Ubah Sampah Jadi Taman? Mahasiswa Undip Sulap Sampah Plastik Menjadi Taman Vertikal


Campusnesia.co.id -- Semarang (09/02/2021), Sonia Tessalonica Sihotang, mahasiswa KKN Tim I 2021 dari Universitas Diponegoro dibawah dosem pendamping lapangan dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.Med, Ph.D, membuat taman vertikal dari sampah plastikBank Sampah Tembalang turut serta dalam pembuatan taman tersebut.

Taman vertikal tersebut dibuat menggunakan limbah botol plastik bekas, kemasan plastik minyak goreng, dan bambu. Setelah dikumpulkan, botol bekas, kemasan plastik, dan bambu dibersihkan dan dipotong bagian sisinya. 

Barang-barang tersebut kemudian dirangkai dengan batang bambu difungsikan sebagai rangka taman, sedangkan botol plastik bekas dan kemasan plastik minyak goreng digunakan sebagai wadah tanaman. Setelah dirangkai, tanaman lidah kucing dan pandan yang disumbangkan oleh Bank Sampah Tembalang diletakkan di dalamnya.

Taman tersebut kemudian diletakkan pada hari Selasa, 9 Februari 2021 di sebelah poskamling RT 02/RW 03, Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

“Saya berharap ke depannya masyarakat dapat memiliki pola pikir hijau dan berkelanjutan. Selain itu, saya juga berharap dapat mengurangi volume sampah rumah tangga anorganik yang harus ditanggung TPA Jatibarang,” jelas Sonia.

Menurut Kompas TV (2019), proporsi sampah rumah tangga anorganik tersebut diketahui sebesar 30% dari total sampah yang masuk ke TPA Jatibarang setiap tahunnya. Ketidakmampuan sampah untuk terurai menyebabkan penumpukan yang mengurangi kapasitas kerja TPA Jatibarang. Meskipun masih beroperasi sampai hari ini, TPA tersebut seharusnya telah habis masa pakainya pada tahun 2002.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »