4 Hobi yang Hits di Tahun 2020, Kamu Suka yang Mana?



Campusnesia.co.id - Peraturan yang mengaharuskan orang di rumah saja selama PSSB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna penyebaran virus corona mendorong orang-orang yang tadinya sibuk dengan pekerjaan kantor, aktifitas kuiliah dan sekolah mengulik hobi baru untuk mengatasi kebosanan dan banyaknya waktu luang.

Satu sisi ini hal yang positif karena akan membuat anda menjadi lebih produktif walau hanya di rumah saja. Sisi yang lain juga mendorong bergeraknya roda ekonomi real karena ada demand atau permintaan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hobi-hobi tersebut.

Berdasar pengamatan kami setidaknya ada 4 hobi yang belakangan menjadi trend dan mulai digandrungi banyak orang sejak pandemi, apa saja? yuk kita bahas satu persatu, ini daftarnya.

1. Sepeda
Mendadak orang-orang mengantri di toko sepeda, walau katanya ekonomi sedang sulit nyatanya hampir semua lapisan masyarakat mendadak jadi hobi bersepeda. Permintaan akan sepeda yang mendadak naik membuat harga di pasaran naik drastis. Entah mengapa walau harganya naik hingga 100 persen tetap saja laku keras bak kacang rebus sampai harus inden jika ingin membeli.

Hobi ini bukanlah hal yang murah, untuk sepeda gunung standart setidaknya harus merogoh kocek 750.000-1.500.000, varian sepeda lipat juga ramai peminat, bahkan sepeda mini yang biasa dipakai oleh anak-anak yang baru belajar naik sepeda atau siswa SD kini ujug-ujug naik daun untuk dimodifikasi menjadi "Minion". Untuk kelas menegah ke atas tentu standarnya jauh lebih mahal, sebut saja merk Brompton yang dibandrol ratusan juta.



2. Ikan Hias
Sebenarnya jauh sebelum pendemi hobi ini sudah mulai merangkak populer, dan sekali lagi aktifitas yang banyak di rumah membuat orang-orang yang mungkin awalnya tidak hobi jadi tertarik dan ikut meramaikan. Iya memelihara ikan hias.

Jauh berbeda dengan hobi sepeda, memelihara ikan hias jauh lebih terjangkau. Cukup beli beberapa ikan seperti balon, molly, guppy atau cupang seharga seribuan hingga lima ribuan dan sebuah toples. 

Kalau mau modal dikit bisa membeli aquarium berukuran kecil, dengan 50.000-150.000 sudah bisa menikmati ikan hias berenang kesana-kemari di dalam aquarium lengkap dengan aksesoris seperti aerator dan heat pump.

Selain ikan hias dengan aquarium, ada pula hobi lain yang bisa sobat kulik yang berhubungan dengan indoor dan miniatur misalnya terrarium, paludarium, dan aquascape.




3. Tanaman Hias
Pernah booming di tahun 2007-an dengan beberapa nama yang harganya fantastis seperti Gelombang Cinta atau Anthurium Plowmanii, Kamboja Jepang atau Adenium. Saat pandemi mendadak hobi menanam bungan kembali naik.

Kali ini ada beberapa nama bunga yang naik daun seperti Lidah Mertua atau Sansevieria tanaman yang biasanya biasa saja tiba-tiba jadi mahal harganya, Janda Bolong atau Monstera.

Seperti yang pernah terjadi di tahun 2000an lalu, nampaknya sekarang di 2021 hobi bunga mulai turun, entah seperti apa nasih bunga yang saat hits mencapai jutaan harganya akankah bernasib sama dengan Gelombang Cinta dan batu akik?.


4. Burung
Sudah hits jauh sebelum pandemi, burung dengan berbagai kompetisinya menciptakan ekosistem para pehoby yang nyaris merata di seluruh indonesia. 

Bahkan kini beberapa orang mulai breeder beberapa spesies burung selain untuk hobi juga bisnis. Love Bird adalah salah satu burung yang menjadi bintang saat hobi ini mulai naik beberapa tahun yang lalu, kini hanya dengan puluhan ribu sudah bisa mendapatkannya.

Itu tadi sobat campusnesia, 4 Hobi yang Hits di Tahun 2020, Kamu Suka yang Mana? pesan saya bijaklah memilih hobi, jangan sampai hanya karena hobi kebutuhan primer jadi terganggu, akan lebih baik jika hobi bisa menghasilkan keuntungan jadi tetap bikin hepi.


penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »