Wisata Kuliner Tipis-tipis di Pusat Jajanan Pasar BQ Square Tembalang Semarang

 



Campusnesia.co.id - Minggu Pagi, 7 Maret 2021 saya mencoba mengisi hari libur dengan jalan sehat dari kawsan komplek Iwenisari menuju pertigaan sirojudin tembalang.

Setelah melangkahkan kaki sekitar 10 hingga 15 menit, istirahat sebentar dan mampir di pusat jajanan pasar BQ square untuk melihat dan mencari kue-kue favorit untuk sarapan.

Pusat jajanan pasar BQ Square mulai ekses sekitar 3 tahun terakhir buka dari jam 5 pagi hingga menjelang siang dan buka pada sore hari saat bulan puasa.

Bagi sobat yang mungkin sedang diet tidak sarapan nasi di pagi hari, pilihan jajanan yang ditawarkan sangat bergam, dari kue-kue tradisioanl seprti gethuk, klepon, lapis hingga aneka gorengan bakwan, tahu bakso, sosis solo, lumpia dll.

Males Baca?
Dengarkan versi audi dengan klik tombol play di bawah ini.


Mau yang agak berat? beberapa jenis nasi kotak dan bungkus juga disediakan, yang populer nasi kuning, gudeg, hingga ayam crispy. Jangan khawatir haus, minuman dalam kemasan contohnya jus, susu kedali, hingga jamu juga ada.

Soal harga jangan khawatir, sangat ramah dengan kantong mahasiswa, sebut saja arem-arem dibandrol 1.000.1.500, untuk risol dan tahu bakso cuma 3.000 per pcs, murah habis. Hari ini saya membeli 1 bakwan jagung, tahu bakso, risol mayo, arem-arem dan kue lapis semuanya hanya 10.500 rupiah.


Dikelola oleh satu orang yang dibantu beberapa karyawan, konsep pusat jajanan di BQ square ini mengadopsi sistem konsinyasi, tidak semua produk yang di display diproduksi sendiri melainkan titipan dari para pelaku UMKM produsen jajanan, kue dan nasi bungkus sekitar Tembalang Semarang. Pagi produk diantar, saat siang menjelang tutup atau keesokan harinya direkap berapa jumlah produk yang terjual dan total uang yang diterima mitra. Pengelola biasanya mengambil untung dengan menambahkan harga sendiri dari harga kulakkan yang diberikan oleh produsen, win win solution.

Selain bisa beli secara retail, mereka juga siap menerima pesanan untuk berbagai acara, misalnya sobat ada acara di kampus butuh snack dengan jumlah dan budget tertentu bisa dilayani sesuai anggran. 



Tidak jarang, produk pusat jajanan ini dijadikan alternatif "Danusan" para mahasiwa yang sedang mencari pendanaan sebuah kegiatan. Hanya saja sudah bukan rahasiswa umum, danusan berupa makanan ada resiko kalau tidak laku akhirnya yang beli dan makan juga panitianya sendiri, he he gak apa-apa tetap semangat guys.

Sebagai alternatif, selain di BQ square pusat jajanan di tembalang bisa ditemui di jalan banyu putih komplek PKL samping masjid MPD sebelum pintu masuk Alton Apartemen. Bisa dibilang pusat jajanan yang satu ini adalah pelopor konsep toko yang menampung dan menjual aneka produk jajajan buatan UMKM sekitar.

Punya produk cemilan juga? bisa dicoba lho nitip di pusat jajanan ini, siapa tahu makin laris manis kan, layak dicoba.

Oke sobat campusnesia, itu tadi sharing kita kali ini tentang jalan-jalan ke pusat jajanan pasar BQ suare, pernah beli kue di sini? jangan lupa share pengalaman kalian di kolom komentar. Sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »