Sosialisasi Pasar Modal Untuk Meningkatkan Kepekaan Masyarakat Kelurahan Kramas Terkait Investasi di Era Pandemi

 



Campusnesia.co.id - Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2021 di Kelurahan Kramas melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Pasar Modal” untuk meningkatkan kepekaan dan pemahaman masyarakat terkait potensi investasi di Pasar Modal untuk memberikan efek perbaikan ekonomi pasca Covid-19.

Berdasarkan pengamatan peserta KKN di Lapangan bahwa Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang Kota Semarang, dapat diketahui bahwa rata-rata penduduk Kelurahan Kramas termasuk ke dalam golongan usia produktif dan anak muda yang peka terhadap teknologi smart-phone. Karenanya, Mahasiswa KKN Tim I Undip Tahun 2021, Crismon Alfajri Agus Pratama dibawah arahan dosen pembimbing lapangan Muhammad Zulfa Alfaruqy, S.Psi., M.A. melaksanakan sosialisasi pasar modal.

Kondisi pandemi covid-19 yang sedang dihadapi memberikan pengaruh besar terhadap kondisi ekonomi global maupun nasional. hal ini juga menyebabkan turunnya harga saham di pasar modal Indonesia. 

Tidak sedikit juga yang mengalami penurunan harga saham dibawah harga wajarnya (PBV < 1). Dalam hal ini, terdapat potensi investasi dibalik parahnya pengaruh pandemic covid-19. Berkaca pada metode investasi bapak investor dunia yakni Warren Buffet yang membeli saham saham dibawah harga wajar (Undervalue) atau juga disebut saham terdiskon yang disebut metode value investing sehingga memberikan keuntungan ekonomi yang besar dalam jangka panjang pada investor.

Dengan banyaknya anak muda yang peka terhadap teknologi smartphone dan hadirnya potensi investasi tersebut, peserta KKN melaksanakan kegiatan sosialiasi pasar modal sekaligus gerakan Yuk Nabung Saham untuk para pemuda Kelurahan Kramas. Acara ini diisi oleh Rahman Anugrah Agung Putra, S.E selaku Sales Equity PT. Panin Sekuritas Tbk. Dan dibuka oleh lurah Kelurahan Kramas, Ir. Bambang Sularso, M.Si. 

Acara yang dilaksanakan pada sabtu, 31 Januari ini juga turut dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kelurahan Kramas dr. M. Reza Wijoko Ekaputera serta 26 peserta yang berasal dari anggota karang taruna, mahasiswa dan masyarakat Kelurahan Kramas. Acara ini juga menkankan kepada masyarakat bahwa untuk menjadi seorang investor, tidak perlu menggunakan dana yang besar dan bahwkan dapat dimulai dengan modal yang sangat kecil sebesar Rp. 100.000

Kegiatan ini didukung penuh oleh Lurah Kelurahan Kramas serta Ketua Karang Taruna Kelurahan Kramas. Diharapkan dengan adanya sosialisasi pasar modal dan gerakan yuk nabung saham ini dapat memberikan perbaikan ekonomi yang massif untuk masyarakat kelurahan Kramas.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »