Minced Beef Steak dan 10 Sajian Ini Bisa jadi Alternatif Menu Berbahan Dasar Daging Sapi


  


Campusnesia.co.id - Masih di bulan Dzulhijjah, dimana Idul Adha atau Idul Qurban belum lama dilaksanakan, stok daging qurban yang mungkin tersisa atau bahkan menumpuk di kulkas bisa diolah menjadi berbagai menu bergizi menemani masa PPKM level 4 yang resmi diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021.Berikut merupakan 11 sajian dari daging sapi yang mudah namun tetap enak dan tentunya istimewa. 
 

1. Steak Daging Sapi Cincang (Minced Beef Steak)
 

Cincang halus 300 gram daging sapi. Tambahkan 50 gram tepung roti, 1 butir telur, 1 siung bawang putih halus, 2 sdm bawang bombay cincang, 3 sdm saus bbq, 1 sdt kecap asin, garam, dan merica. Bentuk adonan daging menjadi bulat pipih kemudian panggang.

Untuk saus steak, tumis 2 siung bawang putih cincang kasar dan 1/2 buah bawang bombay potong memanjang. Masukan tomat yang sebelumnya telah direbus, dikupas kulitnya, dan dihaluskan. Tambahkan 3 sdm saus tiram, 3 sdm saus sambal, 3 sdm kecap manis, garam dan merica. Agar saus lebih kental, tuangkan sedikit larutan tepung maizena.

Sajikan daging yang telah dipanggang dengan sayuran rebus dan kentang kemudian siram dengan sausnya.

2. Dendeng Cabai Hijau
 

Ungkep 500 gram daging sapi bersama bumbu halus berupa 10 siung bawang putih, 5 siung bwang merah, 1 buah (lengkuas, kunyit, jahe) ukuran kecil, 3 butir kemiri. Tambahkan juga daun salam, batang serai, gula Jawa, kecap, garam, dan merica. Angkat daging bila sudah empuk selanjutnya iris tipis kurang lebih 1/2  cm.

Masak daging dengan bumbu halus berupa 10 siung bawang putih, 5 siung bwang merah, 1 sachet terasi udang, 1 buah tomat hijau besar. Tambahkan juga 7 buah cabai hijau dan cabai rawit hijau sesuai pedas yang diinginkan serta garam, dan merica.
 

3. Beef Teriyaki
 

Tumis 2 siung bawang putih cincang dan jahe, tambahkan 1/4 buah potong memanjang bawang bombay setelah tumisan harum, tumis kembali hingga kecoklatan kemudian masukan 250 gram daging sapirebus porong dadu. Tuang 5 sdm  saus teriyaki dan 2 sdm saus sambal, serta garam dan merica. Taburkan daun bawang, aduk, dan angkat. Taburkan juga biji wijen seblum disajikan.
 

4. Sate Maranggi


 
Marinasi 300 gram daging sapi yang telah dipotong bumbu halus 5 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, lengkuas, 1 sdm ketumbar, 5 sdm kecap, 5 sdm air asam Jawa 1/4 buah gula Jawa, garam dan merica hingga 2 jam. Tusuk daging 4-5 potongan ke menggunakan tusuk sate kemudian panggang hingga matang. Hidanglan dengan sambal tomat segar.
 

5. Adana Kebab
 

Campurkan 300 gram daging sapi cincang dengan 1/4 buah paprika cincang, 1/4 buah bawang bombay cincang, 2 batang daun seledri cincang, 2 batang daun peterseli (parsley) cincang, 2 sdm ketumbar halus, 2 sdt jintan halus, 2 sdm bawang bombay halus, 2 sdt bawang putih halus, 3 sdm bubuk kari, garam dan merica. Banting-banting adonan hingga merekat dan pipihkan pada plat besi kemudian panggang.

Untuk tortila, campurkan 300 gram tepung terigu dengan sejumput garam dan bubuk pengembang (baking powder) tuang air hangat dan greek yogurt aduk sampai adonan cukup kalis. Diamkan dalam suhu 20-23 ̊ C selama 2 jam. Cetak tortila sesuai dengan ukuran yang diinginkan kemudian panggang.

Lorot daging dari besi dengan tortila, tambahkan sayuran dan mayonaise serta saus sambal bila ingin rasa yang pedas. Lipat, boleh juga dipanggang kembali sebelum dikonsumsi.
 
 
6. Rawon
 

Tumis bumbu halus yang terdiri dari 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 1 sdm ketumbar, 3 butir kemiri, dan 3 buah kluwek. Tambahkan 3 lembar daun jeruk, 3 lembar daun salam, serta 1 batang serai. Masukan seluruh bumbu tumis ke dalam 250 gram daging yang telah direbus beserta 700 ml air kaldunya, beri garam, dan gula.
 

7. Nasi Goreng Babat
Tumis bumbu halus meliputi 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, cabai sesuai pedas yang diinginkan, garam, dan merica. Tambahkan 100 gram babat sapi yang sebelumnya telah direbus dan dipotong kecil. Selanjutnya masukan 5 centong nasi dan 3 sdm kecap, aduk hingga merata, taburkan bawang goreng. Terakhir, sajikan dengan kerupuk dan aneka lalapan.
 

8. Kalio Daging
 

Haluskan 5 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, 15 buah cabai merah keriting, 10 cabai rawit, 10 butir kemiri, 1 sdm ketumbar, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit, dan sedikit jintan kemudian tumis. 
 
Tambahkan 1 batang serai geprek, 1 buah ruas lengkuas geprek, 5 lembar daun salam, dan 3 lembar daun jeruk. Tambahkan juga aneka rempah seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan kembang lawang. 
 
Masukan 1 kg daging sapi yang telah dipotong bersama dengan 1,5 liter air. Setelah air susut dan gaging sudah empuk tuangkan 200 ml santan kemudian masak kembali hingga mendidih.
 

9. Sayur Asem
 

Rebus 200 gram potongan kecil daging sapi dan 1 buah jagung potong 2 cm dengan 1 liter air mendidih. Masukan potongan 5 buah cabai, 3 siung bawang putih, dan 5 siung bawang merah. 
 
Tambahkan 5 buah belimbing wuluh potong, 5 buah asam Jawa, 1 buah lengkuas geprek, dan 5 lembar daun salam. Setelah mendidih masukan secara berurutan wortel, kacang panjang, dan terong. Beri gula, dan garam. Terakhir, masukan potongan tomat lalu sajikan. 
 

10. Gyro Platter
 

Marinasi 250 gram daging sapi cincang dengan bumbu halus, 3 siung bawang putih, 1/4 buah bawang bombay, 1 sdm daun peterseli, 1 sdm ketumbar, 1 sdm jintan, 3 sdm mayonaise, garam, dan merica.

Masak nasi bersama bumbu halus bawang putih, jintan, ketumbar, kunyit, garam, dan merica serta air kaldu dan santan.

Masak daging yang telah dimarinasi. Tata nasi ke dalam piring, susun daging, salad sayur, dan tortila lipat di atas nasi, tambahkan saus putih dan saus sambal. 
 

11. Empal Kelem
 

Tumis bumbu halus berupa 3 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 1 sdm ketumbar, 1 sdt merica, 1/2 buah kelapa tua parut dan garam. Tambahkan 5 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 1 ruas jahe geprek, 1 ruas lengkuas geprek, 1 batang serai geprek. 
 
Masukan 250 gram daging sapi yang telah dipotong dan 400 ml air. Beri 1 buah gula Jawa dan 3 sdm kecap, masak hingga kering kemudian tuangkan 200 ml santan dan masak kembali hingga kering. Empal kelem siap disantap. 

Itu tadi 11 sajian berbahan dasar daging sapi baik berupa masakan daerah hingga kuliner mancanegara. Selain mudah cara memasaknya, bahan-bahannya tidak sulit dicari sehingga sangat memungkinkan untuk dicoba di rumah. Selamat mencoba semuanya. Semoga berhasil menemiani masa PPKMmu yang akan segera berlalu.
 

Penulis : Dewi Nur Hidayatika
Gambar : Dewi Nur Hidayatika 
Editor: Ika Shintya

** Artikel ini merupakan bagian dari program Magang Online Campusnesia season 2
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon