PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 2 Agustus, Beberapa Warung di Tembalang Sudah Boleh Makan di Tempat

 


Campusnesia.co.id - Pagi ini, Senin 26 Juli 2021 saya mendatangi tempat sarapan favorit, warung pak Joned yang berada di jalan Banjarsari Tembalang. Pemandangan nampak berbeda dengan sepekan yang lalu, kursi-kursi yang selama 22 hari terakhir disingkirkan sesuai himbauan pemerintah hari ini mulai ditata kembali.


Saat hendak memesan menu, pak Joned menawarkan "makan di sini mas? sudah ada sedikit pelonggaran" saya mengiyakan sembari menunjuk agar pesanan saya ditambah sambel terasi dan gorengan tahu isi. "tapi maksimal 20 menit ya mas makannya he he" tambah beliau sambil tertawa.


Seperti yang kita tahu, tadi malam pemerintah resmi memperpanjang Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 2 Agustus 2021. Semula, PPKM Level 4 berakhir pada Minggu (25/7/2021)


Selama PPKM Level 4 berlaku, pasar sembako yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pasar rakyat yang menjual kebutuhan sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai 15.00 waktu setempat. Pengaturan lebih lanjut akan diatur oleh Pemda.


Sementara pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, cucian kendaraan kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 21.00. Adapun warung makan, PKL, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha, diizinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 20.00 dan waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.


Kemudian, untuk transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa rental diatur dengan kapasitas maksimum 50 persen dengan prokes ketat. Secara total, ada 95 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di Jawa-Bali. Untuk PPKM Level 3, akan diterapkan di 33 Ibu Kota di wilayah Jawa Bali.


Hal yang sama disampaikan aa warung burjo Naraya, mulai hari ini sudah boleh makan di tempat tapi gak boleh lama-lama dan satu meja yang bisanya di isi 4 kursi hanya disediakan 1 kursi saja, mereka mengaku gembira dengan pelonggaran ini setelah 22 hari harus pasrah dengan sepinya warung mereka.


penulis: Nandar
foto: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »