Supporting Pemahaman Masyarakat mengenai Budaya 3M oleh Tim KKN UNS dalam Menekan Rantai Penularan COVID-19


Campusnesia.co.id -- Jakarta, telah terlaksana seluruh kegiatan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh Mahasiswa UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta di RW 12, Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta. KKN ini telah berlangsung selama 45 hari (12 Januari - 25 Februari 2021) secara luring maupun daring.

Tim KKN UNS di Utan Kayu Selatan ini mengusung tema utama “Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19” dengan program utama berupa pembuatan tempat cuci tangan serta pembagian New Normal Kit berisi masker kain dan hand sanitizer kepada masyarakat di RW 12.

Tujuan dilakukannya kegiatan KKN ini adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan di masa pandemi Covid-19 dengan selalu menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. 

Salah satu cara yang paling mudah dan mendasar agar terhindar dari Covid-19 adalah budaya 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak). Maka dari itu, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di Utan Kayu Selatan, mahasiswa UNS membuat 10 unit tempat cuci tangan yang kemudian diserahkan kepada masyarakat dan diletakkan di lokasi-lokasi yang rawan Covid-19. Selain itu, penyerahan 100 New Normal Kit kepada warga juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dalam beraktivitas di masa pandemi Covid-19.

Untuk pembuatan tempat cuci tangan, prosesnya dimulai dari pembelian bahan-bahan baku maupun pelengkapnya hingga proses finishing berlangsung selama tiga minggu. Pada tanggal 11 Februari 2021 dilakukan penyerahan 10 unit tempat cuci tangan kepada pihak pengurus RW 12 dengan penempatan di 10 lokasi yang berbeda. 

Selain itu, untuk program pembagian 100 New Normal Kit, proses persiapannya memakan waktu sekitar tiga minggu juga dikarenakan pembuatan masker kain yang bekerja sama dengan penjahit serta tempat sablon lokal. Pembagian New Normal Kit ini dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2021 yang sekaligus menjadi kegiatan penutup untuk mengakhiri kegiatan KKN. Acara pamitan dengan segenap pengurus dan warga sekitar RW 12 Utan Kayu Selatan dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Sistem pelaksanaan KKN terbagi menjadi dua cara, yakni secara daring dan luring. Program kerja yang dilakukan secara daring meliputi rapat koordinasi program kerja, konsultasi dengan Bapak Andriko Sandria, S. IP., M. A. selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), dan sosialisasi penanggulangan Covid-19 di media sosial. 

Kemudian untuk program kerja secara luring dilaksanakan dengan terjun langsung ke lapangan yang tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan berupa 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kegiatan KKN UNS Tematik Integratif Periode Januari - Februari 2021 ini dilaksanakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 sehingga pihak UPKKN UNS membuat kelompok mahasiswa sesuai domisili tempat tinggal masing-masing supaya memudahkan pelaksanaan KKN ini dengan aman dan sesuai protokol kesehatan. 

Melalui kegiatan KKN ini, tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan di masa pandemi ini diharapkan bisa meningkat dan dapat membantu memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di DKI Jakarta.


Penulis:
Nofi

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »