Asinan Rambutan Solusi Tingkatkan Nilai Jual Rambutan di Kelurahan Kramas Semarang



Campusnesia.co.id - Semarang (07/02) – Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 Tahun 2021 Kelurahan Kramas mengadakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai inovasi pengolahan rambutan menjadi asinan rambutan di Kelurahan Kramas untuk meningkatkan nilai jual rambutan. 

Melihat potensi wilayah Kelurahan Kramas salah satunya yaitu banyaknya tumbuhan rambutan yang tersebar di Kelurahan Kramas menjadi inisiasi mahasiswa KKN UNDIP dibawah arahan dosen pembimbing lapangan Muhammad Zulfa Alfaruqy, S.Psi., M.A. untuk memanfaatkan kondisi eksisting yang ada. Potensi melimpahnya rambutan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berjualan di pinggir warung dengan membuka stand serta ada yang berada di warung. 

Program yang maksud adalah sosialisasi mengenai asinan rambutan sebagai bahan olahan dari buah rambutan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memaksimalkan potensi lokal yang tersedia sehingga nilai jualnya lebih tinggi.

Kegiatan dilakukan pada tanggal 30 Januari dan 1 Februari 2021 di sekitar Kelurahan Kramas. diimplementasikan dalam bentuk menjumpai penjual rambutan serta memberi pamflet mengenai asinan rambutan, alat dan bahan, cara pembuatan asinan rambutan, serta proses packagingnya untuk selanjutnya dapat dijualkan bisa diberikan ke warung makan sekitar atau bisa dijual secara langsung. 
 
Sosialisasi diterima oleh baik. Ibu Sujiyem selaku masyarakat Kramas memberikan saran mengenai olahan rambutan dan pamflet yang diberikan.
 
Penulis: 
Bintara Yudha Mustaidz Billah 
(Teknik PWK Undip)

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »