Kurangi Sampah Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Kerajinan dari Kertas Bekas dan Pupuk Cair dari Sisa Makanan




Campusnesia.co.id - Temanggung (11/2/2021) Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana lokasi KKN kali ini sesuai dengan domisili masing-masing mahasiswa hal ini merupakan salah satu efek dari adanya pandemi, namun upaya pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu tridharma perguruan tinggi masih terus berjalan.

Pada masa pandemi seperti ini masalah tidaklah hilang. Oleh karena itu mahasiswa KKN dukung program pemerintah daerah dengan mengajarkan cara kelola sampah dan memanfaatkan sampah yang ada disekitar kita kepada masyarakat.


Penanganan sampah menjadi salah satu hal yang sangat penting mengingat saat ini banyak pihak sedang berupaya untuk mengelola sampah dengan baik. Pengelolaan sampah harus dilaksanakan sejak tingkat desa sehingga dapat mengurangi timbunan sampah yang akan dibawa ke TPA. Sehingga diperlukan sebaran informasi yang merata terkait dengan pengelolaan dan pemanfaatan sampah.

Pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan sampah dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama dilaksanakan pada hari Senin (8/2) dihadiri oleh delapan orang. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan masing-masing peserta memakai masker. 



Pada kegiatan ini dilaksanakan penyampaian, praktik, diskusi dan menyerahkan booklet sederhana materi mengenai pengelolaan dan pemafaatan sampah. Praktik seperti pemanfaatan sampah kertas sebagai kerajinan tangan dapat digunakan untuk mengisi wakktu luang dan juga alternatif mengajak anak-anak untuk mengembangkan kreatifitas.

Kelompok kedua dilaksanakan pada  hari Kamis (11/2) yang dihadiri oleh tiga peserta perwakilan dari PKK. Mengenai pemanfaatan sampah plastik dan sisa makanan, dan praktik membuat MOL (mikroorganisme lokal) yang dapat digunakan untuk menyiram tanaman sebgai pengganti pupuk kimia. Bahan utama yang digunakan yaitu nasi sisa.

Bu Rosiah sebagai salah satu peserta berharap dengan adanya kegiatan ini kedepannya akan dapat bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi awal untuk mengelola sampah. Selain itu juga Bu Dewi sebagai ketua PKK Desa Candisari berharap dengan adanya praktik pembuatan MOL dapat menjaadi inspirasi dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk selanjutnya oleh masyarakat.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »