Mahasiswa Undip Demo Kebijakan Kampus Tentang UKT dan Pelaksanaan Kuliah Online Selama Pandemi




Campusnesia.co.id – Tembalang Kamis 9 Juli 2020, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Suara Undip menggelar aksi damai di Bunderan Undip dan Lampu Merah Maskam. Aksi dilaksanakan dalam bentuk membagikan lembaran keresahan dan diakhiri dengan simbolis duka dari mahasiswa undip.


Melalui poster dan spanduk, beberapa keresahan disampaikan dalam aksi ini, misal sebuah spanduk bertulis “Kuliah online, uang kuliah tanpa diskon?” atau poster dengan tulisan “Kenapa UKT mahasiswa baru naik saat pandemi?” “Kenapa cuti kuliah masih harus bayar UKT?” “Bagaimana capaian belajar mahasiswa selama pandemi? Tercapai?” selain menyuarakan keresahan mahasiswa juga ada kepedulian terhadap para staff pengajar, diutarakan dalam poster yang tertulis “Apakah staff dan dosen mendapat fasilitas penunjang selama pandemi?”.



Melalui akun twitter @derita_dipo mereka juga memposting bahwa Aksi dilaksanakan dengan tertib dan damai, mempertahankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan physical distancing serta  berlangsung tanpa menyebabkan kemacetan jalan.

Kami menghubungi akun @derita_dipo melalui DM dan berikut 7 aspirasi yang disampaikan oleh Aliansi Suara Undip dalam aksi damai kemarin: 
1. Relaksasi UKT mahasiswa keseluruhan 
2. Transparansi & optimalisasi alokasi UKT selama masa pandemi
3. Kejelasan sistem perkuliahan di masa pandemi 
   (karena beberapa kegiatan tidak bisa digantikan dengan daring, misal: kerja praktik, lab,       dan magang)
4. Pembukaan kembali pembebasan UKT untuk mahasiswa tingkat akhir
5. Menjamin kesehatan civitas akademika 
    dan pemenuhan hak pegawai dan juga dosen yang ada di Undip 
6. Menjamin keberjalanan kuliah online tenaga pendidik pada pegawai 
    dan administrasi (termasuk subsidi kuota untuk pegawai dan dosen)
7. Batalkan SK mengenai penentuan UKT mahasiswa baru

“Aksi ini adalah awal dan berupa ajakan untuk seluruh mahasiswa Universitas Diponegoro guna menyuarakan keresahan dan mengawal kebijakan kampus selama masa pandemi ini. Kedepannya akan banyak upaya pengawalan kebijakan yang akan dilakukan dan diharapkan seluruh mahasiswa universitas diponegoro dapat berpartisipasi tanpa terkecuali.” Tulis akun @derita_dipo.

Penulis: Nandar
Foto Header: Akun twitter @undipmenfess
Foto Aksi: Akun twitter @derita_dipo

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »