Kepak Sayap Kebhinekaan Rame Diobrolkan, Simak Tarif Pasang Baliho di Semarang

 



Campusnesia.co.id - Beberapa pekan ini ramai perbincangan seputar banyaknya baliho dan spanduk bertuliskan Kepak Sayap Kebhinekaan dengan nuansa merah dan foto ibu Puan Maharani ketua DPR RI, politikus PDIP dan putri dari ibu Megawati Soekarno Putri.

Jika kita runut, awal mula kemunculan spanduk dan baliho kepak sayap ini setelah riuh berita tidak diundangnya pak Ganjar Pranowo dalam acara PDIP di Semarang Jawa Tengah, serta komentar salah satu politikus PDIP yang secara umum bisa diartikan pak ganjar terlalu bersemangat sosialisasi diri.

Kita mahfum, semua tidak bisa dilepaskan dengan kontestasi Pilpres 2024 nanti, masih tiga tahun lagi tapi beda perhitungan para politisi ini. 

Pak Jokowi yang dipastikan tidak bisa mencalonkan diri lagi membuka peluang untuk nama-nama baru politikus yang saat ini masih aktif dengan jabatan masing-masing.

Dalam berbagai hasil survey, nama-nama pemimpin daerah seperti Anies, Ganjar, Ridwan Kamil, Puan, Airlangga, AHY, Prabowo, Sandiaga Uno dan masih banyak lagi nama-nama ketua partai bahkan perseorangan seperti Eric Thohir saling bersaing merebut hati rakyat sedini mungkin, Baliho dan spanduk salah satunya.


Pada dasarnya, cara kampanye dengan baliho segede gaban ini tidak ada masalah, yang jadi perbincangan warga adalah poin kepekaan para tokoh ini yang dirasa kurang, suasana masih pandemi namun sudah sibuk mempromosikan diri untuk pertarungan pilpres nanti, ada yang berpendapat apa tidak sebaiknya alokasi dana tersebut digunakan untuk membantu warga terdampak corona?.

Alasan lain, tidak lain tidak bukan yaitu kontennya yang membuat kita mngernyitkan dahi dan bergumam dalam hati "apaan sih?.." coba pembaca bantu saya memahami baliho bertuliskan kepak sayap itu, apa tidak jauh lebih baik jika diisi dengan himbauan 3M misalnya atau ajakan vaksin contohnya.

Hal lain yang membuat saya penasaran tentu saja biaya yang dikeluarkan, untuk menjawab pertanyaan ini, saya coba kontak penyedia jasa cetak dan pasang baliho bilboard di daerah Semarang, satu titik dengan durasi 14 hari dipatok Rp 2.500.000,- sudah termasuk jasa cetak mmt sekaligus pemasangannya.

Buat pembaca yang juga penasaran dengan biaya yang dihabiskan untuk pasang baliho tersebut, tinggal hitung saja sepanjang jalan yang kamu lalui ada berapa baliho dan kalikan dengan harga di atas. 

Tahun 2018 silam, saya pernah menulis keresahan tentang cara-cara kampanye politikus dan partai yang konvensional ini, terlepas dari sisi efektifitasnya terhadap naiknya perbincangan terhadap personnya, hari ini dengan riuhnya obrolan di sosial media tentang baliho kepak sayap dll membuktikan netijen sudah enggan dengan cara-cara lama yang tidak ada esensi. 

Salah satu serial tulisan tersebut, saya spesifik membahas "Ide Kampanye: Spanduk dan Baliho Anti Narsis" selain mengkritik saya juga memberi 7 solusi yang bisa diterapkan, diantaranya;

1. Konten yang harus informatif

2. Sosialiasikan prestasi

3. Ungkap problem dan kasih solusi

4. Kata mutiara? boleh

5. Proporsi visual

6. Spanduk branding UMKM 

7. Angkat isu lingkungan

Bahwa penggunaan spanduk sebagai media kampanye mencemari lingkungan, anda akan me-Reuse spanduk bekas kampanye jadi kerajinan yang bermanfaat dan pemberdayaan.

Lha berarti kampanyenya belakangan dong? 
Yup, tapi gagasan itu akan jadi bahan pemberitaan, di situ kampanye anda, yang penasaran mau baca tulisan saya ada di sini > Ide Kampanye: Kumpulan Ide Kampanye yang Gak Biasa.

Sebagai penutup, terlepas dari konsep, desain dan konten baliho kampanye kepak sayap dkk yang "apaan sih?.." jangan-jangan sisi norak dan annoying (maaf bu puan..salim *_* ) tersebut adalah bagian dari strategi branding mereka dengan tujuan dibicarakan oleh netijen dan secara tidak sadar mengerek nama mereka, nah lho kalau yang ini benar maka kita sudah memakan umpan.


Penulis: Nandar
Foto: detik.com, kaskus.co.id  


Sekilas Info

Apa itu Baliho? 
Baliho adalah sebuah media promosi yang mengandung unsur memberitakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan khalayak umum.

Jika ditinjau dari segi etimologi kata, istilah “baliho” sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti menyampaikan. Pesan yang disampaikan melalui baliho adalah pesan yang tersirat, baik itu promosi, iklan atau pemberitahuan yang sifatnya agar diketahui khalayak umum. 

Ciri-Ciri Baliho
Sejalan dengan penjelasan mengenai pengertian baliho seperti yang sudah dijelaskan di atas, adapun ciri-ciri baliho antara lain adalah:

-  Dibuat untuk mempromosikan suatu produk atau kegiatan tertentu kepada orang banyak.

- Ukurannya besar dan dibuat semenarik mungkin sehingga mudah terlihat oleh orang banyak.

- Ditempatkan pada tempat yang dilalui banyak orang, misalnya di pinggir jalan.

- Proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung mudah dan cepat.

Fungsi dan Manfaat Baliho
Baliho sering kali menjadi salah satu media promosi utama, sebab memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh media promosi lainnya. Fungsi dan mantaat baliho adalah sebagai berikut:

- Sebagai media penyampaian iklan kepada masyarakat luas.

- Sebagai media promosi yang biayanya sangat terjangkau.

- Sebagai promosi kontemporer dan dapat dilakukan secara instan.

- Sebagai sarana untuk menaikkan daya jual atau popularitas dari pengiklan, baik itu barang maupun jasa.

Jenis-Jenis Baliho
Jenis-jenis baliho bisa kita bedakan berdasarkan bahan yang digunakan, atau dari ukurannya. Adapun beberapa jenis baliho adalah sebagai berikut:

1. Abadros, yaitu baliho dengan kualitas yang sangat bagus, memiliki permukaan bahan yang halus untuk membuat tampilan gampar lebih detail. Biasanya abadros digunakan untuk baliho kategori indoor.

2. Baliho Vertikal, yaitu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter, terbuat dari bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan biasanya dipasang pada tiang.

3. Baliho Horizontal, yaitu baliho yang berukuran 3×4 meter, terbuat dari bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.

4. Flexi Korea/ Flexi Cina, kualitas bahan kedua jenis baliho ini tidak jauh berbeda.

5. Flexi Jerman, yaitu baliho dengan kualitas bahan yang  lebih bagus, tetapi memang harganya sedikit lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea. (sumber: saturadar.com)

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »