Tim KKN Undip Gelar Penyuluhan Pembuatan Toko Online untuk UMKM Tembalang

 



Campusnesia.co.id - Semarang 10 Februari 2021- Di masa pandemi ini, kegiatan masyarakat sangatlah dibatasi demi menurunkan angka penularan virus Covid19. Dengan pembatasan kegiatan, tentu saja sangat berdampak terhadap kegiatan social maupun ekonomi warga. Penjualan menjadi turun karena tidak ada nya pelanggan yang datang secara langsung untuk melihat barang yang akan dibeli. 

Menurut Ibu RT 002, Ibu Ratri, sangat menyayangkan adanya pandemi karena banyak UMKM yang penjualannya sangat menurun dan bahkan ada yang menjadi tidak aktif lagi. Oleh karenanya, Shekinah Viorensi, Mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro bimbingan dr. Farmaditya Eka Putra, berinisiatif untuk membantu para pelaku usaha atau wirausaha UMKM di RT 002 untuk membuat toko online khususnya Shopee agar menambah pangsa dan target penjualan. 

Proses Memfoto Produk untuk Katalog UMKM

Dalam kegiatannya, sesuai dengan request dari Ibu Ratri, mahasiswi tersebut membantu dalam membuat katalog produk yaitu dengan memfoto dan mengedit produk-produk yang ada agar terlihat jelas dan menarik untuk dibeli. 

Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan rekan-rekan tim kkn dimana programnya bersinergi untuk mengembangkan UMKM di RT 002. Produk-produk yang difoto berupa masker dari kain untuk dewasa dan anak-anak, makanan ringan seperti cheese-stick dan roti, totebag dan handbag dari kain perca, bros, kalung dari kain batik, vas bunga, dompet anyaman, tanaman aritifisial, barang-barang rajutan, dan masih banyak lagi. Foto-foto ini nantinya digunakan untuk iklan di toko online yang akan dibuat.

Kegiatan penyuluhan ditanggapi dengan antusias oleh para pelaku usaha UMKM di RT 002. Kurang lebih ada 5 peserta yang hadir dalam penyuluhan tentang UMKM tersebut semuanya adalah ibu rumah tangga. Sharing ilmu dan pengalaman terjadi antara mahasiswa dan pelaku usaha. Kegiatan yang dimulai dari jam 11 hingga jam 1 siang ini berjalan lancar.

Ibu Ratri mengungkapkan bahwa kegiatan KKN ini sangatlah positif dan sangat membantu warga sekitar, kedepannya berharap bahwa ilmu-ilmu yang sudah di berikan dapat diterapkan oleh peserta penyuluhan. 

Shekinah Viorensi, selaku pengisi penyuluhan pun berharap agar apa yang sudah diberikan dapat bermanfaat bagi kemajuan UMKM di RT 002.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »