Poster Slogan Unik dan Menarik Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19



Campusnesia.co.id -- Semarang (8/2/2021), simpang siurnya informasi mengenai virus Covid-19 yang kurang akurat membuat masyarakat cukup resah, banyak berita hoax bertebaran melalui media sosial. Hal tersebut berdampak kepada kondisi masyarakat yang cenderung mengabaikan protokol yang harus ditaati di era pandemi ini. 

"Terdapat 1.197 temuan isu hoax Covid-19 yang tersebar di 4 platform digital sejumlah 2020 sebaran, di Facebook 1.497, di Instagram 20, di Twitter 482, dan di YouTube 21. Yang sudah di-takedown, diblokir sebanyak 1.759, di Facebook 1.300, Instagram 15, Twitter 424, dan YouTube 20," kata Menkominfo Johnny G Plate dalam diskusi survei Indikator Politik Indonesia, Minggu (18/10/2020).

Mahasiswa Universitas Diponegoro Program Studi Teknik Elektro, Vino Rahmana Putra, berinisiatif membuat poster slogan mengenai antisipasi virus Covid-19 yang juga merupakan salah satu program kerja kuliah kerja nyata yang tengah dilakukan. Latar belakang dibuatnya poster slogan yakni masih banyaknya masyarakat pedesaan yang masih kesulitan untuk mengakses informasi mengenai pandemi melalui media sosial. Dengan mempertimbangkan kebiasaan masyarakat yang masih cenderung malas membaca, maka dibuatlah poster yang berisi slogan-slogan unik yang mampu memikat warga yang sedang berada di lokasi pemasangan. Pemasangan poster dilakukan di beberapa titik yang masih sering dikunjungi warga di era pandemi seperti tempat ibadah, sarana olahraga, dan tempat usaha mikro, kecil dan menengah. Lokasi yang dipilih yakni di RT 04 RW 03 Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Program tersebut didampingi secara langsung oleh ketua RT lingkungan setempat. 

Tujuan dari pemasangan poster slogan tersebut salah satunya untuk memberi alternatif infromasi selain melalui media sosial yang banyak bertebaran informasi hoax, selain itu juga memberi rambu-rambu kepada masyarakat yang sedang berkunjung di titik pemasangan poster bawasannya harus tetap mematuhi protokol yang sesuai. Dengan adanya poster yang berisi slogan unik dan menarik ini bisa mengobati kebosanan masyarakat terhadap media cetak yang berisi materi panjang yang cenderung sulit dipahami oleh masyarakat awam. Walaupun berisi slogan singkat namun tidak mengurangi esensi yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.





“Terimakasih banyak mas, target pemasangan sudah sesuai tempatnya dan cukup menghibur kami, tetapi tetap tidak meninggalkan nilai-nilai yang ingin disampaikan”, ucap Budi, selaku Ketua RT 04 RW 03 Kelurahan Kramas.

Penulis : 
Vino Rahmana Putra

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »