Situ Gintung, Tempat Wajib Bagi Kamu Mahasiswa UIN Jakarta

Situ Gintung dan Kampus UIN Jakarta - Sumber: Instagram



Campusnesia.co.id - Bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan sekitaran wilayah Jabodetabek mungkin pernah setidaknya sekali mendengar Situ Gintung. Terutama bagi para mahasiswa kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sudah sangat mengenal tempat ini. 


Bagi yang baru pertama kali mendengar, Situ Gintung adalah adalah danau kecil buatan yang berlokasi di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Situ Gintung yang terkenal sebagai tempat wisata ini memilki luas sekitar 21,4 ha. Mulanya Situ Gintung dimanfaatkan sebagai wadah penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitar daerahnya. Situ Gintung juga memiliki fasilitas lain yang dapat kalian temui seperti restoran, kolam renang, dan arena outbound.


Selain dimanfaatkan bagi oara masyarakat sekitaran Situ Gintung. Objek wisata Situ gintung sering menjadi tempat pilihan bagi para mahasiswa UIN Jakarta untuk berkegiatan. Situ gIntung terbilang cukup mudah dijangkau bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dikarenakan lokasinya yang berdekatan. Situ gintung mudah diakses bagi para mahasiswa terutama yang berlokasi di kampus 2 UIN Jakarta yang terdiri atas Fakultas Hukum, Psikologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan). 


Situ Gintung menjadi tempat yang pas bagi para mahasiswa maupun warga sekitaran untuk membuang penat dari stresnya kehidupan mereka, entah itu kehidupan kampus maupun pekerjaan. Mahasiswa sekitaran kampus dapat mengunjungi Situ Gintung secara bebas untuk apa saja. Biasanya pagi pagi hari atau sore hari dapat ditemui beberapa orang yang untuk sekedar berkeliling sepanjang Situ ataupun berolahraga. Bangunan villa sekitaran kawasan Situ Gintung dapat disewa lalu dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul ataupun tempat mengadakan suatu acara bagi para mahasiswa. Masyarakat sekitaran kawasan Situ Gintung juga memanfaatkannya untuk beberapa kegiatan lainnya seperti memancing atau menjaring ikan ataupun juga membuat tambak ikan.





Saya yang juga merupakan mahasiswa UIN Jakarta cukup sering mengunjungi Situ Gintung dengan tujuan keperluan kuliah. Salah satunya yaitu memanfaatkan kawasan Situ Gintung sebagai objek belajar dan penelitian yang sesuai dengan program studi saya.

Penulis: Anindya
Artikel ini merupakan bagian dari program magang campusnesia

Maps Situ Gintung

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »