Tingkatkan Benteng Imunitas Tubuh, Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi Asupan Gizi pada Masyarakat Tembalang

 



Campusnesia.co.id - Semarang (24/1) – Makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari sangat menentukan tingkat kesehatan seseorang dan idealnya mengandung segala sumber zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas dan imunitas tubuh.

Sistem imun (immune system) atau sistem kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melawan penyakit yang masuk dan menyerang tubuh dengan cara mematikan atau mencegah perkembangan sumber penyakit. 

Memiliki imunitas tubuh yang baik sangat penting disaat pandemi seperti ini. Tubuh yang kuat dapat menangkal virus-virus penyebab penyakit, utamanya Covid-19. Kalaupun seseorang terinfeksi Covid-19, keparahan gejala yang timbul akan rendah dan tidak menjadi kegawatan bisa sistem imun tubuh kuat. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat, salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi yang baik dan seimbang.

Salah satu mahasiswa yang tergabung dalam Tim I KKN UNDIP Periode 2021, Vika Christiana Dewi, mencetuskan program sosialisasi mengenai asupan gizi yang tepat untuk meningkatkan imun dikala pandemic kepada masyarakat. Mahasiswa bimbingan dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.,Ph.D ini membuat program sosialisasi dengan tujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya mengelola asupan gizi harian. Tak hanya itu, masyarakat juga diharapkan dapat mengetahui jenis bahan makanan apa saja yang dapat meningkatkan imun tubuh. 



Sosialisasi dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Januari 2021 di RT 03/RW 02 Kelurahan Tembalang. Mahasiswa menyasar ibu-ibu sebagai target sosialisasi ini. Bukan tanpa sebab, mahasiswa menyadari bahwa pada umumnya ibu-ibu merupakan orang yang bertanggungjawab dalam keperluan keluarga, seperti menyiapkan makanan. Untuk mempermudah penyampaian dan pemahaman materi, mahasiswa menggunakan media leaflet sebagai media pembantu sosialisasi.

Materi yang disampaikan mahasiswa meliputi pengertian dari system imun dan asupan gizi, gizi seimbang, zat gizi dan bahan makanan yang baik untuk meningkatkan imun, serta mitos dan fakta mengenai makanan. Sosialisasi berlangsung sekitar 1 jam yang berisi pemaparan materi oleh mahasiswa dan tanya jawab oleh ibu-ibu partisipan. 

Di penghujung acara, mahasiswa memberikan handsanitizer buatan mahasiswa yang sesuai pedoman WHO. Mahasiswa juga membagikan buku mengenai Covid-19 dan PHBS yang disusun oleh dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si.,Ph.D dan tim selaku dosen pembimbing. Mahasiswa berharap adanya program sosialisasi ini dapat membantu masyarakat khususnya Ibu-Ibu di RT 03/RW 02 Kelurahan Tembalang menjadi lebih memperhatikan asupan makanan agar imunitas tubuh tetap kuat di saat pandemi ini.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »