapa Erik ini membuat alat tersebut agar para pendaki lebih mudah dalam menjaga kebersihan tangan dari virus-virus yang berbahaya. 

Apalagi Basecamp Gunung Sumbing Via Bowongso ini termasuk basecamp yang sering dikunjungi oleh orang-orang dari berbagi daerah yang tentunya memiliki resiko lebih besar terkait angka penyebaran Covid-19.

“Setelah saya amati, mayoritas kalangan pendaki yang datang kesini kurang peduli terhadap pentingnya cuci tangan pakai sabun, hal ini mungkin dikarenakan penggunaannya yang cukup ribet. Oleh karena itu, saya membuat alat ini agar lebih praktis dan mudah digunakan.”, ucapnya.


Erik menjelaskan bahwa alat tersebut dibuat dengan bahan-bahan seadanya dan dirangkai menggunakan komponen dasar elektronika seperti transistor, resistor, sensor infrared, dll. 

“Meskipun dibuat dari bahan yang sederhana, tetapi dengan pengemasan yang menarik  harapannya akan dapat menambah ketertarikan para pendaki dan meningkatkan kesadaran dalam mematuhi protokol kesehatan sehingga dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19.”, jelas Erik.

Penulis: Erik Prasetiya Aji

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »