Mengenal Anjing Kintamani, Ras Anjing Asli Indonesia

 

Sumber: mydokterhewan.blogspot.com


Campusnesia.co.id - Anjing sebagai hewan peliharaan mungkin sudah sering sekali kalian dengar. Bermacam-macam ras anjing yang sangat banyak dan lucu memenuhi selera tiap pemilik hewan peliharaan. Namun pernahkah kalian mendengar ras anjing asli Indonesia? Apakah ada ras anjing asli Indonesia? Mari kita lihat penjelasannya berikut!

Anjing Kintamani adalah sebutan bagi kelompok anjing lokal jenis pegunungan yang hidup di sekitar Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Anjing kintamani ini memiliki penampilan yang sangat indah dan cantik yang berbeda dengan anjing Geladak yang ada di Bali (Puja, 2007). Peminat Anjing Kintamani semakin meningkat, dikarenakan merupakan satu-satunya anjing asli Indonesia yang mempunyai penampilan menarik. 

Anjing kintamani merupakan anjing yang banyak disukai orang karena kepandaiannya, keindahan bulunya, keunikan, serta penanganan dan biaya perawatannya relatif murah (Kendran dkk, 2013). Karena keunikannya, anjing Kintamani Bali menjadi maskot fauna Kabupaten Bangli, Bali.

Sumber: mydokterhewan.blogspot.com


Sebanyak 76% Anjing Kintamani dipelihara di halaman rumah (Gunawan dkk, 2012). Anjing Kintamani Bali akan sangat nyaman bila dipelihara atau dikandangkan di halaman rumah. Hal ini kemungkinan sebagai akibat masih tersisanya sifat liar anjing Kintamani yang hidup dihabitat aslinya. Di habitat aslinya, anjing Kintamani hidup berkeliaran di ladang – ladang petani dan di gua – gua yang ia buat ketika akan melahirkan anak. 
 
Penulis: Anindya
*Artikel ini merupakan bagian dari program magang online Campusnesia

Sumber Pustaka:
- Gunawan, I. W. N. F., Sukada, I. M., & Puja, I. K. (2012). Perilaku Bermasalah pada Anjing Kintamani. Buletin Veteriner Udayana, 4(2), 95-100.
- Kendran, A. A. S., Sudisma, I. G. N., Sulabda, I. N., Gorda, I. W., Dewi, L., & Loudi, B. M. (2013). Kadar Glukosa Darah Anjing Kintamani. Bul. Vet. Udayana, 5(2), 79-86.
- Puja I K.2007. Anjing Kintamani Maskot Fauna Kabupaten Bangli. Penerbit Universitas Udayana. Bali.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »