Berbagai Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

 


Campusnesia.co.id - Kacang hijau merupakan salah satu komoditas yang banyak diproduksi di Indonesia. Tamanan pangan fungsional ini relatif murah dan gampang ditemukan di pasaran. Selain dapat diolah dalam bentuk biji secara langsung, kecambah kacang hijau, tepung kecambah, pati kacang hijau, maupun tepung kacang hijau.

Berikut kami hadirkan beberapa zat yang terkandungan dalam kacang hijau beserta manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Protein
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 22% dan merupakan sumber mineral yang penting, seperti kalsium dan fosfor yang bermafaat untuk tulang (3). Kandungan multi protein dapat mengganti sel mati dan meningkatkan proses pertumbuhan sel tubuh terutama bagus untuk anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu kandungan protein dan seng beguna untuk menjaga kesehatan rambut, kandungan kalsium dan fosfor dapat memperkuat tulang dan gigi, serta membantu mengatasi pengeroposan tulang (1).

Serat
Kacang hijau juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 7,6 gr/100 gr yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan, sehingga mengurangi resiko terhadap berbagai penyakit dan gangguan usus (3). Kandungan serat kacang hijau sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga fungsi usus, menurunkan tekanan darah, serta menjaga kadar kolesterol dalam darah (1).

Asam Lemak
Di samping mengandung sumber serat dan protein tinggi, kandungan asam lemak tak jenuh (73%) pada kacang hijau menjadikan kacang ini baik jika dikonsumsi bagi mereka yang menderita obesitas untuk menurunkan berat badan (4).  Kandungan asam lemak tak jenuh dan kandungan lain sangat berguna dalam menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker payudara. Selain itu juga penting untuk menjaga kesehatan jantung (1).

Vitamin
Kacang hijau juga banyak mengandung vitamin B1 dan vitamin B2. Vitamin B1 merupakan bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi (2). Kandungan vitamin B1 dalam kacang hijau berfungsi untuk mencegah peyakit beri-beri, mebantu proses pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, memperbaiki saluran pencernaan, dan memaksimalkan kerja saraf. Vitamin B2 bertugas membantu penyerapan protein dalam tubuh menjadi lebih efektif (5). Selain itu vitamin B1 dalam kacang hijau dapat meningkatkan vitalitas kaum pria (1). 

Penulis: Ika Shintya

Daftar Pustaka
1. Arianto, Y.C.K. 2018. 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Venom Publisher.
2. Astawan, M. 2004. Kacang Hijau Antioksidan. IPB. Bogor.
3. Mustakim, M. 2013. Budidaya Kacang Hijau. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
4. Triyono, A. 2010. Pengaruh Proporsi Penambahan Air Pengekstraksi dan Jumlah Bahan `Penstabil Terhadap Karakteristik Susu 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »