5 Rekomendasi Media Lokal buat Para Pecinta Musik



Campusnesia.co.id - Musik berkembang dari masa ke masa. Di zaman serba modern ini, kita bahkan dapat dengan mudah mengakses lagu-lagu yang umurnya mungkin lebih tua dari orang tua kita. Lagu-lagu lama dari setiap era memiliki tempat tersendiri di hati para pendengarnya. Kini, semakin banyak penyanyi pendatang baru bermunculan. Dengan kualitas yang nggak kalah keren, mereka berhasil memberi warna baru di industri musik. 

Nggak bisa dipungkiri lagi, kalau lagu sudah menjadi salah satu kebutuhan manusia. Banyak yang berpendapat, rasanya melakukan sesuatu itu belum lengkap kalau nggak ada musik. Kini, kita hidup di era digital di mana semua hal terasa semakin canggih, serta membuat kita dapat mengeksplor sesuatu dengan lebih mudah. Efek tersebut dapat kita rasakan di berbagai aspek kehidupan, salah satunya musik. Buat kamu yang suka musik,  yuk simak beberapa rekomendasi media lokal dari kami!

1. HOOKSpace



Media lokal pertama ini bisa kamu temui di beberapa media sosial milik mereka, antara lain Instagram (hookspace) dan YouTube (HOOKSpace). Media ini mengemas informasi seputar musik secara menarik, didukung dengan pemilihan warna, caption, dan ilustrasi yang tampaknya menjadi salah satu ciri khas mereka. 

Dalam channel YouTube milik HOOKSpace, kamu juga bisa menemukan beberapa rekaman konser yang mereka liput, seperti Sisitipsi, Pamungkas, The Changcuters, dan lain-lainnya. Pastinya dengan kualitas yang ciamik! Mereka juga memiliki situs web (hookspace.id) di mana kamu membaca opini atau cerita seputar musik dan bahkan ikut berkontribusi. Menarik, bukan?


 2. Indie Accent



Media musik kedua adalah Indie Accent yang bisa kamu temui di Instagram (indieaccent) dan situs web milik mereka (indieaccent.com). Kalau dilihat dari feeds Instagramnya, Indie Accent memiliki tampilan yang lebih sederhana. Lewat unggahan berupa potongan lagu dan review singkat dalam bahasa Inggris, media ini cocok buat kamu yang senang mengeksplor lagu-lagu baru sekaligus bisa menambah kosakata bahasa Inggris kamu, lo! Jangan lupa juga untuk mengunjungi situs web mereka. 

Salah satu hal menarik dari situs web tersebut, kamu bisa menemukan lagu berdasarkan genre yang kamu suka. Misalnya, kamu adalah pendengar lagu-lagu electro pop. Kamu akan menemukan beberapa lagu dari genre tersebut beserta review yang telah mereka berikan. Jangan lupa juga buat kepoin playlist-playlist keren di Spotify (Indie Accent), ya!

3. Bahas Musik
 


Sesuai dengan namanya, Bahas Musik memberikan kamu informasi seputar musik, terutama karya-karya terbaru dari musisi Indonesia. Seperti media lokal sebelumnya, Bahas Musik mengunggah potongan lagu atau music video sehingga memudahkan kamu menemukan lagu-lagu baru yang cocok di telinga. 

Tak hanya itu, terkadang mereka juga mengunggah gambar-gambar lucu yang berhubungan dengan musik. Ada satu hal menarik dari Bahas Musik, terutama untuk kamu yang memiliki lagu dan sedang bingung mempromosikannya. Kamu bisa mengirimkan lagu milikmu sendiri yang nantinya akan mereka bantu promosikan. Untuk selengkapnya, silakan cek Instagram (bahasmusik) mereka, ya!


4. Pop Hari Ini


Selanjutnya, ada Pop Hari Ini yang bisa kamu kepoin di Instagram (pophariini) dan situs web (pophariini.com).  Mereka banyak mengunggah hal-hal berbau musik dengan berbagai kategori, seperti review, news, pop life, dan sebagainya dengan tampilan simpel, tetapi tetap menarik. Yang nggak kalah seru, mereka sering mengadakan acara seputar musik, salah satunya adalah PAPPARAPPOP. 

Dalam acara tersebut, kita bisa melihat lomba antarmusisi, lo! Seru banget, kan? Ada juga artikel-artikel menarik dan hal lainnya yang bisa kamu temukan dalam situs web mereka. Untuk kamu yang lebih suka menonton dibanding membaca, jangan khawatir! Mereka juga memiliki channel YouTube (Pop Hari Ini) yang juga harus dikepoin. 

5. Whiteboard Journal
 


Mungkin, banyak dari kalian yang tidak asing dengan yang satu ini. Whiteboard Journal dikenal sebagai perusahaan media yang menyajikan banyak hal, salah satunya adalah musik. Dalam Instagramnya (whiteboardjournal), kamu bisa menemukan banyak informasi menarik dan pastinya kekinian. 

Untuk kategori musik, biasanya mereka akan mengunggah judul-judul yang artikel lengkapnya bisa kamu baca di situs web (whiteboardjournal.com). Dengan desain minimalis, situs web milik mereka sangat nyaman buat dikepoin! Ketika membuka situs webnya, kamu bisa membuka kategori W_Music dan menemukan banyak hal yang bisa kamu akses. Selain itu, mereka juga memberikan kesempatan untuk para pembacanya berkontribusi, lo! Kamu bisa mengirim tulisan dengan topik bebas sesuai dengan apa yang kamu minati. Ada pula Spotify (Whiteboard Journal) yang bisa memberi kamu referensi lagu.

Menarik kan sobat Campusnesia, sebagai pecinta musik kamu suka kepoin akun media yang mana? share di kolom komentar ya. 

Penulis: Ira Florencia
Artikel ini merupakan bagian dari program magang online campusnesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »