Review Secret Zoo, Film Korea tentang Penyelamatan Kebun Binatang yang Hampir Bangkrut

 



Campusnesia.co.id - Secret zoo merupakan film bergenre komedi yang mengisahkan tentang usaha penyelamatan kebun binatang yang hampir bangkrut. Film ini diadaptasi dari web komik berjudul Haechijiana (2011) oleh Hun, disutradarai oleh Son Jae Gon dan naskah ditulis oleh Son Jae Gon dan Heo Sung Hye Film yang dirilis pada 15 Januari 2020 dengan durasi tayang 117 menit.

Pemain Film Korea Secret Zoo
Ahn Jae Hong berperan sebagai Kang Tae Soo
Kang So Ra berperan sebagai Han So Won
Park Young Gyu berperan sebagai direktur Seo
Kim Sung Oh berperan sebagai Kim Gun Wook
Jeon Yeo Bin berperan sebagai Kim Hae Kyung

Poster Resmi Film Korea Secret Zoo

Trailer Film Korea Secret Zoo

Review Film Korea Secret Zoo
Kang Tae Soo merupakan seorang pengacara magang di firma hukum JH. Ia berusaha melayani atasannya agar posisinya aman. Suatu hari ia melindungi CEO dalam perselisihan dengan para warga yang berunjuk rasa di depan perusahaan. Karena hal ini sang CEO menunjuk Tae Soo untuk menjadi direktur kebun binatang yang hampir bangkrut, dengan tujuan mendapatkan keuntungan dalam waktu 3 bulan. Sebagai imbalan ia akan dimasukkan ke departemen M&A. Tentu saja Tae Soo melihat ini sebagai kesempatan baik baginya.

Segera setelah memasuki kebun binatang ia mendapati kejanggalan, banyak kandang yang kosong. Tae Soo memperkenalkan diri sebagai direktur baru kepada para pekerja di kebun binatang, hanya 4 orang yang masih tersisa. Dan situasi buruk untuk menutup hutang kebun binatang. Meski dapat mengajukan dana untuk membeli hewan kembali, namun tidak mudah dan memakan waktu.

Tae Soo mendapatkan ide untuk melakukan penyamaran dengan membuat kostum hewan, awalnya para pekerja merasa hal ini sangat konyol dan tidak mungkin berhasil, namun karena rasa cinta mereka terhadap kebun binatang akhirnya mereka setuju untuk mencobanya. Tae Soo sebagai pengawas, So Won sebagai singa, Gun Wook sebagai gorila, direktur Seo sebagai beruang kutub, dan Hae Kyung sebagai kukang. Meski dengan setengah hati mereka mencoba berlatih mendalami peran masing-masing. Setelah persiapan selesai, kebun binatang kembali di buka dengan uang masuk diskon 50%. 

Hari pertama mereka berlalu dengan 73 pengunjung, jumlah yang bahkan lebih sedikit dari hari-hari sebelum tutup. Kenyataan yang membuat mereka terus berkecil hati. Tae Soo berpikir untuk menambah jerapah ke dalam kostum pesanannya. Namun setelah beberapa hari  sang pekerja kostum tak dapat dihubungi, di tempat praktiknya hanya ditemukan kepala hingga leher jerapah yang telah selesai dibuat. Tae Soo pun membawanya dan berusaha membuat kostum jerapah tersebut nampak hidup di dalam kandang.

Hae Kyung putus dengan pacarnya karena ia memiliki wanita lain, hal ini membuat Gun Wook yang menyukai Hae Kyung marah, selain itu dia tahu bahwa mantan pacarnya, Sung Min hanya memanfaatkan Hae Kyung untuk menjaga minimarket dan meminta uang 30 juta won. Gun Wook mendatangi tokonya dengan kostum gorila dan membuat keributan. Keesokan harinya Sung Min mendatangi kebun binatang dengan maksud ingin mengeluh tentang gorila yang lepas, namun hal ini malah membuat Sung Min mengetahui rahasia penyamaran mereka. Setelah mendapat permintaan maaf Gun Wook ia berjanji akan tutup mulut.

Hari-hari berlalu tetapi kondisi kebun binatang tak berubah dan mereka mulai kelelahan. Hingga direktur Seo jatuh sakit karena lelah sehingga tugas menjadi beruang kutub digantikan oleh Tae Soo. Hari itu ia sangat lelah dan kehabisan minumnya. Melihat ada botol kola yang dilempar pengunjung ke dalam kandangnya, ia pun diam-diam meminumnya. Namun aksinya ini disaksikan pengunjung, hingga membuatnya viral di media sosial. Keesokan harinya pengunjung kebun binatang meningkat tajam karena ingin melihat sang beruang kutub. Setelah hari itu kebun binatang menjadi ramai pengunjung dan pendapatan melampui target yang diinginkan CEO Hwang. 

Akhirnya Tae Soo mendapat posisi yang ia inginkan di perusahaan. Namun setelahnya ia mengetahui bahwa kebun binatang tersebut akan ditutup dan dibongkar untuk mendirikan resort oleh perusahaan Rak Won. Tae Soo merasa kecewa dan bersalah pada para pekerja di kebun binatang. Ia mencoba membujuk sang CEO namun tidak berhasil. Belum sempat memberitahu teman-temannya, mereka akhirnya mengetahui fakta tersebut hingga kecewa pada Tae Soo.

Pekerja kebun binatang tak ingin menyerah begitu saja, So Won  mengajak teman-temannya untuk membuka kebun binatang seperti biasanya dan meminta pengunjung aksi penolakan untuk menutup kebun binatang. Usaha pengosongan tempat oleh perusahaan Rakwon terhambat dan mendapat pandangan negatif dari masyarakat. Pihak Rakwon mengancam akan membatalkan kontrak jika situasi tidak dapat diatasi. CEO Hwang pun berusaha mencari cara untuk menghentikan pekerja kebun binatang. Sung Min mendatangi CEO Hwang dan membeberkan rahasia kebun binatang mengenai hewan palsu. Awalnya tak percaya, CEO dan sekretarisnya pun mengunjungi kebun binatang untuk membuktikannya. Tae Soo mengabari kedatangan CEO JH tersebut ke para pekerja agar mereka berhati-hati. 

Pertama mengunjungi kukang mereka merasa tak ada salah. Kemudian menuju kandang beruang kutub, mereka memaksa masuk dan membuat keributan hingga Geom Eun Ko mengamuk hingga mengoyak baju CEO Hwang. Dimana Geom Eun Ko adalah beruang kutub yang sangat disayangi So Won namun kondisi mentalnya tidak begitu baik. Karena hal ini mereka mulai menyakini perkataan Sung Min hanyalah omong kosong. 

Namun mereka mendapati bahwa jerapah disana palsu. Mereka pun kembali ke kandang beruang kutub, sementara Geom Eun Ko telah keluar menuju kandang luar dan mulai mengamuk karena penonton yang terus berteriak padanya. CEO Hwang yang merasa dibohongi dengan berani masuk ke kandang untuk mendatangi Geom Eun Ko, segera ia ketakutan karena Geom Eun Ko yang semakin mengamuk. Tae Soo berinisiatif memakai kostum beruang kutub dan masuk untuk mengalihkan perhatian.

Walau akahirnya rahasia mereka terbongkar, Tae Soo mencari jalan lain untuk menyelamatkan sisa hewan di kebun binatang. Ia bernegosiasi dengan pimpinan Rakwon melalui usulan pembuatan taman ramah lingkungan di dalam resort. Sementara Geom Eun Ko dipindahkan ke Pusat Kebugaran Beruang Kutub di Kanada. 

Film ini dikemas baik dengan menghadirkan edukasi untuk mencintai hewan. Bergenre komedi, Secret Zoo menghadirkan berbagai adegan kocak yang dilakukan dengan baik oleh para pemainnya. Namun terjadi pergantian emosi dibagian klimaks cerita, film menjadi lebih berfokus serius karena rahasia yang mulai terungkap dan usaha pekerja untuk mempertahankan kebun binatang. Selain itu, efek suara dan musik yang digunakan dalam film menjadi nilai plus lain yang sukses menghidupkan cerita.

Penulis: Ika Shintya

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »