Tim KKN Undip Adakan Pelatihan Pembukuan Keuangan dan Pentingnya SIUP untuk UMKM Desa Subah



Campusnesia.co.id - Batang (21/01/2020) telah dilaksanakan program monodisiplin oleh mahasiswa KKN TIM 1 Universitas Diponegoro Tahun 2020 yang bertempat di Desa Subah, Kecamatan Subah, dengan tema “Pembukuan Sederhana bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)” dan “Pentingnya Kepemilikan SIUP bagi UMKM”.

Acara tersebut dilaksanakan dalam acara Kumpul Rutin Kelompok Wanita Tani (KWT) RW 03 Desa Subah. KWT sendiri merupakan suatu forum perkumpulan wanita pemilik unit UMKM yang mayoritas merupakan warga RW 03 Dukuh Liyangan, dimana Dukuh Liyangan memiliki ciri khas menjamurnya pemilik UMKM terutama usaha makanan.

ads



Melalui program ini, para anggota KWT diharapkan memiliki pemahaman untuk melakukan pembukuan sederhana baik bagi usaha maupun pribadi, dan tertarik untuk mengajukan kepemilikan SIUP untuk keperluan usahanya. 

iklan

“Dengan adanya program ini diharapkan ibu-ibu KWT mampu untuk mengelola keuangan mereka dan juga mendaftar usaha mereka agar memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan guna kepentingan usaha mereka kedepannya”, ujar Agnes selaku Penanggung Jawab Program. Tidak hanya berupa penyuluhan, mahasiswa KKN Tim 1 Undip Tahun 2020 juga melakukan fasilitasi dan pendampingan bagi pelaku usaha yang ingin membuat SIUP.

sumber: Tim KKN Undip Desa Subah
foto: Tim KKN Undip Desa Subah
editor: Nandar  

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »