Daftar 10 Perguruan Tinggi Negeri Penyedia Beasiswa Hafidz Al Quran Mari Kita Coba

 

 
Campusnesia.co.id -  Di Indonesia, persaingan masuk Perguruan Tinggi favorit semakin tinggi bagi siswa kelulusan SMA sederajat
 
Wajar jika timbul kekhawatiran dibenak para siswa yang ingin melanjutkan kuliah. Walau sudah ada jalur SMPTN atau berdasar nilai, SBMPTN dengan Tes dan Ujian Mandiri yang identik dengan biaya yang mahal.
 
Jangan terlalu sedih guys, sekarang beberapa perguruan tinggi memberi kesempatan bagi mereka yang berprestasi dibidangnya untuk dapat masuk ke perguruan tinggi, baik akdemis, seni maupun olahraga, ada satu lagi nih yaitu jalur prestasi Hafidz Al-Quran. 
 
Jalur Ini menjadi kesempatan emas buat kalian lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan menghafal Al-Quran.

Setiap kampus penyelenggara punya ketentuan yang berbeda satu sama lain, untuk batas minimal menghafal Al-Quran. 
 
Kami kutip dari Tempo.co, berikut daftar 10 perguruan tinggi negeri yang menawarkan beasiswa bagi para hafidz Al Quran yang patut kalian dicoba. 
 
Beberapa memang sudah menutup pendaftaran, tapi informasi pasti berguna sebagai bekal untuk mendaftar dan mempersiapkan diri untuk seleksi mahasiswa baru tahun 2022 mendatang. 

1. Universitas Islam Indonesia
Universitas Islam Indonesia atau UII yang dididirikan sejak tahun 1947 oleh beberapa tokoh nasional Indonesia ini, juga membuka jalur seleksi Penelusuran Hafiz Al-Quran atau PHA. Seleksi PHA ini ditujukan bagi siswa yang hafat Al-Quran minimal 10 juz, persyaratan pendaftar seleksi PHA ini, yaitu lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2021, terkecuali lulusan pondok pesantren.

Namun, bagi lulusan pondok pesantren tahun 2021 diperbolehkan medaftar seleksi PHA apabila sedang atau telah mengikuti program pengabdian di pondok pesantren.  Pembelian formulir dapat dilakukan dari 15 Februari hingga 27 Mei 2021 mendatang.  Perlu diktahui, bagi para calon mahasiswa yang dinyatakan diterima seleksi PHA, tidak otomatis mendapat beasiswa Hafidz Al-Qur’an.

Peserta nantinya akan mengeluarkan uang pendaftaran sebesar Rp. 200.000, terkecuali untuk pilihan Prodi Kedokteran biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000,

 Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman resmi UII yaitu https://pmb.uii.ac.id/pha/

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau IST yang berlokasi di Surabaya ini, kembali menerima calon mahasiswa baru melalui seleksi prestasi kategori Tahfidz Al-Quran 2021, melalui jalur SNMPTN dan Jalur Mandiri. Untuk memenuhi syarat seleksi ini, peserta harus menghafal Al-Qur’an minimal 10 juz.

Untuk jalur mandiri biasanya ITS akan mengenakan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi atau SPI. Namun, khusus jalur mandiri seleksi prestasi kategori Tahfidz Al-Quran, ITS akan membebaskan kewajiban membayar biaya SPI.

Bagi yang sudah kelewatan momen untuk mendaftar seleksi prestasi kategori Tahfidz Al-Quran melalui jalur SNMPTN yang ditutup 3 Maret lalu. Namun untuk pendaftaran jalur mandiri seleksi prestasi kategori Tahfidz Al-Quran masih berkesempatan karena batas akhir pendaftarannya hingga 17 Juni 2021.

Perlu diingat jika ingin mendaftar seleksi Tahfidz Al-Quran, perlu menyertai sertifikat Tahfidz, untuk informasi Selanjutnya bisa mengunjungi laman  https://smits.its.ac.id/

3. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau IPB membuka kembali pendaftaran jalur Prestasi Internasional dan Nasional atau PIN. Jalur ini dibuka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMA sederajat berprestasi.

Jalur yang telah dibuka sejak tahun 1974 ini, menerima prestasi baik di tingkat internasional maupun nasional, termasuk prestasi hafizh Al-Quran. Untuk jalur ini, IPB hanya menerima daya tampung 8-12 orang, khusus lulusan SMA sederajat jurusan IPA atau SMK jurusan Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis,TKJ pada tahun 2021. 
 
Sayangnya pendaftaran jalur prestasi IPB ini telah ditutup sejak 14 April 2021 lalu, untuk informasinya lebih lengkapnya bisa mengunjungi laman https://admisi.ipb.ac.id/.
 

4. Universitas Andalas
Selain membuka pendaftaran jalur mandiri dengan kemampuan akademik, Universitas Andalas atau Unand yang terletak di Kota Padang ini, juga membuka pendaftaran jalur mandiri dengan kategori Seleksi Mandiri Berdasarkan  Prestasi Unggul atau SMBPU.
 
Pendaftaran jalur SMBPU ini dilakukan dengan penjaringan calon peserta melalui prestasi dalam bidang bakat, minat atau penalaran dengan tetap memperhatikan kemampuan akademik untuk menjalani pendidikan pada program studi yang dipilih calon mahasiswa.

Salah satunya prestasi di bidang keagamaan seperti hafiz al-Qur’an minimal 10 juz. Pendaftaran dan pembayaran registrasi jalur mandiri Unand ini akan dilaksanakan mulai 7-18 Juni 2021, dengan biaya registrasi sebesar Rp. 300.000 baik pemilihan kelompok Saintek, Soshum atau campuran. 
 
Untuk pengujian bagi peserta hafiz Al-Quran akan dilakukan secara online pada tanggal 7-30 Juni 2021. Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi laman resmi Unand https://pmb.unand.ac.id/.

 
5. Universitas Sebelas Maret
Yang kelima ada, Universitas Negeri Sebelas Maret atau UNS yang terletak di kota Solo. Universitas ini membuka beberapa jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru, salah satunya Jalur SNMPTN. Uniknya pendaftaran jalur SNMPTN UNS, mengharuskan calon mahasiswanya memenuhi persyaratan harus hafal minimal 15 Juz Al-Quran.

Persyaratannya dibuktikan dengan sertifikat tahfidz dari lembaga yang berkompeten yang memiliki kredibilitas, terhitung dua tahun terakhir.
 

6. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga disebut juga Unair yang berada di Surabaya ini, membuka kesempatan bagi calon mahasiswa penghafal Al-Quran atau hafiz, untu mendaftar melalui Golden Ticket atau prestasi luar biasa pada jalur SNMPTN.

Pendaftar boleh berasal dari SMA sederajat yang berbasis agama ataupun tidak. Pendaftaran telah berakhir pada tanggal 25 Februari 2021 lalu melalui website ppmb.unair.ac.id.

Adapun kriteria peserta SNMPTN yang bisa mengikuti jalur prestasi dari institusi internasional yang terpandang dan kredibel, serta linier dengan program studi yang dipilih.

Syarat Jalur Prestasi Luar Biasa Unair Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menjelaskan syarat pendaftaran melalui jalur Prestasi Luar Biasa atau Golden Ticket yakni harus memilih Unair sebagai pilihan utama pada SNMPTN.

Penerima jalur seleksi ini tidak dibatasi oleh Unair, nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing masing fakultas.
 

7. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
Universitas Negeri Surabaya atau disebut juga Unesa, membuka jalur mandiri atau seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk program Sarjana tahun akademik 2021/2022. 
 
Sementara jalur masuk mandiri yang disiapkan Unesa tahun ini, ada 10 jalur masuk yang bisa dimanfaatkan, salah satunya jalur prestasi keagamaan.

Unesa juga memberi kesempatan untuk agama lainnya masuk jalur prestasi ini. Bagi beragama muslim, prestasi keagamaan islam meliputi jalur pesantren, jalur tahfidz, dan jalur MTQ. 
 
Bagi Anda yang tertarik masih berkesempatan untuk mendaftar jalur prestasi ini, yaitu dibuka mulai 14-25 Juni 2021. Untuk informasi Selanjutnya dapat mengunjungi laman resmi Unesa https://pmbsipenmaru.unesa.ac.id/.
 
 
8. Universitas Brawijaya
Seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya Program Pendidikan Vokasi membuka seleksi jalur masuk prestasi. Salah satunya kategori hafidz dan hafidzah Al-Quran minimal 5 juz.

Jalurs prestasi ini diperuntukkan calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK pada tahun 2019, 2020 dan 2021. Namun,  prestasi non akademik tidak menjadi satu satunya patokan kelulusan, tetapi juga disertai prestasi akademik.

Persyaratannya jalur prestasi kategori hafidz Al-Quran ini, dengan membuat surat pernyataan sendiri dengan format bebas, atau surat keterangan dari lembaga yang menyatakan telah menyelesaikan hafalan.

Adapun prestasi akademik yang perlu dipersiapkan yaitu nillai rapor minimal rata-rata 7,5 per semester di bidang pengetahuan, dari semester 1-5.

Pendaftaran jalur prestasi Universitas Brawijaya ini sudah tutup pada 20 Mei 2021 lalu, bagi yang tertarik untuk mendaftar di universitas ini dengan jalur prestasi, dapat mencobanya di tahun depan, dengan informasi lebih lengkap pada laman https://selma.ub.ac.id/.

9. Universitas Negeri Malang
Universitas Negeri Malang atau UM juga membuka jalur khusus bagi calon mahasiswa melalui jalur prestasi 2021. Adapun bidang yang disediakan ada empat, salah satunya bidang MTQ yang terdiri dari enam pilihan yakni, tilawah, Hifdzil qur’an, Khaththil qur’an , Fahmil qur’an,  Syarhil qur’an dan Desain aplikasi komputer qur’an

Dari laman resmi https://selma.ub.ac.id/, tidak diesbutkan minimal berapa juz persyaratannya. Namun adapun persyaratan lainnya yakni calon mahasiswa harus lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2021. Peserta memenangkan lomba serendah-rendahnya tingkat provinsi yang diperoleh dalam  tiga tahun terakhir yaitu tahun 2019, 2020, atau 2021 dan diselenggarakan oleh lembaga yang kredibel.


10. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Universitas Islam Negeri SUnan Kalijaga atau lebih sering disebut UIN Suka, juga membuka pendaftaran jalur Mandiri Prestasi pada tahun 2021. 
 
Jalur Mandiri Prestasi diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru UIN Suka Yogyakarta dengan kemampuan hafal Alquran atau hafidz Al Quran minimal 26 juz, Pendaftaran Jalur Mandiri jalur ini dilakukan secara online melalui laman http://admisi.uin-suka.ac.id. 


Itu tadi sobat Campusnesia, daftar 10 perguruan tinggi negeri yang menawarkan beasiswa bagi para hafidz Al Quran yang patut kalian dicoba. 

Semoga bermanfaat terus bersemangat pasti ada jalan, sampai jumpa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon