Lulusan Sastra Mau Jadi Apa? (Versi Undip)




Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia! Semoga pembaca setia Campusnesia selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja yah. Berbicara mengenai perkuliahan, pasti tidak lepas dengan yang namanya perguruan tinggi dan  program studi atau Jurusan. Pada kali ini saya akan menyoroti sebuah stigma atau sebuah pertanyaan umum untuk mahasiswa/ calon mahasiswa  yang sedang dilema, seperti 'Aku pengen masuk jurusan sastra, tapi aku bingung sehabis lulus mau kerja apa?'. Iyakan, pasti kebanyakan jadi ragu mau ambil jurusan atau program studi sastra. Maka dari itu yuk kita bahas prospek kerja untuk lulusan sastra versi Undip.

1. Sastra Indonesia
Merujuk pada sastraindonesia.fib.undip.ac.id pada 13 Agustus 2020, mengenai program studi Sastra Indonesia. Program studi ini merupakan jurusan pertama yang didirikan oleh Fakultas Sastra dan Budaya pada saat itu. Pendirian program studi sekaligus fakultas ini bertolak dari gagasan pendirian sebagaimana yang tercantum dalam konsideran Surat Keputusan Rektor UNDIP No. 626/Sp/Adm/BUP/1965 tanggal 25 Januari 1965 tentang Pembentukan Panitia Pendirian Fakultas Sastra yang berisi antara lain:

”Jawa Tengah merupakan suatu daerah yang kaya sumber sejarah, budaya, dan kesusastraan Indonesia.”

Dengan kerja keras panitia yang diketuai oleh Prof. Soenario, S.H., akhirnya Fakultas ini  pun berdiri pada tanggal 1 September 1965, dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 173/1965 tertanggal 21 Agustus 1965. 

Program studi ini didirikan dengan harapan sarjana-sarjana yang dihasilkan nantinya dapat meneliti dan memperluas wawasan tentang sastra, bahasa, sejarah, dan kebudayaan Indonesia sehingga mampu memperkenalkannya pada dunia internasional. Nah, mungkin ini adalah profil singkat mengenai jurusan Sastra Indonesia di Universitas Diponegoro. 

Selanjutnya, mengenai profil lulusan untuk program studi Sastra Indonesia yaitu diantaranya, sebagai Peneliti bidang bahasa, sastra fisologi dan budaya, pengajar bahasa, sastra dan budaya mulai tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi, pamong budaya, pelaku jurnalistik (wartawan, editor ahli), pelaku penerbitan, penyiaran dan perfilman, pimpinan institusi pemerintah, BUMN, bahkan di bidang LSM yang bergerak dibidang budaya. Jadi sekarang gak perlu bingung lagi sehabis lulus dari jurusan Sastra Indonesia, mau kerja jadi apa?.

2. Sastra Inggris
Selanjutnya, ada jurusan yang selalu hitz dan jadi idaman siswa-siswa SMA, yaitu Departemen Anglo Saxon atau sekarang yang disebut sebagai Sastra Inggris. Dilansir pada english.fib.undip.ac.id, 13 Agustus 2020. Mengenai perizinan pendirian Program Studi S-1 Sastra Inggris yang diterbitkan melalui SK DIKTI No 106/Dikti/Kep/1984 tanggal 21 April 1984. Program studi Sastra Inggris ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing serta memiliki kepribadian sebagai bangsa Indonesia, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang bahasa, sastra dan budaya masyarakat berbahasa Inggris; menguasai penerapan ilmu pengetahuan, budaya dan ketrampilan dalam bentuk kekaryaan dalam bidang bahasa, sastra dan budaya masyarakat berbahasa Inggris; Mewujudkan sikap berkarya dalam tindakan nyata dalam bidang bahasa, dan sastra, dan budaya masyarakat berbahasa Inggris; 

Selain itu diharapkan, mahasiswa/i dapat menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dalam bidang bahasa, sastra dan budaya masyarakat berbahasa Inggris; menghasilkan karya pengabdian masyarakat berbasis kompetensi dan berbasis penelitian dalam bidang bahasa, sastra dan budaya masyarakat berbahasa Inggris; serta mewujudkan situasi tata kelola S1 Sastra Inggris yang efisien, akuntabel, transparan, berkeadilan, dan terintegrasi. Nah, ini merupakan profil singkat mengenai Sastra Inggris di Universitas Diponegoro. 

Selanjutnya yaitu profil lulusan untuk program studi Sastra Inggris yaitu Staf Pemerintahan Luar Negri, Penerjemah, Jurnalis, Humas, Peneliti, serta tenaga pengajar seperti Guru/ Dosen. Nah, sekarang  sahabat Campusnesia udah gak perlu ragu lagi, buat menjadi bagian dari Program Studi Sastra Inggris kan?.


3. Sastra Jepang
Jurusan Sastra yang selanjutnya yaitu Sastra Jepang, yang pada tahun 2018 berubah menjadi program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang.  Dilansir s1bkj.fib.undip.ac.id, pada 13 Agustus 2020. Mengenai perizinan program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang yang diterbitkan pada SK Dirjen Dikti no. 1938/D/T/2009. 

Pada program studi ini akan diajarkan mengenai dasar-dasar teori linguistik dan sastra, kemampuan berbahasa jepang, serta mengenai sosio kultural jepang dengan materi pendukung sesuai dengan proporsinya. Sedangkan untuk kompetensi lulusan Mahasiswa/i yang diharapkan ialah mampu untuk mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang Bahasa Jepang; 


Menunjukan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis dan mensintesis informasi ilmiah di bidang linguistik, sastra, dan budaya Bahasa jepang dari berbagai sumber; Bekerja secara aman, kompeten, efektif pada berbagai kondisi tempat kerja; Memiliki kemampuan, kemahiran, keterampilan Bahasa Jepang secara Lisan dan dapat melaksanakan pekerjaan terutama dalam ranah tanggungjawab keahliannya. Dengan demikianlah profil singkat mengenai program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang di Universitas Diponegoro. 

Selanjutnya yaitu mengenai profil lulusan Sarjana Linguistik (S.Li) untuk program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang apa aja sih?  Nah, untuk profil lulusan BKJ diantaranya menjadi Guru, akademisi, peneliti, praktisi, interpreter, wirausaha, staf leader ( PMA di Jepang ). 

Wahh, kurang kece apalagi buat jurusan-jurusan yang sudah penulis sebutkan di atas. Semoga dengan demikian, membuat sahabat Campusnesia jadi tercerahkan terhadapat slogan "Lulusan Sastra Mau Jadi Apa?" buktinya, banyak banget yang bisa dicapai dengan gelar Sarjana Sastra atau Sarjana Linguistik. Jadi, gak ada alasan bingung buat kamu sekalian untuk memilih jurusan sastra. 

Penulis: Viany Ayu
Artikel ini merupakan bagian dari program magang online campusnesia

Sumber: 
- sastraindonesia.fib.undip.ac.id, diakses 13 Agustus 2020.
- english.fib.undip.ac.id, diakses 13 Agustus 2020.
- s1bkj.fib.undip.ac.id, diakses 13 Agustus 2020.
- um.undip.ac.id, diakses 13 Agustus 2020

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »