8 Tips Biar Tetap Fokus dan Produktif selama WFH






Campusnesia.co.id - Pandemi akibat penyebaran virus Covid-19 atau Corona sejak pertengahan maret lalu telah mengubah banyak sendi kehidupan kita. Salah satunya adalah bagaimana cara menjalani sebuah pekerjaan. Sebagai salah satu usaha memutus rantai penularan, PSSB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberlakukan. Berbagai instansi dan perusahaan menerapkan Work from Home (WFH) dan shift untuk mengurangi volume kerumunan di kantor.

Saya bukan karyawan perusahaan besar atau instansi pemerintahan, tetapi guna antisipasi, usaha kecil kami yang bergerak dalam percetakan merchandise Loetju.com sejak Maret lalu telah mencoba memberlakukan hal serupa. Karyawan masuk hanya jika ada pesanan banyak selebihnya dikerjakan dari rumah. 

Kondisi yang tak kunjung membaik dan dampak yang serius pada usaha kecil kami, terpaksa harus layoff beberapa rekan kerja. Loetju.com tetap buka layanan shifting melalui online service, alhamdulillah walau tidak sebanyak sebelum pandemi melanda, namun masih ada pemasukan, prinsip kami mecoba tetap bertahan sembari berdoa dan berharap, corona segera sirna dan keadaan normal selayaknya sedia kala.

Sejak juli saya sendiri memetuskan pulang ke kampung halaman, karena layanan Loetju.com yang sudah full online, keputusan bekerja dari rumah adalah pilihan yang menurut saya terbaik setelah 4 bulan berusaha tertib dan disiplin tidak keluar kost-an jika tidak urgent hingga menahan diri untuk pulang kampung bersua keluarga saat hari raya.

Bekerja dari rumah atau WFH ternyata tidak semudah dan seindah yang dibayangkan, kecuali mungkin kamu adalah jomblo yang tinggal di kost-an seorang diri, Tapi bekerja dari rumah bersama keluarga penuh tantangan, banyak sekali distraksi yang kalau tidak diantisipasi bisa mengganggu konsentrasi dan mengurangi produktifitas, melalui artikel kali ini saya akan berbagi tips agar WFH tetap fokus dan produktif, apa saja? ini daftarnya.

1. Menentukan List Pekerjaan
Hal pertama menurut saya adalah menentukan list pekerjaan atau To Do List, dengan demikian kita tahu apa saja yang akan kita kerjakan, tahapanya apa saja dan hal apa saja yang perlu disiapkan. Tips ini juga bermanfaat sebagai efiensi waktu tidak terbuang percuam karena masih bingung dengan apa yang hendak dikerjakan.

2. Menetapkan Jam Kerja
Jauh sebelum WFH karena pandemi menjadi tren, tips menetapkan jam kerja sudah dipraktikan oleh teman-teman yang bekerja secara freelance. Jam kerja yang pasti membuat kita bisa memanage waktu kita dan jelas, kapan waktunya bekerja kapan waktu untuk istirahat dan keluarga atau sekedar refreshing.

Freelance dengan iming-iming bisa bekerja dari mana saja serta tak harus berpakain formal kadang menjadi jebakan jika tidak menentukan jam kerja, Bukannya santai dari bisa dikerja tidak perlu di ruag sempit kantor justru tidak punya waktu untuk istirahat, hmm ini kerja apa dikerjain ha ha.

3. Buat Ruang Kerja
Jika tidak bisa mengalokasikan ruang khusus sebagai tempat kerja saat WFH, minimal sediakan space di kamar. Ruang kerja yang fix bermanfaat untuk meletakkan barang dan berkas yang terkait pekerjaan, bayangin ada berkas pekerjaan penting atau flashdisk berisi proyek hilang atau rusak karen jadi mainan anak, keponakan atau ikut tersapu oleh ibu, apa gak pusing, dari pada pusing pastikan space kerjamu di rumah.

4. Komunikasikan ke Keluarga
Namanya lagi di rumah, pasti penginya bantu pekerjaan rumah atau minimal bercengkrama dengan kelyarga bukanya berkutat di depan laptop atau gadget seharian, iya kan? begitulah di mata orang tua, anak atau keluarga pada umumnya. Oleh karena itu perlu disampaikan bahwa kamu tidka sedang liburan atau males-malesan tetapi sedang bekerja dari rumah atau WFH. 

Ketidaktahuan orang rumah terhadap pekerjaan kita akan membuat mereka berfikir kita sedang liburan dan bermalas-malasan, ada guyonan seputar freelance, seorang ibu mengira anaknya pengangguran karea setiap hari dengan pakaian sedanya sarung dan kaos oblong nongrkrong di depan laptop dan menyuruhnya mencari kerja, padahal anaknya adalah freelancer.

5. Siapkan Cemilan dan Air Minum
Kerja berjam-jam di depan komputer pasti membuat lapar dan jenuh, sediakan cemilan sehat agar perut tidak keroncongan serta air minum. Mumpung di rumah dan tidak diketahui rekan sekantor, pilihlah cemilan dan minuman favoritmu, tapi tetap harus yang sehat ya. Air putih jangan lupa, agar tidak dehidrasi.

6. Alokasikan Jam Istirahat
Selain menetapkan jam kerja, yang tidak kalah penting adalah jam istirahat. Sebagaimana saat di kantor luangkan waktu untuk rehat sejenak. Dalam durasi 30 menit hingga 1 jam tersebut bisa kamu manfaatkan untuk relaksasi meregangkan otot-otot dan aliran darah, tidur sebentar juga bisa jadi pilihan bagus untuk mengembalikan semangat dan kebugaran tubuh untuk melanjutkan deadlinemu, asal jangan senam SKJ 98 saja ha ha.

7. Buat Suasana yang Nyaman
Setelah ruang kerja, suasana yang nyaman juga poin penting yang harus dihadirkan, tempat yang bersih dan rapi, makanan dan minuman pendamping serta musik pengiring kerja bisa menaikan mood. Apa musik favoritmu? kalau saya dangdut koplo dengan volume 75% biar kayak orang hajatan ha ha.

8. Jangan Lupa Mandi biar Wangi
Kan gak ketemu teman kantor buat apa mandi, eh bambang mandi itu bukan karena kamu mau bertemu rekan kerja di kantor saja, tetapi untuk kebersihan dan kesehatan. Mandir juga membuat badan jadi segar yang akan meningkatkan mood dalam bekerja. pakai minyak wangi juga, sisiran yang rapi siapa tahu tiba-tiba bos video call.

Oke itu tadi sobat campusnesia, 8 tips biar fokus bekerja saat WFH, dari sekian tips yang mana saja yang sudah kamu jalankan? bagaiman hasilnya? atau punya tips lain? share di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »