3 Rekomendasi Cara Mengisi Kemerdekaan Selama Pandemi

 

 
 
Campusnesia.co.id - "17 Agustus tahun 45, Itulah hari kemerdekaan kita!" Pastinya kita sudah tidak asing dengan lirik pertama para lagu "Hari Merdeka" ciptaan Husein Mutahar. 
 
Memasuki bulan Agustus ini, bendera Merah Putih sudah mulai dikibarkan di depan rumah warga maupun gedung-gedung di seluruh kota yang ada di Indonesia. Biasanya perayaan kemerdekaan Indonesia diisi dengan berbagai macam kegiatan. 
 
“Lomba Agustusan” adalah salah satu kegiatan yang identik dalam perayaan kemerdekaan Indonesia, namun karena pandemi yang belum juga usai, kegiatan tersebut terpaksa harus harus diadakan secara online bahkan ditiadakan. Tak ada upacara, perlombaan, ataupun hajatan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia. Tapi, pernahkah kita berpikir untuk mengisi kemerdekaan dengan cara lain ? Ya, ada tiga cara yang dapat kita lakukan seperti berikut:

1. Pengabdian Masyarakat
Jika ada kegiatan sosial di masyarakat sekitar kita, maka kita wajib turut serta mengikuti dan membantu kegiatan tersebut. Mengingat kita adalah makhluk sosial yang harus hidup berdampingan dengan orang lain. 
 
Contoh kegiatan sosial di masyarakat yang bisa kita lakukan adalah kerja bakti. Kerja bakti dalam rangka menyambut kemerdekaan Indonesia tetap dilakukan selama pandemi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, melalui kegiatan tersebut tentunya kita akan bersosialisasi dan saling bahu membahu. Hal inilah yang akan meningkatkan nilai persatuan dan kesatuan Indonesia.

2. Mendukung Produk Dalam Negeri
Kita harus bangga dengan produk-produk dalam negeri dengan cara menggunakannya seperti kain batik, skincare, make up lokal, dan produk-produk lainnya termasuk memilih untuk mengonsumsi makanan khas Indonesia dibanding makanan fast food dari luar negeri. 
 
Jangan sampai kita bangga menggunakan produk luar dan mengabaikan produk dalam negeri. Justru dengan dukungan kita terhadap produk lokal bisa membuat produk Indonesia bersaing di kancah internasional.

3. Mendukung Sektor Pendidikan
Generasi muda adalah aset suatu bangsa. Melalui pendidikan yang berkualitas, generasi muda dapat terfasilitasi untuk terus berilmu dan berkarya sehingga sangat mungkin dapat memajukan Indonesia dan menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik. 
 
Hal pertama yang kita lakukan adalah menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh, ini juga salah satu cara untuk menghargai para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Itulah cara yang dapat kita lakukan untuk tetap mengisi kemerdekaan Indonesia selama pandemi. Mari kita lakukan cara-cara tersebut agar nilai-nilai kemerdekaan tidak luntur sampai kapanpun.
 
 
Penulis: Rosi Indah Puspitasari 
Editor: Ika Shintya

** Artikel ini merupakan bagian dari program Magang Online Campusnesia season 2

 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »