Review Film The Report 2019, Perjuangan Senator Amerika Membongkar Interogasi CIA Pasca 9/11 yang Melanggar HAM



Campusnesia.co.id - Dari sekina genre film, Drama dan Biografi menjadi salah satu favorit saya, walau tidak bisa dipungkiri film dengan tema biografi dan drama kadang membosankan bagi sebagian orang. Banyak adegan dialog, berjalan dengan lambat dan bikin ngantuk, tetapi entah mengapa selalu ada hal menarik sepanjang filmnya apalagi yang berkaitan dengan politik.

Baru-baru ini saya menonton film bertema drama biografi sekaligus bertema politik berjudul The Report. Bercerita bagaimana perjuangan seorang staff senator amerika bernama Dan mengungkap cara-cara interogasi CIA terhadap tersangka penyerangan 11 September 2001 yang bertentangan dengan hak asasi manusia. Rilis tahun 15 November 2019 dengan durasi 119 menit diproduksi dengan Budget $8 juta berhasil mendulang Box office sebesar $517,788 juta. Sutradara dan skenarion oleh Scott Z. Burns.

Trailer Film The Report


Daftar Pemain Film The Report
Adam Driver sebagai Daniel Jones
Annette Bening sebagai Dianne Feinstein
Jon Hamm sebagai Denis McDonough
Jennifer Morrison sebagai Caroline Krass
Tim Blake Nelson sebagai Raymond Nathan
Ben McKenzie sebagai Petugas CIA Scrubbed
Jake Silbermann sebagai Yoked up CIA Officer
Matthew Rhys sebagai New York Times Reporter
Ted Levine sebagai John Brennan
Michael C. Hall sebagai Thomas Eastman
Maura Tierney sebagai Bernadette
Sarah Goldberg sebagai April
Dominic Fumusa sebagai George Tenet
Noah Bean sebagai Martin Heinrich
Douglas Hodge sebagai James Elmer Mitchell
Corey Stoll sebagai Cyrus Clifford
T. Ryder Smith sebagai Bruce Jessen
Fajer Kaisi sebagai Ali Soufan
Linda Powell sebagai Marcy Morris
John Rothman sebagai Sheldon Whitehouse
Joanne Tucker sebagai Gretchen
Ian Blackman sebagai Cofer Black
Zuhdi Boueri sebagai Abu Zubaydah
Carlos Gomez sebagai Jose Rodriguez
Ratnesh Dubey sebagai Khalid Sheikh Mohammed
Scott Shepherd sebagai Mark Udall
Kate Beahan sebagai Candace Ames
James Hindman sebagai Inspektur Jenderal Buckley
Austin Michael Young sebagai Agen Miller
Joseph Siravo sebagai John Rizzo

Sinopsis Film The Report 
The Report adalah film thriller yang didasarkan pada peristiwa aktual. Seorang staf yang idealis bernama Daniel J. Jones (Adam Driver) ditugaskan oleh bosnya, Senator Dianne Feinstein  (Annette Bening) untuk memimpin sebuah investigasi Program Penahanan dan Interogasi CIA yang dibuat setelah peristiwa 11 September. 

Penyelidikan Jones berjalan tanpa henti, dan mengarah pada temuan yang mengungkapkan bahwa badan intelejen tertinggi negara itu melakukan tindakan terlarang. Jones menemukan fakta bahwa CIA telah menghancurkan bukti dan memiliki misi menghancurkan hukum, dan menyembunyikan rahasia yang mengejutkan dari publik Amerika.

Review Film The Report
Kesan pertama bikin ngantuk jelas, sepanjang film kita disajikan bagaimana perjuangan Dan adalam mencari bukti-bukti pelanggan HAM oleh CIA dalam menginterogasi tersangka teroris.

Kita akan disajikan 2 color grading untuk membedakan masa sekarang dan flash back dramatisasi masa lalu bagaimana CIA bekerja menginterogasi pasa tersangka dengan cara yang katanya baru dan disempunakan dengan teknik terdahulu tetapi justru melanggar HAM dan hasilnya jauh dari harapan.

Terlepas dari ego nasionalisme, dalam film ini seakan ingin menggambarkan bahwa sebenci-bencinya amerika pada para pelaku terorisme yang kejam, dalam mengungkap dan menangkap pelaku tetap mengedepankan cara-cara yang manusiawi.

Tergambar juga, bagaimana senat atau DPR amerika sangat kuat pengaruhnya hingga berhasil membongkar kejahatan yang disembunyikan ini, memperjuangkan agar artikel rahasia CIA bisa dipublish untuk masyarakat.

Tergambar juga, pihak CIA tidak mau tinggal diam begitu saja ketika mulai diusik, Scene favorit saya adalah saat Dan mulai diancam karena tuduhan meretas komputer CIA untuk mendapatkan dokumen rahasia, dengan kedekatanya dengan media ia berhasil membalikkan keadaan dengan mengarahkan spotlight pada CIA yang menerobos rauang tim pencari fakta DPR. sangat menarik.

Kesimpulan, rekomended buat yang suka film bertema biografi, drama dan politik, selamat menonton.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »