Mahasiswa KKN Undip Berbagi Strategi Menjalankan Usaha Di Masa Pandemi

 




Campusnesia.co.id - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang disebut KKN adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa yang hendak menyelesaikan perkuliahannya. KKN digunakan sebagai tempat menyalurkan aspirasi mahasiswa melalui mengabdi dan turun langsung ke masyarakat. Tidak terkecuali Universitas Diponegoro, yang melaksanakan kegiatan KKN Tim 1 periode 2021 pada 4 Januari hingga 16 Februari 2021. 

Namun ada yang berbeda, KKN kali ini dilaksanakan di tempat domisili masing-masing mahasiswa. Kebijakan ini diambil sebagai langkah pencegahan virus covid-19. KKN covid-19 mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan". Oleh karena itu mahasiswa memiliki 2 program kerja yang harus dilakukan, yakni program keilmuan atau SDG's dan program multidisiplin atau covid-19. 

Salah satu peserta KKN Undip 2021 yakni Irga Feby Yuliana atau yang sering disapa Nana. Mahasiswa semester 8 pada jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya tersebut melakukan KKN disekitar tempat kost nya, di RT 02 RW 03 Kelurahan Tembalang, Semarang. Dalam kegiatan KKN, Nana mempunyai 2 proker, yang pertama sosialisasi kepada pelaku UMKM tentang strategi menjalankan usaha dimasa pandemi. Dan yang kedua melakukan edukasi pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemi melalui media banner. 

Pada program sosialisasi UMKM, dijelaskan bagaimana menjalankan UMKM selama pandemi, strategi yang bisa dilakukan, serta diskusi dengan pelaku UMKM di Rt 02 Rw 03. Tampak beberapa ibu-ibu sangat antusias dalam bertanya dan menceritakan pengalaman menjalankan usahanya. 

Untuk program yang kedua mengenai edukasi protokol kesehatan melalui media banner diharapkan mampu menghimbau seluruh warga Rt 02 Rw 03 agar mematuhi protokol kesehatan. Kedua program tersebut berjalan dengan baik dan mendapat antusias yang besar dari warga. 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »