Memprediksi Kebutuhan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Sampah Kelurahan Kramas 10 Tahun Ke Depan

 



Campusnesia.co.id - Semarang (10/2) – Dalam rangka memprediksi kebutuhan sarana dan prasarana pendukung aktivitas masyarakat, diperlukan adanya simulasi dan penghitungan yang dilakukan. Salah satu kebutuhan sarana dan prasarana yang perlu diketahui adalah sarana pengolahan sampah rumah tangga. Simulasi dan penghitungan kebutuhan sarana persampahan ini diinisiasi oleh mahasiswa KKN Undip Tim 1 tahun 2021 dalam masa pengabdiannya di Kelurahan Kramas, Kota Semarang.

Penghitungan kebutuhan sarana dan prasarana persampahan dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah penduduk. Jumlah penduduk yang terus bertumbuh tentunya berdampak dalam meningkatnya beban dalam penyediaan sarana dan prasarana. Mengacu pada pertumbuhan penduduk yang terjadi di Kelurahan Kramas, mahasiswa KKN Undip dibawah arahan dosen pembimbing Tira Hamdillah Skripsa, S.KG., M.Kes. memanfaatkan aplikasi simulasi PowerSim untuk memprediksi jumlah sarana pengangkutan dan pengelolaan sampah hingga 10 tahun kedepan. 

Hasil simulasi menunjukkan adanya peningkatan jumlah penduduk di Kelurahan Kramas. Hal ini berdampak pada meningkatnya jumlah volume sampah sehingga terdapat peningkatan dalam kebutuhan sarana pengelolaan sampah dan biaya operasional yang dibutuhkan. Hasil simulasi yang telah dilakukan disusun menjadi sebuah produk cetak berupa brosur untuk memudahkan warga serta perangkat Kelurahan dalam memahami maksud yang disampaikan.

Brosur yang disampaikan kepada warga melalui Ketua RW 02 berisikan materi mengenai kondisi eksisting sistem persampahan di Kramas serta prediksi kebutuhan sarana pengelolaan sampah dalam 10 tahun kedepan. Produk yang disusun telah diterima dengan baik dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat serta perangkat Kelurahan dalam merencanakan pengadaan sarana pengelolaan sampah di masa mendatang.

Penulis: 
Muhammad Rahadi 
(Teknik PWK Undip)


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »