Tiga Tempat Seru Untuk Baca Buku nan Instaworthy di Jakarta



Campusnesia.co.id - Di tengah hiruk pikuk padatnya Jakarta, terselip beberapa tempat untuk kamu yang senang membaca buku. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tempat ini sebagai tempat belajar karena suasananya yang mendukung dan juga cozy. Nah, tidak hanya itu, tempat-tempat di bawah ini juga bisa dijadikan spot foto karena rancangan dan tatanan bukunya diatur semenarik mungkin. Tidak ada lagi, deh, kesan kutu buku dan membosankan apabila kamu mendatangi tempat-tempat ini! Yuk simak di bawah ini.

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kalau ini pasti ngga asing, ya? Perpustakaan Nasional diklaim sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Tidak hanya itu, perpustakaan ini memiliki dua gedung yang terpisah, yakni satu berada di Jalan Medan Merdeka, satu lagi berada di Jalan Salemba. Pada gedung yang berada di Jalan Medan Merdeka, perpustakaan ini memiliki 24 lantai. Tiap lantainya memiliki kategori koleksi tersendiri di dalamnya. Pada lantai-lantai teratas terdapat balkon dan rooftop di mana kamu bisa menikmati semilir angin sembari berfoto-foto dengan pemandangan menghadap Monas. Di Perpusnas, selain koleksi bukunya yang mencapai jutaaan, terdapat juga ruangan di mana kamu bisa menonton film sepuasnya, lho! Kamu bisa memilih ingin menonton di komputer atau di ruangan teater mini.

2. Perpustakaan Eramus Huis
Sumber: sintiaastarina.com

Perpustakaan yang mulai diketahui keberadaannya setelah viral di Twitter ini terletak di Gedung Kedutaan Besar Belanda di Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Koleksi buku-buku di sini tidak hanya berbahasa Belanda, tetapi ada juga yang berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dengan konsep white-clean, perpustakaan ini juga layak masuk kategori tempat yang instaworthy, lho! Perpustakaan ini juga memiliki nuansa yang nyaman dan menyenangkan di dalamnya.

3. Perpustakaan Freedom Institute
Sumber: wego.co.id

Berada di wilayah yang sama, kali ini ada perpustakaan Freedom Institute yang terletak di lantai dasar Gedung Wisma Bakrie 1 yang juga berada di Jalan HR. Rasuna Said. Meski tidak sebesar Perpusnas atau pun Erasmus Huis, perpustakaan ini juga layak didatangi karena koleksi bukunya yang beragam dan desain perpustakaannya yang modern. Sayangnya, buku-buku yang ada di perpustakaan ini tidak bisa dipinjam, hanya bisa baca di tempat. Apabila kamu mencari referensi tempat baru untuk membaca buku atau pun mengerjakan tugas, yuk datang ke perpustakaan Freedom Institute! Vibesnya menenangkan, lho!

Penulis: Shyfa Luthfia Islamiati
Artikel ini merupakan bagian dari program magang online campusnesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »