8 Alasan Drama Hospital Playlist Disukai dan Inspirasi yang Bisa Dipetik


 
 
 
Campusnesia.co.id - Setelah sukses dengan season pertamanya, drama korea Hospital Playlist kembali hadir melalui netflix di tahun 2021 ini. Tayang sejak 17 Juni kemarin, rencanya akan tayang sebanyak 12 episode hingga 2 September nanti setiap hari kamis malam jam 21.00 waktu korea selatan. 
 
Masih mengangkat tema yang sama dengan season pertamanya, yaitu kombinasi apik Medis, Drama, Romansa dan bumbu Komedi, sutradara Shin Won-ho berhasil membawa naskah yang ditulis Lee Myung-han dan Lee Woo-jung menjadi drama yang disukai banyak penonton. Tak heran berdasar data dari Soompi.com jika Hospital Playlist masuk dalam urutan pertama 10 aktor dengan buzz terbanyak versi Good Data Corporation Selasa (6/7/20212).
 
Hospital Playlist bercerita tentang lima dokter yang telah berteman sejak mereka memasuki sekolah kedokteran pada tahun 1999. Lima serangkai itu adalah Jo Jung-suk sebagai Lee Ik-joon, seorang asisten profesor bedah umum. Yoo Yeon-seok sebagai Ahn Jung-won, seorang asisten profesor bedah anak. Jung Kyung-ho sebagai Kim Joon-wan, seorang profesor rekanan bedah torakoplastik. Kim Dae-myung sebagai Yang Seok-hyung, seorang asisten profesor kebidanan dan ginekologi. Jeon Mi-do sebagai Chae Song-hwa, seorang profesor rekanan bedah saraf.

Tahun 2020 lalu, ketika drama Hospital Playlist tayang untuk pertama kali, tak butuh waktu lama untuk segera mendapat tempat di hati para penggemarnya, meperoleh rating tinggi dan populer di dunia, pertanyaanya apa yang sebenarnya menarik dari drama hospital playlist ini dibanding dengan drama bertema dokter dan medis lainnya?

Untuk menemukan jawabnnya, penulis meluangkan waktu menyelesaikan 12 episode di season pertama dan ini jawabannya.

1. Drama Orang Baik
Dari sekian drama yang pernah saya tonton hampir selalu ada peran atagonis dan protagonis, hanya sedikit yang mengangkat tema drama dengan orang baik semua, salah satunya Hospital Playlist ini, kalaupun ada porsi antagonis dan konfliknya kecil banget, lebih banyak bagaimana para tokoh menyelesaikan tantangan yang ada yang kebanyakan adalah problem para pasien mereka.
 

2. Realistis
Beberapa drama bertema medis lainnya, acap kali menampilkan dokter dengan kekuatan super selalu berhasil menyelematkan nyawa sang pasien. Namun tidak demikian dengan hospital playlist tidak segan-segan membuat penonton kecewa dan sedih karena pasien yang ditangani tidak berhasil ditolong tapi ya itu tadi justru menunjukkan bahwa drama ini realistis.
 

3. Kerja Keras
Meski tidak semua usaha dari para dokter berhasil, namun diperlihatkan usaha yang maksimal dan kerja keras banget hingga kadang mengorbankan kehidupan pribadi para dokter dalam drama hospital playlist ini. Kita yang menonton jadi iba karena melihat para karakter kelelahan, kehilangan momen kebersamaan dengan keluarga namun di waktu yang sama juga termotivasi dengan kerja keras mereka.
 

4. Persahabatan
Jelas, inilah poin yang diunggulkan dari drama Hospital Playlist, bagaimaa lima orang dokter yang bertemu secara tidak sengaja saat ospek akhirnya bersahabat hingga usia mereka kepala empat dan dipertemukan sebagai rekan kerja di satu rumah sakit. 

Persahabatan kelimanya juga diperlihatkan dalam menghadapi permasalahan masing-masing, saling support dan membantu serta tercerin dikala main band bersama.
 

5. Keluarga
Nuansa keluarga yang hangat juga ditampilkan dengan baik, bagaimana Ik Jun seorang singgle parent begitu sayang pada anaknya U-ju yang masih berusia 5 tahun.

Yang Seok-hyung yang begitu sayang pada ibunya, demikian juga karakter Ahn Jung-won yang sayang banget pada ibunya, kekeluargaan yang hangat selalu jadi daya tarik tersendiri bagi sebuah drama.
 

6. Dokter dan Tugas Kemanusiaan
Sudah kita singgung dalam poin satu dan dua, dalam drama ini kita selalu disajikan usaha keras dari para karakter sebagai dokter dalam mengupayakan kesembuhan para pasiennya. 

Tidak hitam putih, mereka bahkan diperlihatkan menjalin hubungan yang emosional dengan pasien dan keluarganya. Baik yang berhasil diselamatka maupun yang gagal, dalam kegagalan yang pilu pun mereka masih menampilkan sisi empati dan humanisme yang kental.


7. Sedekah
Ada sebuah plot yang menarik dan inspiratif, dalam beberapa kasus pasien yang harus meneria tindakan dan butuh biaya besar tidak punya uang. Para dokter umumnya meminta bantaun pada lembaga sosial dan "Malaikat Penolong".

Siapa sangka, orang dibalik malaikat penolong yang selalu membantu biaya pengobatan pasien kurang mampu tersebut adalah salah satu dari lima sahabat tadi, tepatnya dokter Ahn Jung-won yang sering diejek oleh teman-temannya karena uangnya selalu habis dan hidup menumpang di rumah Kim Joon-wan usut-punya usut gajinya ternyata disumbangkan. Ini bisa jadi inspirasi untuk para penonton.
 

8. Real Band
Seperti judulnya, Hospital Playlist dalam setiap episode selalu ada original soundtracknya, sebenarya hal wajar dalam sebuah drama korea, yang membuatnya menarik lagu-lagu tesebut disajikan sebagai penampilan sebuah band yang dimainkan oleh lima karakter utama dalam drama ini.

Hal yang lebih menarik lagi dan membuktikan efoort yang luar biasa dari para aktor dan tim produksi, lagu yang dimaikan oleh para aktor benar-benar dimaikan bukan lip sing, jauh sebelum proses syuting berlangsung mereka harus berlatih sebagai sebuah band, umumnya butuh waktu 1 bulan untuk sebuah bulan bahkan ada yang hingga 3 bulan, luar biasa ya.


Oke sobat campusnesia, itu tadi 8 alasan mengapa drama hospital playlist banyak disukai penonton dan inspirasi yang bisa dipetik.

Penulis: Nandar
 
 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »