Tim KKN Undip Gelar Pelatihan Ekonomi di Desa Kemiri Timur dalam Program Mencerdaskan Desa




Campusnesia.co.id -- Kemiri Timur, 27 Januari 2020. Mahasiswa Tim I KKN Universitas Diponegoro Periode 2020 Desa Kemiri Timur, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, berinisiatif untuk mengadakan pelatihan mencerdaskan desa terutama di bidang ekonomi. Disampaikan langsung oleh mahasiswa, alasan dipilihnya pelatihan ini sebagai program multidisiplin mereka karena banyaknya potensi alam yang dapat dimanfaatkan dan dikelola masyarakat sebagai bahan untuk berwirausaha.

“Banyak sekali potensi-potensi sumber daya alam yang bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk buka usaha. Contoh, batang dan ranting, bisa dengan kreativitas masyarakat diolah menjadi tempat tissue, tempat pensil, dll. Bisa menambah nilai produk, bisa juga mengurangi jumlah pengangguran di Desa Kemiri Timur ini,” ungkap Safira salah satu mahasiswa Tim I KKN UNDIP Periode 2020, Desa Kemiri Timur. Pelatihan Desa Cerdas ini dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari peserta UMKM dan Para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kemiri Timur. Dihadiri pula oleh Kepala Desa Kemiri Timur yaitu Bapak Muchidin beserta perangkat desa lainnya.

ads



Kepala Desa merespon baik bahkan sangat mendukung dengan ide dari mahasiswa Tim I KKN UNDIP Periode 2020 Desa Kemiri Timur ini. Salah satu wujud dukungan dari Kepala Desa sendiri dengan mendatangkan narasumber wirausahawan sukses dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batang. “ Kami sangat antusias dan merespon baik ide adik-adik mahasiswa, karena memang benar potensi alam di Desa Kemiri Timur ini sangat banyak dan bisa dimanfaatkan oleh warga. Kami memberi support pada adik-adik ini dengan mendatangkan salah satu wirausahawan sukses di Batang sebagai contoh nyata supaya masyarakat bisa termotivasi dan juga kami bantu mengundang dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batang supaya mempermudah masyarakat dalam mengurus segala bentuk perizinan administrasi berwirausaha,” ungkap Bapak Muchidin ketika diwawancarai di Balai Desa Kemiri Timur.



Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa memberi sedikit informasi dan pelatihan dalam melakukan pendaftaran P-IRT, pelatihan pemasaran secara online oleh narasumber, dan pelatihan melakukan foto produk agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang didagangkan. “Harapannya sih, semoga ilmu yang didapatkan hari ini bermanfaat dan dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha masyarakat Desa Kemiri Timur. Kita berharap juga supaya makin banyak warga-warga Desa Kemiri Timur yang mau untuk berwirausaha dengan inovasi-inovasi lainnya,” ungkap Safira.

sumber: Tim KKN Undip Desa Kemiri Timur 2020
foto: Tim KKN Undip Desa Kemiri Timur 2020
editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »