Mahasiswa UNDIP Manfaatkan TOGA sebagai Alternatif Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Kala Pandemi



Campusnesia.co.id -- Wonosobo (4/08). Kondisi pandemi Covid-19 hingga saat ini membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Dalam upaya untuk selalu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, salah satu caranya dengan mengkonsumsi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) agar terhindar dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Terbukti beberapa tanaman obat secara turun temurun telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai imunomodulator, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP memberikan edukasi kepada masyarakat Dusun Bowongso mengenai manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pelaksanaan pemberian edukasi dilakukan secara door to door menggunakan media poster dan leaflet sebagai alat bantu dalam penyampaian edukasi mengenai manfaat Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Selain itu, mahasiswa KKN TIM II UNDIP juga memberikan salah satu olahan tanaman obat yaitu wedang jahe. 

“Saya senang bisa mengetahui manfaat dari beberapa tanaman obat yang ada di sekitar rumah saya. Kedepannya saya akan berbudiaya tanaman obat sebagai ikhtiar saya apabila daya tahan tubuh saya sedang menurun.” ucap Ibu Mujahidin saat ditemui di rumahnya.

Pemberian edukasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Bowongso tentang manfaat dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA) itu sendiri dan diharapkan masyarakat dapat meneraplan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan adanya edukasi ini dapat menambah pengetahuan masyarakat Desa Bowongso mengenai pencegahan Covid-19 karena tanaman obat dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. 


Penulis: Hajrul Munawaroh

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »